Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Contoh Laporan Keuangan Desa Lengkap 2023

Membuat laporan keuangan desa merupakan hal penting dan krusial sehingga tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Anda bisa mencoba cari contoh laporan keuangan desa secara umum dari internet.

Contoh Laporan Keuangan Desa

Hal itu karena laporan keuangan ini merupakan wujud tanggung jawab terhadap pengelolaan uang desa Anda. Nah, agar laporan tersebut bisa tersusun dengan baik, Anda bisa melihat informasi tentang contoh pembuatan laporan keuangan di bawah ini.

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Koperasi Sekolah Sederhana

Tujuan dan Fungsi Laporan Keuangan Desa

Sebelum lanjut ke contoh laporan keuangan desa lengkap dengan tahapan pembuatannya, Anda harus tahu dulu tentang fungsi dari laporan tersebut. Nah, berikut adalah tujuan dan fungsi dari adanya laporan keuangan tersebut.

  • Laporan bisa digunakan oleh perangkat internal dan juga eksternal desa
  • Laporan tersebut dibuat dengan kualitas dan standar akuntansi baik sehingga menjadi kredibilitas dari pemerintah desa
  • Menjadi bentuk aplikasi dari pemerintahan desa yang baik dan bersih 

Tahapan Pembuatan dan Contoh Laporan Keuangan Desa 2022

Seperti yang sudah disinggung di bagian awal, penulisan laporan keuangan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terdapat tahapan dan cara yang perlu diperhatikan agar laporan bisa dibuat dengan sebaik mungkin. 

Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam pembuatan laporan keuangan Desa:

1. Tahap Pencatatan

Tahapan awal dari proses pembuatan laporan ini adalah tahap pencatatan. Pada tahapan ini, proses analisis dilakukan pada berbagai macam bukti akuntansi yang dimiliki seperti faktur, invoice, nota dan lain sebagainya untuk kemudian di catat ke buku jurnal.

2. Tahapan Klasifikasi

Pada saat semua bukti transaksi yang dilakukan sudah tercatat dengan baik, maka langkah berikutnya tinggal klasifikasi saja. Proses klasifikasi dapat dilakukan dengan memindahkan catatan ke buku besar selaras nomor rekening dan debit.

3. Tahapan Ikhtisar

Dalam rangka memudahkan dalam pembuatan laporan, dibutuhkan neraca saldo sebelum penyesuaian. Nantinya, proses ini akan dikumpulkan dalam tabel yang umum disebut dengan neraca lajur atau kertas kerja.

Selain untuk jadi ringkasan, pada neraca lajur juga bisa dimanfaatkan untuk pemeriksaan kembali pada proses catatan sebelumnya. Untuk mengecek dengan neraca tersebut, Anda tinggal pastikan saja jumlah kolom debit dan kredit sudah seimbang.

4. Tahapan Pelaporan

Tahapan pelaporan merupakan proses terakhir dalam rangka menyusun laporan keuangan. Dalam tahap ini diberikan laporan pertanggung jawaban realisasi anggaran belanja desa dan laporan kekayaan desa.

Untuk setiap jenis laporan tersebut tentu terdapat format isi masing-masing yang harus diikuti. Selain itu, dalam penyajian laporan diharuskan dilakukan dengan data yang sebenar-benarnya agar tidak terjadi masalah saat pemeriksaan laporan.

Setelah pelaporan sudah diberikan, maka pihak yang berkepentingan akan melakukan pemeriksaan terhadap laporan yang dibuat. Nantinya, akan dibandingkan juga laporan antara desa satu dan desa lainnya untuk keperluan pengembangan desa.

Artikel Lainnya :

Apa Saja Isi Laporan Keuangan Desa?

Dalam penyusunan laporan keuangan desa, pastinya terdapat pertanyaan tentang contoh laporan keuangan desa menyajikan apa saja? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa melihat apa isi laporannya berikut ini.

  • Sampul Laporan Keuangan Pemerintah Desa, wajib menyebut entitas pemerintah desa dengan terstruktur mulai dari lokasi desa sampai tingkat kabupaten kota.
  • Kata Pengantar dari Kepala Desa
  • Daftar Isi Laporan Keuangan
  • Informasi Umum
  • Laporan Realisasi Anggaran
  • Neraca
  • Catatan Atas Laporan Keuangan
  • Lampiran Pendukung untuk Laporan Keuangan apabila diperlukan

Kurang lebih seperti itu isi yang ada di laporan keuangan desa/kelurahan secara umum. Namun, untuk tambahan seperti lampiran dan juga data pendukung itu bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan dari laporan itu sendiri.

Download Laporan Keuangan Desa

Berikutnya, untuk memperjelas Anda dalam memahami pembuatan laporan keuangan untuk desa, akan diberikan contoh laporan keuangan desa download dalam format PDF. Berikut ini adalah link untuk mengunduh file tersebut.

Contoh Laporan Keuangan Desa

Download


Contoh Laporan Keuangan Desa


Contoh Laporan Keuangan Desa


Selain ada contoh tentang laporan pembuatan keuangan untuk desa, di dalam file tersebut juga diberikan penjelasan lengkap tentang isi, format, dan hal-hal lain terkait dengan pembuatan laporan keuangan desa. Jadi, bermodalkan file tersebut Anda bisa memahami laporan ini dengan baik.

Ketahui :

Seperti itulah pembahasan lengkap mulai dari contoh sampai dengan link download contoh laporan yang bisa Anda pelajari. Dengan berbekal informasi ini, diharapkan Anda sebagai perangkat desa bisa membuat laporan yang baik dan pastinya berkualitas.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Download Contoh Laporan Keuangan Desa Lengkap 2023"