Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Contoh Laporan Inventaris Barang Sekolah Format Doc & Excel

Bagi yang sedang mencari contoh laporan inventaris barang sekolah DOC, maka Anda sedang berada pada artikel tepat. Melakukan pendataan pada barang-barang ini memang sangat penting. Bukan hanya di sekolah, namun juga di lembaga lain seperti pondok pesantren, perkantoran, dan sebagainya. Oleh karena itu, perlu pengetahuan terlebih dahulu sebelum membuatnya agar tidak kebingungan.

Contoh Daftar Inventaris Sarana Dan Prasarana Sekolah

contoh laporan inventaris barang sekolah doc

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara membuat serta contoh pembuatan laporan, alangkah lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu apa saja yang merupakan barang inventaris. Pada dasarnya, barang tersebut adalah barang ekonom melalui berbagai sumber dana seperti hibah, pembuatan sendiri, pertukaran, maupun dari pemerintah. Membuat laporan berarti melakukan pendataan akan barang tersebut.

Selain itu, pembuatan laporan juga memiliki banyak tujuan. Pertama, fungsinya adalah menjaga administrasi sarana serta prasarana. Kemudian, menekan pengeluaran sekolah juga menjadi salah satu faktornya. Ketiga, laporan berfungsi untuk menghitung aset sekolah. Terakhir, fungsi pelaporan ini adalah memudahkan melakukan pengendalian. Lalu, apa saja contoh inventaris tersebut?

1. Papan tulis

Setiap sekolah pasti membutuhkan papan tulis guna menunjang proses belajar mengajar. Papan tulis bisa berupa papan kayu, papan elektronik, maupun white board. Selain digunakan untuk aktivitas pembelajaran, papan tulis juga berfungsi menunjang kegiatan rapat di sekolah.

2. Papan pengumuman

Mungkin tidak semua sekolah memiliki papan pengumuman. Papan ini biasanya menjadi tempat pemberitahuan agenda seperti hari libur, poster lomba, dan sebagainya. Tak hanya itu, tempat ini juga kerap digunakan untuk memaparkan visi misi dari lembaga tersebut.

3. Papan absen

Sama seperti sarana sebelumnya, papan absen mungkin tidak selalu ditemui di setiap sekolah. Papan absen biasanya berukuran cukup kecil. Fungsinya adalah untuk melakukan pendataan terhadap murid yang tidak hadir.

4. Peta sekolah

Sesuai namanya, peta berfungsi memberikan gambaran mengenai lokasi dan tata letak ruangan di sebuah sekolah. Peta ini akan sangat membantu para siswa baru agar lebih cepat mengenali tempat belajar mereka seperti lokasi kantin, toilet, ruang guru, atau sebagainya.

5. Lemari kayu

Lemari kayu biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai dokumen penting seperti buku, piala penghargaan, pemberkasan, dan sebagainya. Namun, kebanyakan sudah mengganti dengan lemari besi supaya lebih awet serta praktis.

6. Meja dan kursi

Meja dan kursi adalah dua barang yang cukup krusial serta wajib hadir. Tidak hanya untuk siswa, meja kursi juga dibutuhkan di berbagai ruangan seperti laboratorium, kantin, ruang guru, ruang rapat, ataupun aula.

Ketahui: Contoh Laporan Keuangan BUMDES Excel alert-info

Contoh Laporan Inventaris Barang Sekolah Doc


contoh laporan inventaris barang sekolah doc

DOWNLOAD/download/button

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas, Anda bisa langsung melihat beberapa contoh laporan barang inventaris berikut ini. Sebagai catatan, bukan berarti contoh tersebut bisa ditiru secara mentah-mentah. Anda perlu menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Yang akan berikan kali ini hanya berfungsi sebagai referensi saja.

Baca Juga: Download Contoh Laporan Keuangan Kas RT alert-info

Format Laporan Inventaris Barang Format Excel

format laporan inventaris barang format excel

DOWNLOAD 1/download/button

DOWNLOAD 2/download/button


Baca Juga:

Selain format doc, berikut ini juga akan diberikan contoh dalam format excel. Format ini memang jauh lebih simpel karena pada dasarnya Microsoft Excel berfungsi mengolah data seperti ini. Jadi, silakan download format laporan inventaris barang sekolah di bawah ini. Setelah itu, edit pada bagian-bagian tertentu sesuai kebutuhan seperti daftar barang, nama, dan lain-lain.

Itulah tadi beberapa contoh laporan inventaris barang sekolah doc yang bisa Anda download secara gratis. Sekali lagi, silakan sesuaikan contoh tersebut dengan kondisi di lapangan agar lebih akurat.

Mufidha
Mufidha Calon manusia sukses tidak akan pernah mengeluh, tapi akan sibuk memperbaiki diri dari kesalahan yang pernah dibuatnya

Posting Komentar untuk "Download Contoh Laporan Inventaris Barang Sekolah Format Doc & Excel"