Download [Word] Contoh Surat Pernyataan Pinjaman Uang Dengan & Tanpa Jaminan Untuk Perorangan Atau Perusahaan


Contoh surat pernyataan pinjaman uang ke perusahaan atau perorangan – Meski pinjam meminjam uang termasuk hal yang lumrah di masyarakat, namun hutang piutang terkadang acap kali membawa perselisihan. Oleh karena itu, jika tidak kepepet sebaiknya dihindari. Dan jika dalam kondisi urgent harus meminjam uang, maka pastikan membuat surat pernyataan. Berikut contoh surat pernyataan pinjaman uang yang harus anda buat.


Pengertian Surat Pernyataan Pinjaman Uang dengan dan tanpa jaminan

contoh surat pernyataan pinjaman uang dengan dan tanpa jaminan

Surat pernyataan pinjaman uang merupakan persetujuan atau perjanjian tertulis, yang dibuat oleh kedua pihak yaitu yang meminjam uang dan memberi pinjaman uang. Kedua belah pihak ini bersepakat untuk mengikuti hal hal yang telah disebutkan di dalam surat pernyataan. Bukti tertulis ini digunakan sebagai bukti hukum yang sah.

Mengenai contoh surat perjanjian hutang piutang diatas materai, terdapat dua jenis yang umumnya digunakan yaitu surat perjanjian autentik dan surat perjanjian di bawah tangan. Surat perjanjian autentik yaitu surat yang proses pembuatannya dihadiri oleh pejabat pemerintahaan sebagai saksi. Sementara surat perjanjian di bawah tangan tidak mengikutsertakan saksi dari pejabat.

Tujuan dari adanya contoh surat pernyataan pinjaman uang dengan dan tanpa jaminan adalah untuk menjamin ketenangan bagi pihak pihak yang bersangkutan, bisa digunakan untuk mengetahui batas hak serta kewajiban antara pihak yang melakukan kesepakatan, menghindari perselisihan, dan mempermudah cara penyelesaian masalah hukum. 

Yang Wajib Tercantum dalam Surat Pernyataan

1. Identitas Diri

Identitas diri dari pihak pihak yang melakukan hutang piutang harus tercantum secara jelas di dalam surat pernyatan. Data data di sini berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah dari kedua belah pihak, nomor kartu tanda penduduk atau KTP, serta pekerjaan.

2. Nominal Pinjaman Uang

Karena ini merupakan surat pernyataan pinjaman uang, maka di dalam surat tersebut wajib disebutkan dengan jelas nominal atau besaran uang yang dijadikan sebagai objek utang piutang. Nantinya klausul yang lain juga perlu untuk ditulis secara detail dan merinci di dalam surat.

3. Bab Bab Perjanjian

Seperti yang telah disebutkan, contoh surat pernyataan pinjaman uang ke perusahaan atau perorangan memiliki tujuan untuk mengetahui hak dan kewajiban dari masing masing pihak. Oleh sebab itu, surat pernyataan ini harus mencantumkan kesepakatan secara jelas dan rinci. Ini juga termasuk mekanisme penyelesaian jika terjadi sengketa selama perjanjian berlangsung.

4. Tanda Tangan di Atas Materai

Agar memiliki kekuatan hukum, surat pernyataan pinjaman uang sebaiknya ditulis di atas kertas segel. Apabila menggunakan kerta biasa, maka harus dilengkapi dengan materai. Yang mana nama lengkap kedua pihak serta tanda tanda di atas materai akan melengkapi bagian penutup surat.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Tanda Tangan Surat Pernyataan

1. Klausul Lainnya

Di dalam surat pernyataan pinjaman uang, biasanya terdapat klausul lainnya selain perjanjian atas pinjaman uang itu sendiri. Klausul ini merupakan ketentuan tersendiri dari suatu perjanjian, dimana salah satu pasal atau pokoknya diperluas ataupun dibatasi. Maka dari itu, klausul penting untuk diperhatikan sebelum menandatangani surat pernyataan pinjaman.

Klausul tersebut biasanya lebih mengarah pada metode penyelesain yang nantinya ditempuh apabila terjadi masalah di kemudian hari selama perjanjian berlangsung. Apabila anda setuju dengan semua klausul klausul yang ada di dalam surat pernyataan, maka anda boleh melakukan penandatangan.

2. Denda Denda

Masih cukup berkesinambungan dengan klausul, hal lainnya yang penting untuk diperhatikan sebelum memberi tanda tangan pada contoh surat pernyataan pinjaman uang adalah terkait dengan denda dendanya. Denda ini penalti atau apa yang harus dibayarkan oleh salah satu pihak apabila melanggar janji di dalam surat pernyataan.

Baca dengan teliti semua denda denda yang tertulis di dalam surat pernyataan. Jadi saat suatu saat ternyata terjadi cidera janji, maka debitur alias pihak yang meminjam akan dikenakan denda denda seperti yang telah disepakati di awal. Denda di sini bisa berupa bunga atau bisa juga sanksi seperti penyitaan pada aset yang dimiliki.

3. Isi Kesepakatan

Pada bab bab perjanjian di dalam surat pernyataan pinjaman uang, dituliskan kesepakatan terkait dengan hak maupun kewajiban di antara kedua belah pihak. Isi surat pernyataan pinjaman uang ini harus benar benar dimengerti oleh kedua belah pihak sebelum sama sama menyetujuinya.

Dimana isi contoh surat pernyataan pinjaman uang tersebut harus berdasarkan kesusilaan, hukum, dan terikat kepentingan umum maupun ketertiban. Isi kesepakatan misalnya pihak debitur harus membayar uang yang dipinjam sesuai tenggang waktu yang telah ditentukan bersama di awal. Sementara pihak kreditur berjanji untuk tidak menagih uang tersebut sebelum tenggat.

Contoh surat pinjam uang sederhana

Contoh surat pinjam uang sederhana bisa anda lihat pada gambar berikut.

contoh surat pernyataan pinjaman uang

DOWNLOAD [.doc Word]/download/button


Contoh surat perjanjian hutang piutang diatas materai

contoh surat perjanjian hutang piutang diatas materai


Memang dalam kehidupan usaha maupun kehidupan pribadi, tidak jarang hutang dibutuhkan guna menutupi berbagai kekurangan dana. Dalam hal ini, diperlukan surat pernyataan pinjaman uang untuk menjaga hak hak dan kewajiban semua pihak yang terlibat. Dimana surat pernyataan tersebut harus disetujui terlebih dahulu oleh semua pihak baru dinyatakan sah berlaku.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post