Download Contoh Surat Permohonan Balik Nama Rekening Listrik [word]


Download contoh surat permohonan balik nama rekening listrik word – Bagaimana cara balik nama dari meteran listrik atas nama orang lain? Meski terlihat remeh, namun ada satu hal wajib yang perlu anda lakukan saat membeli rumah baru, yakni melakukan balik nama pelanggan meteran listrik atas nama orang lain baik itu pemilik nama atau pengembang. Ini dilakukan agar sewaktu waktu ingin menambah daya, anda tidak repot meminjam KTP pemilik rumah lama. 

Disini kami berikan proses bagaimana cara balik nama rekening listrik baik online ataupun dengan menggunakan contoh surat permohonan ganti nama pemilik.

Berikut langkah-langkah cara balik nama rekening listrik serta contoh surat permohonan balik nama rekening listrik yang bisa Anda download dalam format Word diakhir artikel.


Cara balik nama rekening listrik

download-contoh-surat-permohonan-balik-nama-rekening-listrik

A. Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN

Untuk mengetahui ID pelanggan PLN yang terdaftar pada listrik di rumah atau kantor atau bangunan lainnya, ada beberapa cara manual maupun online yang bisa anda lakukan. Penting untuk mengetahui ID pelanggan atas nama siapa yang terdaftar, agar proses balik nama nantinya dapat dilakukan lebih mudah. Berikut cara mengetahuinya.

1. Melalui Meteran PLN

Dari meteran PLN yang terpasang di rumah, anda bisa dengan mudah mengetahui ID PLN. Caranya yaitu periksa barcode di dalam meteran tersebut. Lazimnya di bawah barcode ini akan tertera 11 hingga 12 digit angka yang merupakan ID pelanggan PLN.

2. Melalui Struk PLN

Selama listrik digunakan, pastinya anda sudah pernah melakukan pembayaran listrik PLN. Dimana dari struk pembayaran tersebut, ID pelanggan PLN akan tertera secara jelas. Struk pembayaran ini juga berlaku untuk pembayaran e-Commerce, apabila anda membayar listrik secara online.

3. Melalui Website Resmi PLN

Contoh surat permohonan balik nama rekening listrik nantinya juga akan memuat nomor ID pelanggan, sehingga anda perlu mengetahui nomor ID tersebut. Yang mana ID ini juga bisa dicek melalui website resmi PLN di www.pln.co.id. Namun untuk mencari nomor ID ini, anda perlu memasukkan nama pemilik rekening listrik.

4. Melalui Aplikasi PLN

Tidak hanya website resmi, PLN juga memiliki aplikasi mobile untuk menjawab berbagai permasalahan pelanggan termasuk mengecek ID pelanggan mereka. Di aplikasi ini, anda bisa melihat informasi terkait nomor ID pelanggan, nama pemilik rekening, jumlah pemakaian listrik, hingga biaya tagihan listrik.

B. Syarat Balik Nama Rekening Listrik PLN

Syarat yang harus dipersiapkan untuk melakukan balik nama rekening listrik tidak begitu banyak. Anda cukup mempersiapkan berkas seperti fotocopy sertifikat rumah 1 lembar atau fotocopy akad jual beli, serta fotocopy KTP (kartu tanda penduduk) sesuai nama pemilik yang tertulis di sertifikat atau akad jual beli.

Kemudian siapkan materai 6000 sebanyak satu lembar, dan untuk pelanggan pascabayar harus membayar biaya penyesuaian uang jaminan langgan jika ada. Selain itu, pastikan bahwa anda atau pemilik nama sudah melunasi tagihan listrik bulan berjalan untuk pelanggan pascabayar.

C. Cara Balik Nama Rekening Listrik PLN online

Cara balik nama rekening listrik online tidak begitu jauh berbeda dengan pasang baru, namun untuk lebih mudahnya anda bisa langsung datang ke kantor PLN terdekat dengan membawa berkas berkas yang telah menjadi persyaratan. Layanan di kantor PLN untuk balik nama pelanggan atau ID biasanya cepat, terlebih jika syarat syaratnya sudah lengkap semua.

Namun pastikan anda sudah menyiapkan contoh surat permohonan balik nama rekening listrik agar prosedurnya lebih cepat. Selain itu, hubungi PLN terlebih dahulu jika perlu pada nomor call center yaitu (kode area) 123. Untuk biaya balik nama rekening listrik 2020 pada dasarnya diberikan secara gratis. Namun jika anda menggunakan calo, biayanya terbilang cukup mahal yaitu 200 hingga 300 ribu.

D. Bagaimana Jika Rumah Masih Kredit ?

Banyak yang bertanya tanya, apakah contoh surat ganti nama pemilik bisa diajukan ke PLN apabila rumah tersebut statusnya masih kredit. Ternyata, masyarakat masih bisa merubah nama meteran listrik menjadi nama pribadi meskipun rumah yang dimiliki tersebut masih berstatus kredit. Caranya pun tidak sulit, hanya perlu datang ke kantor dengan membawa berkas persyaratan.

Kemudian tunjukkan pula bukti pemilikan rumah, nantinya saat ID dilihat, petugas akan sekaligus mengecek apakah UJL (uang jaminan langganan) milik pelanggan telah diperbaharui atau belum. Jika belum, maka akan dikenakan biaya UJL update. Jadi semua prosesnya sama saja, hanya ditambah menunjukkan bukti kepemilikan dari developer.


E. Contoh surat permohonan balik nama rekening listrik word

Untuk contoh surat permohonan balik nama rekening listrik Word, bisa dilihat pada contoh surat berikut.

PT JAYA DWIPA HOTEL

Jl. Ks Tubun No 52 Kebon Cengkeh Jakarta

Telp./Fax : 021 – 27639

--------------------------------------------------------------------------------------------

                                        Jakarta 10 Juni 2022

No         : 12/JDH/VI/2022

Lampiran : 3 Bendel

Perihal : Permohonan Balik Nama


Kepada Yth.

PT PLN Cabang Banjarsari

Jl. Mirota Kampus No 18

Jakarta Barat

U.P ASMAN NIAGA 1


Dengan hormat,

Bersama ini perkenankan kami dari PT Jaya Dwipa Hotel sebagai pemilik dari sebidang tanah Hak Guna Bangunan No. 008/Kebon Cengkeh, yang dikenal dengan Jalan Raya Pegangsaan Timur No 10, Kebon Cengkeh jakarta Barat. Dengan Ini kami memohon guna dilakukannya BALIK NAMA atas nomor pelanggan 830462883 dari nama pelanggan sebelumnya yakni PT Agung Sentosa menjadi PT JAYA DWIPA HOTEL.

Demikian permohonan ini kami haturkan, besar harapan bisa langsung ditindak lanjuti.

Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.


Hormat kami,

PT JAYA DWIPA HOTEL



Haris Setya, SE

Direktur






Mudah bukan cara melakukan balik nama rekening listrik dari pemilik lama atau pengembang ? Meski terdengar sebagai hal yang sepele, namun melakukan balik nama ini penting. Terlebih jika bangunan tersebut merupakan gedung perusahaan atau dijadikan kantor, sehingga jika sewaktu waktu dilakukan penambahan daya dan lain sebagainya bisa lebih mudah.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post