Contoh Laporan Pembuatan Produk Makanan Kreatif & Kewirausahaan


Di artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa contoh laporan pembuatan produk, baik itu makanan, kesenian, atau sebagainya. Membuat produk memang diperlukan dokumen seperti ini, terlebih jika ingin mengangkat ke industri bisnis. Tujuannya adalah agar lebih mudah mengajukan permintaan legalitas pada pihak yang berwenang. Agar lebih jelas, silakan simak pembahasan lengkap berikut ini.

Cara Membuat Laporan Pembuatan Produk

contoh laporan pembuatan produk

Untuk membuat laporan, sebenarnya tidak perlu pengetahuan terlalu banyak. Anda hanya cukup mengetahui beberapa format atau struktur yang wajib ada di dalam pembahasan. Struktur ini akan membuat tulisan menjadi lebih sistematis serta lebih mudah dipelajari. Berikut adalah struktur tersebut. 

1. Halaman sampul

Halaman sampul merupakan halaman yang terletak di bagian paling awal. Beberapa elemen pada halaman ini antara lain judul, identitas pembuat laporan, tahun pembuatan, serta beberapa keterangan tambahan dari penulis.

2. Kata pengantar

Bagian berikutnya adalah kata pengantar. Kata pengantar memuat gambaran besar mengenai pembuatan barang yang akan dibahas pada bagian inti. Anda bisa mencari berbagai contoh kata pengantar di internet maupun buku sebagai bahan referensi.

3. Daftar Isi

Daftar isi merupakan pemetaan seluruh pembahasan dengan mencantumkan nomor halaman. Tujuannya adalah memudahkan pembaca ketika ingin langsung membaca bagian tertentu. 

4. Pendahuluan

Selanjutnya, pendahuluan berisi tentang latar belakang dalam pembuatan. Setidaknya ada dua poin yang wajib dibahas pada bagian ini, yakni latar belakang serta tujuan. Latar belakang berisi faktor pembuatan, sementara tujuan berisi alasan kenapa ingin membuat barang tersebut. Di poin ini, jelaskan secara singkat dan langsung pada pokoknya. 

5. Pembahasan

contoh laporan pembuatan produk

Pembahasan atau isi merupakan bagian inti dari laporan. Biasanya di bagian ini berisi bahan-bahan, cara produksi, cara memasarkan, perhitungan modal, serta kendala-kendala. Agar lebih mudah dalam memetakan pembahasan, Anda bisa menggunakan unsur 5W + 1H seperti kegiatan dilakukan, siapa saja partisipan, di mana produksi dilakukan, dan lain-lain.

6. Penutup

Terakhir, penutup atau kesimpulan dari kegiatan produksi yang dilakukan. Selain menuliskan kesimpulan, Anda juga bisa menuliskan kekurangan atau kendala dari proses tersebut agar bisa dievaluasi oleh pembuat berikutnya.

Ketahui: Contoh Narasi Laporan Perkembangan Anak TK Semester 1 alert-info

7. Lampiran

Lampiran berisi dokumen apa saja yang berkaitan dengan proses pembuatan produk seperti foto, dokumentasi aktivitas produksi, tabel harga, dan lain-lain. Selain berbentuk dokumen atau berkas, lampiran juga bisa berisi link website sebagai sumber acuan.

Contoh Laporan Pembuatan Produk Makanan

Produk makanan adalah yang paling sering ditemui. Pasalnya, industri kuliner memang seakan tidak ada habisnya. Selalu ada inovasi bermunculan seiring dengan perkembangan zaman. Sebagai contoh, banyak bahan-bahan dimanfaatkan sebagai pembuatan produk kuliner seperti keripik dari lidah buaya, jamu kekinian, keripik aglonema, dan sebagainya. Sebagai referensi, Anda bisa melihat beberapa contoh laporan berikut ini.

Baca Dulu: Contoh Laporan Keuangan Koperasi Sekolah Sederhana alert-info

Contoh Laporan Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Untuk membuat laporan pembuatan produk kreatif sebenarnya hampir sama dengan produk makanan. Mungkin letak perbedaannya adalah bahwa bahan-bahan serta cara pembuatan produk kreatif jauh lebih bervariasi. Hal tersebut karena produk kreatif cakupannya sangat luas. Namun jangan khawatir, beberapa contoh laporan berikut ini bisa dijadikan sumber referensi ketika ingin membuatnya.

contoh laporan pembuatan produk

contoh laporan pembuatan produk makanan

laporan pembuatan produk kreatif

cara membuat laporan pembuatan

contoh laporan produk kreatif dan kewirausahaan

contoh laporan pembuatan produk

contoh laporan pembuatan produk makanan

Baca Dulu:

Itulah tadi contoh laporan pembuatan produk yang bisa Anda jadikan sumber referensi. Perlu diingat bahwa setiap produk dibuat pasti memiliki pengalaman berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda wajib menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Sebagai contoh, proses membuat miniatur mobil tentu akan berbeda dibandingkan pembuatan kerajinan dari bambu.

judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post