Format Khusus Laporan Buku Fiksi Latar & Alur Tokoh Karakter


Format Khusus Laporan Buku Fiksi – Laporan isi buku merupakan sebuah ringkasan dari hasil penelitian terkait isi yang secara mendalam terkait isi buku yang dibahas. Laporan Isi buku pun bisa untuk buku fiksi maupun non fiksi.

format khusus laporan buku fiksi

Tujuan dari laporan isi buku yaitu guna menggambarkan sebuah isi kesatuan utuh buku yang ingin dibahas, baik dari cover buku, gaya penulisan, alur cerita, synopsis dan lainnya. Di dalam menulis laporan isi buku pun, dapat diberikan pandangan yang bersifat obektif tanpa menghakimi hasil dari keseluruhan isi buku. 

Membuat Format Khusus Laporan Buku Fiksi

Untuk membuat format khusus laporan buku fiksi, kamu terlebih dahulu harus mengetahui segala sesuatunya yang ada dalam isi buku tersebut. Maka dari itu penting sekali untuk kamu membaca secara tuntas tentang sebuah judul buku yang ingin kamu buat laporannya. Tujuannya yaitu kamu bisa menjabarkan isi dan juga pandangan serta saran kamu secara objektif terkait isi buku.

Dalam membuat format khusus laporan buku fiksi hal yang harus kamu perhatikan adalah synopsis serta alur cerita dari isi buku tersebut. Setelah memahami terkait dua hal tersebut, maka kamu dapat menarik terkait tokoh, alur cerita, gaya cerita, sudut pandang penulis, masalah yang ada pada isi cerita, saran dan masukan kamu, serta banyak hal lainnya. 

Macam-Macam Format Khusus

Sebelum kamu mulai membuat format khusus laporan isi buku fiksi, strategi utama yang harus kamu lakukan adalah membaca keseluruhan isi buku tersebut, sehingga kamu dapat mengetahui dari segi pandangan apa dan juga kamu mendapatkan gambaran tentang unsur instrinsik isi buku tersebut. Jika kamu sudah selesai membaca, maka akan dapat menilai objektif terkait isi buku tersebut.

Dalam membuat format khusus laporan buku fiksi, ada beberapa macam yang dapat dibuat, meskipun pada dasarnya adalah sama. Beberapa contohnya tersebut yaitu format khusus laporan buku fiksi tanggal baca, serta format khusus laporan buku fiksi latar dan alur tokoh karakter, dan masih banyak macamnya.

Contoh Format Khusus Tanggal Baca

Judul Buku : Si Dul Anak Jakarta
Pengarang : Aman DT Madjoindo
Jenis : Fiksi
Terbit : 2002
Penerbit : Balai Pustaka
Jumlah halaman : 86

No Tanggal/Hari Halaman Progress
1 08 Juli 2021, Kamis 01 - 20
1. Ada perempuan yang datang mengunjungi seseorang dan perempuan itu datangnya dari sebuah pintu yang letaknya ada di belakang rumah
2. Sedihnya, setiap malam seorang perempuan itu selalu menangis setiap malamnya tanpa berhenti. Namun, naasnya jika sang Ibu mengetahui bahwa anaknya nangis, Ibu itu dengan kejamnya mengancam akan menyandera anak tersebut ke dalam ruang yang gelap
3. Sapii, seorang toko di cerita yang memilki sifat mudah terpancing amarah dan mengganggu anak-anak.
4. Si Dul yang senang berkelahi seketika diam ketika Ibu nya memanggil namanya dari dalam rumah.
2 09 Juli 2021. Jumat 21 - 86
1. Si Dul enggan sekolah awalnya, dan lebih suka berkelahi di kampungnya.
2. Namun suatu saat ia merasa takjub dengan seorang guru perempuan yang terlihat asyik dalam mengajar anak didiknya.
3. Di hari itulah Si Dul memutuskan untuk sekolah dan semakin menyukai aktifitasnya sebagai seorang murid dan makin giat tiap harinya.

Sumber : www.gurugaleri.com


Download format umum dan format khusus laporan buku fiksi

Berikut ini adalah format laporan khusus buku fiksi yang bisa Anda download dengan format Word.

format umum dan format khusus laporan buku fiksi


format khusus laporan buku fiksi tanggal baca



Demikianlah salah satu format khusus laporan buku fiksi yang dapat kamu pelajari, namun masih banyak hal lainnya terkait laporan isi buku yang bisa kamu bahas dan tulis mengenai sebuah buku. 

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post