Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Laporan Praktikum Penjernihan Air Dengan Bahan Buatan

Laporan praktikum penjernihan air merupakan bentuk penjelasan terkait kegiatan praktikum yang telah dilaksanakan sebelumnya, dimana menyampaikan sasaran, tujuan, alasan praktikum, beserta laporan hasil salah satunya laporan penjernihan air dengan bahan buatan.

Laporan Praktikum Penjernihan Air

Laporan ini tentu sudah tak asing bagi siswa maupun mahasiswa, terlebih mereka yang berasal dari ilmu eksakta. Pasalnya penulisan laporan praktikum menjelaskan tujuan dan sasaran siswa serta menjelaskan alasan dari praktikum tersebut.

Baca Juga :  Contoh Laporan Pembuatan Produk

Pengertian Laporan Praktikum Penjernihan Air

Merupakan bentuk penjelasan terkait apa yang dilakukan seseorang selama praktikum, dan penulisan laporannya dipergunakan sebagai bahan analisis. 

Struktur Laporan Praktikum Penjernihan Air

Beralih ke struktur dari laporan percobaan penjernihan air, apa saja elemen yang harus ada di dalamnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. BAB I Pendahuluan

  • Latar Belakang

Latar belakang adalah suatu penjelasan beserta bentuk uraian beberapa paragraf, dan mengandung alasan mengapa karya tersebut dibuat. Latar belakang juga bisa dipergunakan sebagai salah satu referensi ketika menyusun laporan praktikum.

  • Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan pertanyaan yang dipergunakan untuk menjawab suatu permasalahan pokok dengan singkat namun jelas. Rumusan masalah juga bisa dijadikan pokok ide gagasan yang nantinya dituliskan dalam laporan untuk dicari solusinya.

  • Tujuan

Tujuan digunakan untuk menyampaikan informasi terkait penelitian yang dilakukan, contohnya untuk mengetahui kadar pH yang terkandung dalam air, untuk mengetahui metode penjernihan air, dan lain sebagainya.

2. BAB II Landasan Teori

Landasan teori adalah suatu konsep atau gambaran yang digunakan sebagai akar atau pondasi pada suatu penelitian. Bentuk dari landasan teori sendiri berupa pernyataan yang disusun secara terstruktur, sehingga peneliti bisa melakukan penelitian dengan sistematis.

3. BAB III Metode Percobaan

Metode percobaan merupakan serangkaian metode penelitian guna mengukur tindakan serta proses praktek dalam suatu objek penelitian di laboratorium. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang umumnya ada di laporan praktikum penjernihan air, diantaranya :

  • Tempat dan waktu, contohnya percobaan dilakukan di gedung fakultas dan dilaksanakan pada hari apa.
  • Alat dan bahan, peralatan dan bahan yang dipergunakan dalam percobaan tersebut, contohnya pH meter, kain putih, DO meter, panci, dan lain sebagainya.
  • Metode percobaan, guna mendapatkan data serta informasi yang dibutuhkan dalam percobaan tersebut. Metode percobaan menggunakan beberapa teknik seperti metode eksperimen, melakukan percobaan dengan mengalaminya sendiri atau melakukannya sendiri.
  • Studi pustaka, dimana peneliti mempelajari atau menggunakan buku serta literatur yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan sehingga nantinya diperoleh data akurat dari berbagai sumber serta internet.
  • Cara kerja, menjelaskan proses dan kegiatan yang dilakukan ketika penelitian, mulai dari persiapan alat dan bahan serta aktivitas lainnya.

4. BAB IV Hasil dan Pembahasan

  • Hasil penelitian, yang dipaparkan secara jelas dan rinci.
  • Pembahasan, yang berisi pemikiran asli peneliti guna memberikan penjelasan serta interpretasi atas hasil penelitian.

5. BAB V Kesimpulan

Kesimpulan merupakan struktur teks laporan hasil observasi, dimana berisi ringkasan objek yang dilaporkan.

6. BAB VI Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan susunan tulisan di akhir karya ilmiah berisi nama penulis, judul, penerbit, identitas penerbit, serta tahun terbit. Daftar pustaka juga dapat digunakan sebagai rujukan atau sumber peneliti dalam berkarya. 

Untuk susunan laporan praktikumnya sama seperti yang dijelaskan di atas. Namun untuk hal ini, terdapat beberapa bahan buatan yang perlu diketahui mulai dari klorin tablet, pasir aktif, resin kation, resin softener, pasir zeloit, pasir silika, pasir mangan, dan lain-lain.

Baca Juga :

Laporan Praktikum Koloid Penjernihan Air

Sistem koloid merupakan bentuk campuran yang keadaannya terletak di antara suspensi dan larutan, dan memiliki sifat yang berbeda antara suspensi maupun larutan. Berikut contoh Laporan Praktikum Koloid penjernihan air beserta link yang bisa kamu download :

Laporan Praktikum Koloid Penjernihan Air


Laporan Praktikum Koloid Penjernihan Air


Laporan Praktikum Koloid Penjernihan Air


Contoh Laporan Praktikum Koloid Penjernihan Air


Ketahui :

Demikianlah laporan praktikum penjernihan air yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Laporan Praktikum Penjernihan Air Dengan Bahan Buatan"