Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Laporan Pembukuan Penjualan Gas Elpiji Harian

Di artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa contoh pembukuan penjualan gas. Seperti kita ketahui, sekarang sudah cukup banyak toko atau warung bermitra dengan Elpiji di tempat mereka. Sebagai seorang agen, tentu saja mereka diharuskan membuat pembukuan atau laporan keuangan atas penjualan tersebut. Jika Anda adalah salah satunya, maka silakan simak pembahasan ini hingga selesai. 

Langkah Pembuatan Contoh Pembukuan Penjualan

contoh pembukuan penjualan gas

Sebelum berlanjut ke pembahasan contoh, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai langkah-langkah dalam membuat laporan keuangan. Hal tersebut bertujuan agar setelah melihat contoh tersebut, Anda bisa melakukan modifikasi secara tepat sesuai hasil realita di lapangan. Lalu, apa saja langkah-langkahnya?

1. Mencatat semua pengeluaran

Dalam usaha apapun, termasuk penjualan gas, seseorang harus mencatat semua pengeluaran yang ada. Agar lebih mudah dipahami, sebaiknya gunakan bentuk tabel. Setidaknya catat semua pengeluaran setiap hari, setiap bulan, dan setiap tahun. Selain itu, simpan bukti pengeluaran seperti nota atau sebagainya guna melakukan konfirmasi data.

2. Mencatat semua pemasukan

Selain pengeluaran, pemasukan juga tidak boleh lupa untuk dicatat. Fungsi dari pencatatan pemasukan adalah untuk melakukan evaluasi bulanan atau tahunan. Sebagai contoh, apabila di bulan tertentu jumlah pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, artinya ada hal butuh dievaluasi. Apabila ini tidak dilakukan, Anda tidak bisa mendeteksi apabila terjadi masalah keuangan dan biasanya akan menimbulkan kebangkrutan di masa mendatang.

3. Mencatat stok barang

contoh pembukuan penjualan
Contoh pembukuan penjualan

Selanjutnya, guna menjamin terpenuhinya kebutuhan pasar, stok harus selalu dijaga. Untuk mengawasi stok tersebut, perlu dilakukan pencatatan, baik menggunakan buku maupun aplikasi. Data akurat mengenai stok akan membuat operasional usaha menjadi lebih efektif dan terhindar dari kerugian. Apalagi saat ini cukup banyak orang membutuhkan gas untuk sehari-hari.

Ketahui: Contoh Laporan Keuangan BUMDES Excel alert-info

4. Membuat laporan laba rugi

Dalam kegiatan usaha, laba dan rugi adalah hal wajar dialami. Yang paling penting adalah bagaimana respons atas kondisi tersebut. Ada beberapa orang merasa jatuh ketika usahanya mengalami kerugian. Padahal, justru itu kesempatan untuk melakukan evaluasi ke depan menjadi lebih baik. Di sinilah laporan laba rugi diperlukan, yakni guna mendapatkan data valid mengenai penghasilan.

Contoh Pembukuan Penjualan Harian

Melakukan pembukuan penjualan harian memiliki banyak sekali manfaat yang sangat penting. Manfaat pertama adalah mengetahui apakah usaha sedang untung atau rugi. Seperti telah disebutkan di bagian sebelumnya, dalam usaha pasti akan menemui kedua situasi tersebut. Fungsi dari pembukuan adalah memonitor apakah bisnis sedang dalam kondisi rugi ataupun untung sehingga bisa dievaluasi. 

Baca Juga: Download Contoh Laporan Keuangan Kas RT alert-info

contoh pembukuan penjualan harian
Contoh pembukuan penjualan harian

Kedua, manfaat dari kegiatan ini adalah membantu pemilik bisnis dalam menentukan apa strategi yang akan dilakukan selanjutnya. Sebagai contoh, penjualan pada hari ini mengalami peningkatan. Maka, di hari selanjutnya bisa dilakukan cara sama. Akan tetapi, apabila mengalami penurunan, maka diperlukan strategi berbeda untuk mengatasi masalah tersebut.

Ketiga, pemilik usaha juga akan menjadi lebih mudah dalam melaporkan pajak. Apalagi, dalam keagenan gas elpiji dibutuhkan laporan penjualan sebagai salah satu syarat pengajuan. Oleh karena itu, sangat penting melakukan kegiatan ini. Ketika sudah tiba waktunya, Anda hanya tinggal memberikan laporan tersebut tanpa harus mengurus hal-hal rumit dan menghabiskan banyak waktu.

Terakhir adalah dapat memberikan gambaran bagi kreditur. Apabila ingin mengembangkan usaha namun belum memiliki modal, tentu diperlukan investor atau kreditur. Untuk memberikan rasa percaya, mereka membutuhkan data pasti agar tidak salah dalam memberikan dana. Inilah pentingnya pembukuan. Langsung saja, berikut adalah contoh dari pembukuan tersebut.

Baca Dulu: Contoh Laporan Inventaris Barang Sekolah Doc alert-info

Contoh Laporan Keuangan Pangkalan Gas Elpiji

Sebagai pelaku agen gas elpiji, Anda diwajibkan membuat laporan keuangan. Namun, jangan khawatir. Apabila masih merasa kebingungan mengenai cara membuat atau bagaimana formatnya. Anda bisa mengamati contoh laporan yang sudah disediakan di sini. Selanjutnya, silakan sesuaikan dengan data-data pribadi seperti jumlah penerimaan, jumlah penyaluran, dan lain-lain.

contoh pembukuan penjualan harian
Contoh laporan keuangan pangkalan gas elpiji

Baca Juga:

Itulah tadi sekilas pembahasan mengenai contoh pembukuan penjualan gas serta langkah-langkah membuatnya. Pada dasarnya, kegiatan ini memang wajib dilakukan oleh pelaku usaha apa saja, mulai dari kelontong, makanan, kerajinan, dan lain-lain. Jadi, sangat penting mengetahuinya sejak dini.

Mufidha
Mufidha Calon manusia sukses tidak akan pernah mengeluh, tapi akan sibuk memperbaiki diri dari kesalahan yang pernah dibuatnya

Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Pembukuan Penjualan Gas Elpiji Harian"