Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Yang Salah & Cara Perbaikannya


Contoh surat lamaran kerja yang salah dan perbaikannya perlu untuk diketahui oleh mereka yang ingin terjun ke dunia kerja setelah menuntaskan pendidikannya. Pengetahuan akan informasi tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin tampil sempurna pada surat lamaran kerja yang dibuat. Masyarakat kelak dapat melakukan perbaikan surat lamaran kerja jika menemui kesalahan ketika membuatnya. Masyarakat diharapkan tidak melakukan penulisan surat lamaran kerja yang salah setelah menemukan contoh surat lamaran kerja yang tepat.

Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Yang Salah Dan Cara Perbaikannya

contoh surat lamaran kerja yang salah dan perbaikannya

Contoh surat lamaran kerja yang salah:

1. Tidak lengkap dalam mencantumkan aspek penting dalam surat lamaran kerja

Contoh:

  • Tidak menuliskan tanggal pembuatan surat
  • Tidak menuliskan tempat / domisili surat lamaran
  • Tidak menerangkan informasi  pribadi
  • Tidak menuliskan pengalaman kerja

2. Kesalahan dalam menulis potensi diri

Contoh kesalahan dalam menerangkan akan kemampuan diri, misal dengan kalimat:

... Saya merasa mampu dalam membuat laporan penjualan barang untuk perusahaan Bapak walau saya hanya berpengalaman beberapa tahun saja.

Perbaikannya adalah:

... Saya mampu dalam membuat laporan penjualan barang untuk perusahaan Bapak karena telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang tersebut.

3. Kesalahan dalam ejaan

Kesalahan dalam ejaan bisa saja terjadi karena kurang taunya pelamar pekerjaan akan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Contohnya adalah sebagai berikut:

... Saya anton subagja, bermaksud melamar pekerjaan di pt Indo Makmur Sentosa untuk posisi operator produksi (OP) seperti yang telah di iklankan di situs resmi ptindomakmur.com.

Perbaikannya:

... Saya Anton Subagja, bermaksud melamar pekerjaan di PT. Indo Makmur Sentosa untuk posisi Operator Produksi (OP) seperti yang telah di iklankan di situs resmi ptindomakmur.com.

4. Merendahkan diri sendiri

Memang kita tidak boleh terlihat menonjolkan kemampuan diri, namun tidak boleh juga terlalu menrendahkan diri.

Contohnya:

... Saya hanya lulusan SMA yang berkeinginan kuat untuk memajukan perusahaan yang Bapak pimpin ...

Perbaikannya:

... Saya lulusan SMA Sederajat dan bertekat kuat untuk memajukan perusahaan yang Bapak pimpin ...

Ketahui: Contoh Job Vacancy dan Surat Lamarannya dalam Bahasa Inggris alert-info

5. Kalimat seolah-olah "memerintah"

Kalimat ini mungkin tidak disadari oleh banyak pelamar kerja. 

Misalnya:

Saya memiliki pengalaman kerja seperti yang tertulis di CV saya ...

Disini terlihat tidak ada yang salah, namun secara tidak langsung menyuruh pimpinan atau HRD untuk membaca pengalaman kerja Anda pada CV yang Anda lampirkan.

Perbaikannya:

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Operator Produksi (OP) selama 2 tahun di PT Maju Makmur, seperti yang tertulis pada lampiran CV saya ...

6. Penulisan terlalu panjang

Terkadang seseorang ingin memperkenalkan diri dengan bio data yang terlalu rinci dan potensi yang berlebihan. Padahal, HRD tidak menanyakan itu semua. Hal ini justru membuat surat lamaran kerja tidak efektif dan tidak tepat sasaran. Justru bisa saja HRD mengabaikannya.

Contoh:

Saya aktif dalam berbagai kegiatan social dalam salah satu organisasi masyarakat sebagai bentuk kepedulian saya kepada masyarakat kurang mampu. Selain itu saya selalu mengasah potensi diri dengan selalu mengikuti workshop yang berkaitan dengan disiplin ilmu saya selama menempuh S1.   

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di WPS Office alert-info

Perbaikan Surat Lamaran Kerja pada Penggunaan Tata Bahasa

Contoh surat lamaran kerja yang salah dan perbaikannya yang dapat ditemui biasanya menunjukkan kesalahan dalam penggunaan tata bahasa. Kesalahan ini cukup fatal karena akan membuat surat lamaran kerja tidak terlihat profesional. 

contoh surat lamaran kerja yang salah dan perbaikannya

Tata bahasa yang baik merupakan alat komunikasi yang baik ketika membuat surat lamaran kerja. Surat yang dibuat bertujuan untuk menjelaskan kepada perusahaan mengenai kekuatan atau kelebihan yang dimiliki. Ketika salah menggunakan tata bahasa, manajer perekrutan atau perusahaan tidak berminat untuk memperkerjakan pelamar kerja.

Perbaikan surat lamaran kerja harus benar-benar dilakukan oleh pelamar jika tata bahasa yang digunakan merupakan hal yang salah. Tata bahasa yang baik dan konsisten wajib diterapkan pada keseluruhan aplikasi surat lamaran kerja yang nantinya akan dikirimkan ke suatu perusahaan tertentu. 

Untuk mengetahui apakah tata bahasa yang digunakan sudah benar atau tidak, pelamar dapat meminta bantuan orang lain untuk memeriksa dan mengawasi kesalahan tata bahasa yang tertera pada surat lamaran kerja. Tidak hanya tata bahasa, berikut kesalahan lainnya yang sering dilakukan oleh pelamar ketika membuat surat lamaran kerja:

a. Kesalahan format surat lamaran kerja
b. Berbohong yang dilakukan dengan atau tidak sengaja
c. Mencantumkan tanggung jawab mengenai pekerjaan tertentu
d. Kesalahan penulisan

Baca Juga: Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja Beli Di Fotocopy alert-info

Menghindari Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Salah

Penulisan surat lamaran kerja yang salah harus dihindari jika ingin mendapatkan respon baik dari perusahaan. Tidak tegas menjelaskan akan kemampuan yang dimiliki tidak boleh dilakukan pada surat lamaran kerja. 

Perusahaan nantinya dapat dengan yakin akan kemampuan pelamar jika mereka menjelaskan dengan baik kemampuan yang mereka miliki pada surat lamaran kerja yang dibuat. Dalam menuliskan kemampuan yang dimiliki, pelamar perlu menjelaskannya secara detail. Perusahaan nantinya dapat menilai kemampuan calon pelamar kerja melalui resume yang ditulis secara lengkap.

Perbaikan surat lamaran kerja terhadap kesan membutuhkan bantuan dan putus asa wajib dilakukan. Pelamar kerja tidak harus menjabarkan akan kesulitan atau masalah yang mereka miliki pada surat lamaran kerja. 

Penggunaan kata yang terkesan sangat membutuhkan bantuan dan putus asa tidak tepat untuk dilakukan. Perusahaan hanya membutuhkan pekerja yang dapat bekerja secara profesional dan tidak memilih pekerja yang memiliki banyak masalah dalam dirinya. Karena inilah, pelamar kerja tidak perlu menggunakan kalimat atau kata yang berlebihan.

Penulisan surat lamaran kerja yang salah berupa penggunaan kalimat yang tidak diperlukan perlu diperhatikan dengan baik. Kalimat yang bersifat mubazir tersebut tidak akan memberikan efek bagi perusahaan. 

Baca Juga:

Perusahaan hanya akan memperhatikan poin-poin yang penting saja tanpa membaca kalimat berbasa-basi. Dalam membuat surat lamaran kerja, pelamar sebaiknya menggunakan bahasa yang tepat. Hindari kesalahan dalam penulisan dan penggunaan bahasa yang salah karena akan mengurangi nilai jual dari surat lamaran yang dibuat. Kalimat atau kata yang digunakan juga perlu ditempatkan pada posisi yang tepat.

judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post