Contoh Flowchart Alur Pendaftaran Online Siswa Baru SMK


Flow chart merupakan sebuah diagram yang digunakan untuk memberikan gambaran tentang suatu alur pendaftaran dan alur kegiatan. Salah satu fungsinya ialah untuk membuat pendaftaran siswa baru di tiap-tiap sekolah. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar contoh flowchart pendaftaran siswa  SMK baru dan bagaimana cara membuatnya, silakan simak terus artikel berikut ini.

contoh flowchart pendaftaran siswa baru smk

Dibandingkan dengan diagram sederhana, flowchart tentu mampu memberi gambaran secara lebih ringkas dan lebih detail terhadap suatu alur aktivitas yang terjadi secara kompleks. Umumnya flowchart terdiri atas simbol-simbol seperti kotak, lingkaran, dan juga anak panah untuk menunjukkan proses keterakaitan antara satu alur dengan alur lainnya.

Simbol-Simbol yang Terdapat dalam Flow Chart

Agar kalian bisa membuat flowchart pendaftaran online dengan baik, silakan pahami simbol-simbol yang terdapat dalam flow chart berikut ini:

contoh flowchart pendaftaran siswa baru smk



Keterangan:
  • Flow: merupakan arah alur yang digunakan untuk menunjukkan keterkaitan antara satu prosedur dengan prosedur lainnya atau satu konsep aktivitas dengan konsep aktivitas lainnya.
  • Terminator: salah satu simbol flowchart yang berbentuk kotak namun sisi-sisinya membulat atau “round”. Digunakan untuk mengisi data yang berkaitan dengan prosedur atau langkah-langkah suatu aktivitas. Umumnya, flowchart pendaftaran siswa baru SMK menggunakan simbol ini.
  • Process: simbol flow chart yang berbentuk kotak sempurna tanpa adanya “round” di masing-masing sisinya. Simbol ini biasanya dipakai untuk menunjukkan data operasional  yang berkaitan dan juga prosedur aktivitas secara keseluruhan yang tidak meliputi flowchart awal dan akhir. 
  • Document: simbol yang menunjukkan laporan atau print out dokumen yang merujuk kepada suatu aktivitas yang berhubungan langsung dengan alur flow chart. Dalam flow chart, jarang sekali ditemui adanya simbol semacam ini karena penggunaanya yang memang minim.
  • Decision: decision yang berarti keputusan merupakan simbol yang menunjukkan suatu keputusan dari hasil flow chart secara keseluruhan. Misalnya dalam kaitannya dengan alur pendaftaran siswa baru, maka decison ini berkaitan erat dengan keputusan pihak sekolah tentang pengumuman diterima atau tidak.
  • Data: merupakan simbol yang berisi informasi output dan input suatu data yang berhubungan langsung dengan feedback dari pelanggan. Misalnya proses mengambil formulir, pengisian formulir, dan pengumpulan formulir yang mana hal tersebut berhubungan langsung dengan aktivitas pelanggan.

Contoh Flowchart Pendaftaran Siswa Baru SMK

Ini dia beberapa contoh flowchart pendaftaran siswa baru SMK yang bisa kalian sesuaikan sendiri sistem pendaftarannya dengan sistem pendaftaran milik SMK kalian masing-masing.


1. Contoh Flowchart Pendaftaran Siswa Baru SMK yang Baik dan Benar

Alur PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) untuk SMK yang lengkap dan mengacu pada simbol-simbol flowchart seperti yang kami jelaskan di atas.

contoh flowchart pendaftaran siswa baru smk


2. Contoh Flowchart Pendaftaran Siswa Baru SMK yang Simpel

Salah satu flowchart yang begitu simpel karena dibuat satu kolom memanjang ke bawah. Biasanya dipakai sebagai gambaran dasar terkait sitem pendaftaran sekolah sebelum dibuat rancangan yang lebih kompleks.

contoh flowchart pendaftaran siswa baru smk


3. Contoh Flowchart Pendaftaran Siswa Baru SMK yang Lengkap

Untuk membuat flowchart pendaftaran siswa baru SMK yang lengkap dan detail, kalian bisa mengikuti contoh flowchart di bawah ini.

flowchart pendaftaran online

Baca Juga: Penulisan Label Undangan Yang Benar alert-info

4. Contoh Flowchart Pendaftaran Siswa Baru SMK yang Sederhana

Berikut ini contoh flowchart pendaftaran yang sederhana karena hanya menampilkan urutan langkah-langkah pendaftaran tanpa memperhatikan simbol-simbol flowchart sesuatu kaidah pembuatan flow chart.

alur pendaftaran siswa baru


Nah itu dia berbagai macam contoh flowchart pendaftaran siswa baru SMK yang bisa kalian contoh. Silakan sesuaikan sendiri bagan, isi data, dan warnanya sesuai dengan keinginan kalian masing-masing. Semoga bermanfaat!
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post