Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir Si Cepat, J&T, JNE, TIKI

Contoh surat lamaran kerja kurir - Pandemi Covid-19 mulai tahun 2020, lambat laun melahirkan berbagai inovasi baru. Sesuatu yang tidak umum terus bertumbuhan, dan mematikan beberapa hal rutin. Banyak orang di berhentikan dari pekerjaannya, lantaran turunnya pendapatan perusahaan. Akibatnya, situasi lockdown dimanfaatkan untuk ramai-ramai menjadi kurir. Contoh berbagai ekspedisi ekspedisi JNE, J&T, Sicepat, Lazada, Tiki, Shopee dan lain sebagainya digeluti. Banyak orang melayangkan surat lamaran kerja untuk bidang kurir ini. 

Contoh surat lamaran kerja kurir

Ajakan tentang untuk tetap di rumah saja, menjadikan kurir menjadi bidang kerja yang sangat populer. Perusahaan ekspedisi pun mulai menerima pekerja dari mulai full time hingga part time. Melamar kerja seperti mantra simsalabim dari banyaknya pekerjaan yang dihentikan. Begitu pula bagi yang menjalankan aturan untuk tetap di rumah, kurir menjadi pahlawan untuk mengantar segala jenis barang hingga sampai ke tangan penerima tanpa keluar rumah. 

Lalu, bagaimana peluang untuk bisa menjadi kurir. Syarat tertentu apa yang membuat kita bisa diterima dalam perusahaan tersebut. Persiapan dari sikap yang baik, kemampuan berkendara, hingga surat lamaran yang cocok dengan perusahaan adalah pertimbangannya. Jika ingin melamar dan diterima, sudah siapkah dengan ketentuan-ketentuan itu

Ketentuan Kerja Kurir

Ketentuan pada sebuah bidang kerja bukanlah hal aneh, terlebih yang berhubungan dengan bidang kerja. Lalu, apa saja yang biasanya disyaratkan kepada pelamar kurir agar besar kecilnya peluang bisa diciptakan. Simak di bawah ini adalah beberapa ketentuan yang bisa dijadikan acuan :

Penampilan yang rapi

Bisa dilihat melalui pas photo yang diberikan. Mereka akan langsung menilai apakah direkomendasikan atau tidak. Mengapa penampilan? Lantaran kurir adalah perantara perusahaan ekspedisi kepada penerima. Jika dibawa dalam keadaan baik, penampilan rapi, maka pelayanan dari ekspedisi tersebut akan dipuja penerima. Jadi berpenampilan yang rapi.

Download Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank alert-info

Kecakapan berkendara 

Hampir seluruh waktu dalam sehari kurir dihabiskan untuk berkeliling kota. Jika hanya bicara soal bisa berkendara, banyak orang melakukannya. Namun yang diminta adalah kecakapan. Di mana saat membawa barang, diperlukan ketenangan ketika berkendara, agar agar tidak merusak barang bawaan. Maka dari itu, menjadi penting kecakapan berkendara ini. 

Keramahan sikap

Selain penampilan fisik, penampilan sikap pun harus sempurna. Keramahan pekerja, bisa menjadi nilai plus perusahaan karena penerima akan merasa puas dengan pelayanan. Keramahan kurir selalu menjadi sorotan, karena jika mudah marah maka akan memengaruhi mood penerima. Bahkan beberapa di antaranya berimbas memberikan feedback buruk kepada perusahaan. Maka dari itu keramahan diperlukan.

Baca Dulu: Contoh Surat Keputusan Pengurus Koperasi PRIMKOVERI alert-info

Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir SiCepat, J&T, JNE

Selain ketentuan fisik pribadi, hal lain yang harus dipikirkan adalah contoh surat lamaran kerja kurir yang harus segera dibuat. Meski memenuhi kriteria sebagai kurir profesional, tanpa surat lamaran kerja, pekerjaan ini hanya akan terus jadi obrolan. Maka dari itu, untuk mewujudkannya harus dengan bukti fisik hitam di atas kertas bahwa bidang kerja kurir ini memang diinginkan untuk dikerjakan. 

Contoh surat lamaran kerja kurir ini memang sangat banyak, tapi jika ingin mencontohnya, harap format penulisan harus dilihat juga. Jangan sampai sembarang contoh membuat surat lamaran yang dibuat terkesan paksaan atau ragu-ragu. Gunakan bahasa dan format yang baik. Dan paling baik, demi kerapihan, ketik adalah solusinya. Saat ini ekspedisi seperi Shopee, Lazada, JNE, J&T, Tiki, Sicepat dan lainnya membutuhkan banyak tenaga kurir untuk mengantar paketan yang tiada henti dipesan pengguna. 

Baca Juga: Contoh Surat Pengantar dari Kepala Sekolah alert-info

Download contoh surat lamaran kerja kurir SiCepat

Kepada Yth,

Kepala Bagian Personalia
PT. SiCepat
Jl. Penjaringan No 33
Jakarta Utara


Dengan hormat,

Menanggapi iklan Anda di harian Suara Rakyat terbitan tanggal 7 Mei 2022 untuk posisi kurir, saya ingin menawarkan diri saya untuk posisi tersebut.

Saya berusia dua puluh dua tahun dan pernah bekerja sebagai kurir di agen jasa pengiriman barang “Pelita” selama dua tahun. Setelah tamat dari SMA, saya mengikuti berbagai pelatihan kerja. Saya memiliki SIM C, serta kendaraan pribadi dan sekarang saya merasa memiliki keahlian yang diperlukan untuk mengisi lowongan yang Anda tawarkan.

Untuk informasi selanjutnya, dengan ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, ijazah, dan selembar foto terbaru saya.

Saya harap Bapak akan mempertimbangkan lamaran ini, dan memberi saya suatu kesempatan untuk wawancara.


Hormat saya,



Rohmat Santoso


DOWNLOAD/download/button


Jika Anda melamar sebagai kurir Lazada, Shopee, JNE atau yang lain, tinggal ganti aja tujuan lamaran. Jangan lupa untuk alamat kantor juga diganti.

Pahami Kriteria Khusus Kerja Kurir

Baik di Tiki, JNE, J&T, Shopee, Lazada, Sicepat dan lain sebagainya, pasti terdapat kriteria khusus untuk menjadi bagian kurir dari perusahaan tersebut. Seperti misalnya target barang bawaan di Shopee, tidak sama dengan target di J&T. Atau jam kerja Lazada berbeda dengan Sicepat. Atau gaji pokok di JNE, berbeda dengan TIKI. Tiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri. 

Jadi jika surat lamaran kerja sudah siap, ketentuan umum pada fisik dan sikap sudah sempurna, pastikan melamar di tempat yang diterima dan menerima kita. Jangan sampai, ketika sudah mulai bekerja tidak setuju dengan kebijakannya dan mangkrak kerja. Bukan hanya membuat perusahaan rugi, tetapi kerugian pada kita akan menjadi riwayat. Jadi, pastikan sudah mengetahui kriteria khusus di perusahaan yang ingin dituju, sehingga tidak ada kesalah pahaman. 


Menjadi kurir memang terlihat mudah, tapi banyak orang tidak berwaktu lama pada masa kerjanya sebagai kurir. Lantaran, ada banyak pertimbangan yang membuatnya bingung untuk melanjutkan atau tidak. Maka dari itu, melihat contoh surat lamara kerja saja tidak cukup. Melainkan harus dibuat dengan bahasa formal yang mencirikan keyakinan pribadi. Apapun ekspedisinya, asal memiliki niat bekerja yang baik, maka tidak jadi masalah. Saatnya buat surat lamaran kerja yang baik dan coba untuk mencari peruntungan di bidang kurir ini.

Tya Hanifah
Tya Hanifah Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir Si Cepat, J&T, JNE, TIKI"