Contoh Format Narasi Laporan Perkembangan Anak Tk Semester 1 & 2


Contoh Narasi Laporan Perkembangan Anak TK Semester 1 wajib dibuat oleh para guru, untuk melihat sejauh mana seorang anak sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Termasuk mempelajari hal-hal baru dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

contoh narasi laporan perkembangan anak tk semester 1

Banyak hal yang bisa dijadikan tolak ukur pembuatan dokumen tersebut, karena sejatinya belajar di Taman Kanak-Kanak sudah memiliki kurikulum sendiri. Buat Anda yang sedang ingin membuat report tersebut. Luangkan waktu untuk memahami dan menambah wawasan melalui penjelasan CVSurat.my.id berikut.

Apa Itu Laporan Perkembangan Anak TK?

Sama halnya dengan SD, SMP, SMA. Ketika memasuki Taman Kanak-Kanak ada kurikulum yang diajarkan oleh guru kepada murid. Secara umum, lebih kepada membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang lebih baik. Dari segi kebiasaan setiap hari, kemampuan dasar dan lainnya.

contoh narasi laporan perkembangan anak tk semester 1
Contoh narasi laporan perkembangan anak tk semester 1

Laporan perkembangan semester 1 berisi narasi tentang, sejauh mana seseorang sudah berkembang ke arah lebih baik dari sebelumnya. Tentu dengan standar penilaian yang jelas, mudah dimengerti oleh orang tua dan bisa dicarikan solusi bersama seandainya terdapat masalah pada buah hatinya.

Ketahui: Contoh Surat Lamaran Kerja di Rocket Chicken alert-info

Dengan laporan ini juga, bisa diketahui minat dan bakat si kecil untuk lebih digali dan dijadikan sebuah potensi untuk jangka panjang. Beberapa hal utama yang dinilai biasanya adalah:

  • Kebiasaan

Mencakup beberapa hal seperti, kebiasaan dalam beragama, berkehidupan sosial, emosional, hingga sejauh mana buah hati Anda sudah mandiri atau masih sangat tergantung pada orang lain terutama orang tua mereka.

  • Kemampuan Dasar
Contoh narasi Laporan PERKEMBANGAN Anak Tk semester 2
Contoh narasi laporan perkembangan anak Tk semester 2

Sedangkan kemampuan dasar meliputi bagaimana cara berbahasa, kemampuan kognitif, kemampuan motorik, kemampuan di bidang seni. Masing-masing dijabarkan dalam narasi yang sesuai dengan kondisi anak di sekolah.

Baca Dulu: Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Salah dan Perbaikannya alert-info

Contoh Narasi Laporan Perkembangan Anak Tk Semester 1

Dalam membuat sebuah narasi laporan tentang bagaimana si kecil berkembang, Anda bisa mengecek contoh untuk versi semester satu berikut ini. Hampir sama dengan Contoh Narasi Laporan Perkembangan Anak Tk Semester 2, hanya berbeda dari poin utama yang dinilai dan dijelaskan.

Laporan Perkembangan Anak Didik

Nama anak : Akhtar Husin

Nomor Induk : 001

Nama TK : TK Pertiwi

Kelas : C

Semester      : Satu (1)

Tahun Ajaran : 2019/2020


A. Pembiasaan

  • Akhtar sudah hafal doa sebelum belajar dan selalu membacanya sebelum mulai belajar. Mengucapkan salam ketika bertemu guru, bersalaman dengan teman dan guru.
  • Akhtar sudah bisa bersosialisasi dengan baik bersama teman-teman yang lain, tidak nakal dan suka menolong temannya ketika tidak bisa melakukan sesuatu di kelas
  • Akhtar cukup mampu mengendalikan emosi, ketika terlibat komunikasi kurang baik dengan temannya. Mau meminta maaf terlebih dahulu, membiarkan teman-temannya mengambil buku pelajaran terlebih dahulu
  • Akhtar sudah bisa mempraktekkan ucapan terima kasih ketika diberi sesuatu, berkata tolong ketika meminta bantuan orang lain
  • Diharapkan bantuan orang tua untuk membantu mengajarkan gerakan beribadah, supaya anak bisa terbiasa melakukan ibadah.

B. Kemampuan Dasar

  • Berbahasa
Mampu memahami bahasa yang disampaikan guru, mampu menjelaskan sebuah cerita dengan jelas. Mampu memposisikan diri sebagai murid di sekolah, tanpa harus banyak diberikan instruksi
  • Kognitif
Sudah bisa mengenal banyak bunga, warna, benda apapun yang ada disekitarnya, nama hewan tanpa harus diulang berkali-kali. Juga dapat mengelompokkan benda berdasarkan beratnya, panjang dan pendeknya.
  • Motorik
Sudah mampu melakukan berbagai kegiatan sendiri, seperti memasang tali sepatu, mencuci tangan sampai bersih dan mengeringkannya dengan lap bersih. Menggunting kertas dengan rapi. Namun masih kesulitan ketika diminta melipat kertas.
  • Seni
Suka alat musik khususnya drum dan piano, bisa menyusun balok dengan bentuk-bentuk indah.


Dibuat di :

Tanggal :


Mengetahui

Orang Tua Guru


------------------------------- --------------------------


Baca Juga:

Ternyata tidak sulit untuk membuat sebuah dokumen pelaporan tumbuh kembang anak di sekolah bukan? Anda juga bisa membuatnya, berdasarkan pengamatan sendiri pada setiap anak didik.

judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post