Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Kartu Ucapan Selamat Tedak Siten / Pitonan Bahasa Jawa

Contoh Format Kartu - Suku Jawa mempunyai ragam budaya yang masih diterapkan dalam berbagai kehidupan sampai saat ini, contohnya adalah tradisi Tedak Siten. Anda dapat memberikan ucapan selamat tedak siten kepada anak yang sedang menjalakan pitonan atau berumur sekitar 245 hari.

Ucapan Selamat Tedak Siten

Baca Juga : Kata Sambutan Admin Grup WA

Mengenal Tradisi Tedak Siten

Tedak Siten merupakan tradisi adat Jawa yang dilakukan pada anak baik laki-laki atau perempuan dengan umur 7 lapan atau 245 hari. Tedak sendiri mempunyai makna ‘melangkah’, sedangkan Siten artinya ‘tanah’ atau ‘bumi’. Jadi, jika digabungkan menjadi ‘melangkah di bumi’

Filosofi upacara tradisional ini adalah bahwa sang anak siap melangkah di bumi menghadapi masa depan dengan bimbingan orang tua. Pada usia 7 lapan atau sekitar 7-8 bulan, si kecil sudah berada di tahap perkembangan berdiri sehingga bersiap untuk dapat berjalan.

Dalam tradisi ini, akan banyak sekali persiapan yang dilakukan pihak keluarga sebagai penyelenggara acara. Setiap peralatan dan perlengkapan mempunyai makna tersendiri.

Persiapan Melakukan Tedak Siten

Momen si kecil yang sudah mulai berdiri untuk berjalan tentu sangat membahagiakan bagi orang tua, saudara, dan orang-orang di sekitar. Maka dari itu, bisa memberikan kata ucapan selamat tedak siten penuh arti. Pada acara ini, perlu disiapkan beberapa hal seperti di bawah.

  • Kurungan dari bahan bambu seperti untuk mengurung ayam
  • Jenang warna-warni terbuat dari ketan (7 warna)
  • Tangga yang terbuat dari tanaman tebu
  • Mainan-mainan 
  • Uang receh atau uang kertas
  • Ayam jawa hidup
  • Tumpeng robyong
  • Air hangat untuk mandi si bayi
  • Bunga sritaman

Beberapa persiapan akan berbeda di setiap daerah. Hal ini karena perbedaan tradisi dari setiap daerah dipengaruhi oleh kebiasaan nenek moyang sedari dahulu.

Baca Juga :

Inspirasi Kata Ucapan untuk Acara Tedak Siten

Buat Anda yang akan menyelenggarakan acara Tedak Siten dapat mempersiapkan berbagai keperluan, termasuk mencetak undangan. Di dalam undangan inilah, biasanya diberikan kartu ucapan selamat tedak siten berisi doa-doa penuh harapan. Sebagai inspirasi, Anda dapat menyimak beberapa contoh penulisan ucapan selamat pitonan berikut ini.

1. Dalam Hiasan/Poster 

Jenis ucapan berikutnya dibuat oleh keluarga penyelenggara upacara pitonan itu sendiri dimana diberikan dalam sebuah poster atau hiasan yang bisa ditempel di rumah. Berikut contoh penulisannya.

Tedak Siten

Anak Kami:

Hanania Zunaira

Lahir 10 Oktober 2021

Mohon doa agar putri kami menjadi anak yang sholihah, berbakti dengan orang tua, serta dapat menjadi kebanggaan keluarga, agama, dan bangsa. Selain itu, bisa menjadi manusia yang taat kepada Allah Swt dan mampu berjuang dalam kebenaran.

Amin.

Kami yang berbahagia

Bambang Hasan

&

Jihan Umayya


Kata Ucapan untuk Acara Tedak Siten Dalam Poster



Kata Ucapan untuk Acara Tedak Siten di Poster

2. Dalam Acara Tasyakuran Aqiqah

Dalam acara ini, biasanya keluarga juga mengadakan tasyakuran aqiqah. Di dalamnya bisa mencantumkan ucapan selamat untuk anak pitonan seperti berikut.


Semoga Allah memberikan perlindungan dan anugerah kepada anak kami sehingga dapat menjadi anak yang sholihah, cerdas, berbakti kepada orang tua, dan berguna bagi bangsa dan agama. 

Amin Ya Rabbal Alamin.


Ucapan Dalam Acara Tasyakuran Aqiqah

Ucapan Dalam Acara Tasyakuran Aqiqah



3. Ucapan dalam Bahasa Jawa

Dalam menuliskan ucapan tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, tetapi Anda dapat memakai kata mutiara tedak siten bahasa jawa agar semakin bermakna dan acara terasa khusyu’. Berikut inspirasinya.


Kula lan sakaluwarga nyuwun sih donga panjenengan sedoyo. Mugi putra kula saged manut miturut dhawuhing tiyang sepuh lan miguna dhumateng agami lan nagari. 

Amin.



Ketahui :

Itu dia informasi tentang inspirasi dalam menulis ucapan selamat tedak siten yang dapat diberikan dalam undangan, poster, sampai acara tasyakuran aqiqah.
Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Kartu Ucapan Selamat Tedak Siten / Pitonan Bahasa Jawa"