Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Format Rekap Data Siswa Baru Excel Tiap Kelas Lengkap

Banyak orang yang masih bingung bagaimana membuat format data siswa baru Excel. Jika Anda juga mengalami masalah demikian, maka silakan simak seluruh pembahasan pada artikel ini. Selain membahas format, Anda bisa melihat berbagai macam contoh sebagai sumber referensi pembuatan. 

Format Data Siswa Baru Excel


Baca JugaFormat Absensi Siswa Pegangan Guru alert-info

Bagaimana Format Data Siswa baru Excel?

Pada saat proses penerimaan peserta didik baru, beberapa data dari siswa memang harus dikumpulkan untuk keperluan administratif. Ketika ingin membuat data di Microsoft Excel, Anda perlu memasukkan beberapa elemen-elemen yang wajib ada. Apa saja itu?

1. Nama siswa

Pertama dan yang sangat wajib ada adalah nama lengkap siswa. Selain mencantumkan kolom nama, biasanya pada beberapa kasus disisipkan elemen-elemen lain seperti NISN dan jenis kelamin. Untuk jenis kelamin, Anda bisa membuat dua kolom L dan P atau dibuat satu kolom saja. Letak perbedaannya adalah cara pengisian nantinya.

2. Tempat tanggal lahir

Untuk tempat tanggal lahir, buatlah kolom yang agak lebar karena nantinya akan diisikan tulisan lumayan panjang. Mengenai format tanggal lahir sebenarnya bebas. Anda dapat menggunakan format tulisan seperti 14 Agustus 2016 atau format angka seperti 14-8-2016. Namun, kebanyakan lembaga menggunakan format kedua karena lebih jelas.

3. Alamat

Alamat yang dimaksud adalah tempat tinggal siswa sesuai KTP orang tua atau wali. Namun, beberapa sekolah juga kerap menerapkannya pada tempat tinggal saat ini. Jadi, apabila siswa tersebut tinggal di kos atau kontrakan, maka alamat kos tersebut yang nantinya akan dicantumkan.

4. Nama orang tua

Nama orang tua juga sangat penting karena akan menjadi wali dan perlu dihubungi ketika ada kegiatan-kegiatan khusus. Sebagai contoh, apabila anak terlibat kasus atau membutuhkan izin orang tua, maka nama ini akan menjadi acuan. Nama orang tua nantinya juga akan dipakai untuk melakukan cross check data diri.

5. Asal sekolah

Siswa yang mendaftar tentu saja berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kolom ini sangat penting untuk dibuat. 

6. Keterangan tambahan

Sebenarnya lima data di atas adalah yang paling pokok untuk kasus penerimaan siswa baru. Akan tetapi, di sistem terbaru biasanya terdapat keterangan tambahan seperti NIK, nomor KK, pekerjaan orang tua, nomor Ijazah, zonasi, afirmasi, dan prestasi. Silakan sesuaikan ini dengan kebijakan masing-masing sekolah.

Format Data Siswa baru Excel

Ketahui :

Cara Membuat Rekap Data Siswa Excel

Rekap data memiliki peran yang cukup penting sebagai fase validasi berbagai input yang dimasukkan. Untuk membuatnya, Anda tinggal menyesuaikan dengan format data yang sudah dibahas di bagian sebelumnya. 

Perbedaannya, jika di bagian sebelumnya adalah untuk penerimaan siswa baru, maka rekap data siswa ini bersifat lebih umum. Artinya, unsur-unsur data bisa berbeda sesuai kebutuhan. Rekap data siswa tahunan tentu tidak membutuhkan keterangan asal sekolah atau zonasi karena tidak relevan. Agar lebih jelas, Anda bisa download format data siswa lengkap yang tersedia di sini.

Rekap Data Siswa Excel


Contoh Format Data Siswa Tiap Kelas

Format data siswa tiap kelas biasanya hanya berisikan nomor, nomor induk siswa, nama siswa, dan jenis kelamin saja. Jadi, tidak akan ada kesulitan berarti saat membuatnya. Anda juga bisa melihat contoh supaya menjadi lebih jelas.


Contoh Format Data Siswa Tiap Kelas



Contoh Format Data Siswa Tiap Kelas



Contoh Format Data Siswa Tiap Kelas


Download Format Papan Data Sekolah Excel

Satu lagi data yang cukup penting di sebuah sekolah, yakni papan data. Pada umumnya, papan data berisikan rangkuman data terkait siswa di sekolah tersebut. Selain itu, beberapa papan data juga menampilkan struktur organisasi sekolah. Untuk contohnya bisa Anda lihat di sini.

Format Papan Data Sekolah Excel


Ketahui :

Jadi, itulah tadi sedikit pembahasan tentang format data siswa baru excel yang bisa langsung Anda terapkan. Pada dasarnya, membuatnya tidak terlalu sulit, namun hanya membutuhkan sedikit ketelitian saja.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk " Download Format Rekap Data Siswa Baru Excel Tiap Kelas Lengkap"