Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di WPS Office Lewat HP


Cara membuat surat lamaran kerja di WPS Office di hp jadi alternatif saat kita tidak membawa laptop. 

Dalam kondisi tertentu, atau mendadak, kita diharuskan membuat berkas surat lamaran kerja. Maka menggunakan smartphone bisa Anda coba. Untuk aplikasinya bisa memakai WPS.

cara membuat surat lamaran kerja di wps office di hp

Melamar pekerjaan kini bisa dilakukan lebih mudah dengan menggunakan cara daring. Mengirimkan surat lamaran, CV dan berbagai persyaratan berkas yang lain sudah bisa dilakukan via email menggunakan perangkat HP atau PC. Berikut ini adalah cara membuat surat lamaran kerja di WPS Office di HP yang mudah untuk dibuat. 

Tips dan Trik Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di HP

1. Menggunakan WPS Office

Ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat surat lamaran kerja via HP, salah satunya adalah WPS Office. Aplikasi ini bisa Anda unduh lewat Play Store maupun App Store, yang akan memudahkan Anda untuk membuat berbagai dokumen, khususnya surat lamaran kerja

Di aplikasi WPS, ada berbagai fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat surat lamaran Anda menjadi lebih menarik. Apalagi jika disambungkan dengan internet, maka Anda bisa mendapatkan berbagai contoh atau template surat lamaran yang baik untuk digunakan sebagai panduan. 

Baca Juga:

2. Kenapa WPS Office?

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa Anda lebih disarankan menggunakan WPS Office dibandingkan dengan aplikasi yang lain. sebab cara membuat surat lamaran kerja di WPS Office di HP Samsung atau HP dengan merek yang lain mudah untuk dilakukan. Selain itu, inilah beberapa kelebihan dari WPS Office, diantaranya:

  • Mendukung penggunaan format .docx ataupun .pdf, kedua format tersebut memang sering digunakan untuk format surat lamaran ataupun CV. 
  • Mendukung penggunaan bahasa Indonesia di menu dan fitur yang tersedia, jika Anda kurang lancar menggunakan bahasa Inggris, maka ini adalah aplikasi yang tepat. 
  • Terdapat banyak tutorial yang akan membantu Anda untuk membuat berbagai dokumen di aplikasi ini, yang bisa ditemukan di internet ataupun youtube. 

3. Tips Membuat Surat Lamaran dengan WPS Office

Untuk memudahkan Anda dalam membuat surat lamaran menggunakan WPS Office, berikut adalah tips yang bisa digunakan. Dengan memakai tips tersebut, Anda tidak akan kesulitan untuk membuat atau melakukan editing pada dokumen yang dibuat.

  • Ketika membuat surat lamaran, CV ataupun dokumen syarat yang lain, Anda sebaiknya menggunakan font Times New Romans. Jika tidak tersedia, bisa menggunakan format Helvetica ataupun Proxima Nova.
  • Cara membuat berkas lamaran kerja dalam satu file di hp bisa dilakukan dengan WPS Office. Setelah menyimpan satu berkas, simpan berkas yang berbeda di folder yang sama. Jadi jika ingin mengompresnya menjadi folder .zip bisa dilakukan dengan mudah.
  • Ukuran tulisan untuk surat lamaran kerja umumnya adalah font size 12, jangan pilih font size yang terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Pastikan format CV, surat lamaran kerja ataupun dokumen syarat lainnya dalam keadaan rapi. Jika perlu gunakan format yang tersedia di internet untuk memudahkan proses pembuatan surat lamaran. 
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baku dan pastikan tidak ada typo atau kesalahan dalam penulisan. 
  • Pastikan nama file yang ada di surat lamaran kerja sesuai dengan permintaan HRD, sehingga mereka bisa lebih mudah menemukan surat lamaran yang Anda kirimkan via email.

4. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di WPS Office

Berikut ini adalah cara membuat surat lamaran kerja lewat WPS Office yang bisa Anda gunakan sebagai panduan, diantaranya adalah:

  • Jika belum memiliki aplikasi ini, unduh terlebih dahulu di Play Store atau App Store, sesuai dengan jenis perangkat yang Anda gunakan.
  • Lakukan pemasangan aplikasi, kemudian lanjutkan dengan membuka aplikasi untuk memulai proses pembuatan surat lamaran kerja.
  • Buat surat lamaran kerja sesuai dengan pedoman yang sudah Anda siapkan. Ada banyak template yang bisa Anda ambil dari sumber yang terpercaya di internet. 
  • Jika sudah selesai, perhatikan kembali format yang sudah dibuat, pastikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh HRD atau perusahaan. 
  • Simpan dokumen tersebut di file folder yang sudah disiapkan.
Ketahui:

5. Cara Mengubah Format .docx Menjadi PDF

Kadang file yang diminta oleh perusahaan harus dalam format .pdf, jangan khawatir, WPS Office menyediakan penggantian format dari .docx ke .pdf dengan cara sebagai berikut:

  • Buka file surat lamaran kerja yang sudah dibuat, kemudian buka halaman menu di sebelah kiri bawah aplikasi.
  • Klik menu berkas yang tersedia, kemudian pilih opsi ekspor ke .pdf.
  • Klik ekspor, kemudian tunggu sampai proses ekspornya selesai dilakukan. 
  • Pilih tempat penyimpanan setelah proses ekspor selesai, gunakan nama dan format sesuai yang telah ditentukan.

Artikel Terkait:

Teknis mengenai cara membuat lamaran kerja lewat hp tersebut semoga dapat membantu Anda, terutama yang hendak melamar kerja dalam waktu dekat. Jangan ragu untuk mencari teknis pembuatan dan penulisan surat lamaran kerja di internet untuk hasil surat lamaran atau CV yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk tetap menyesuaikan aturan yang ditetapkan oleh HRD pada proses pembuatan berkas.

judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post