Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Cara Membuat Label Kode Barang Inventaris Sekolah, Download Format Excelnya!

Label kode barang inventaris merupakan hal yang penting bagi sebuah institusi termasuk sekolah. Hal ini dikarenakan label inventaris barang memudahkan staf sekolah dalam proses perekapan barang apa saja yang ada di sekolah serta bagaimana kondisinya. Sehingga, semua barang sekolah dapat tercatat dengan baik. Kode barang inventaris sekolah 2022 dapat dibuat dengan beberapa cara. 

label kode barang inventaris

Salah satu cara membuat label inventaris barang sekolah adalah dengan menggunakan kode inventaris barang sekolah excel dan mail merge. Cara ini mudah dilakukan dan dapat menghemat banyak waktu saat proses inventaris berlangsung. 

Membuat Kode Inventaris Barang Sekolah Excel dengan Mail Merge

Label inventaris barang dapat dibuat dengan menggunakan perpaduan Microsoft Excel dan Fungsi Mail Merge yang ada pada Microsoft Word. Berikut ini panduan untuk membuat beberapa label inventaris yang bisa digunakan di sekolah. 

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat desain label dengan menggunakan Microsoft Word. Desain label ini yang akan digunakan sebagai label inventaris. Beberapa informasi yang tertera pada desain label adalah logo sekolah, nama sekolah, nama barang, kode barang, dan sumber pengadaan barang. Berikut ini salah satu contoh desain label tersebut.  

Cara Membuat Label Kode Barang Inventaris Sekolah, Download Format Excelnya!

2. Setelah itu, pengguna bisa membuat file di Microsoft Excel yang berisi daftar tentang informasi dari masing - masing barang tersebut. Hal ini dikarenakan akan lebih mudah untuk mengimport data inventaris dari Microsoft Excel. Berikut ini salah satu contoh file Microsoft Excel yang bisa digunakan. 

label kode barang inventaris

3. Setelah itu, masuk ke dalam Microsoft Word kembali. Kemudian klik pada bagian kode barang. Berikut ini salah satu contoh gambarnya. 

kode barang inventaris sekolah 2022

4. Selanjutnya, pilih menu Mailings yang ada pada ribbon tab. Kemudian pilih menu Start Mail Merge

5. Kemudian, pengguna bisa memilih Select Recipients. Pilih menu Use an Existing List

6. Pilih file Excel dari kode inventaris yang sebelumnya telah dibuat. Maka, nanti akan muncul kotak dialog seperti berikut. 

cara membuat label inventaris barang sekolah

7. Pilih sheet yang berisi data inventaris dan centangi menu bagian bawah dari kotak dialog. Kemudian tekan tombol OK

8. Kemudian, pilih menu Insert Mail Merge dan masukkan satu per satu data yang sudah dibuat. Berikut ini salah satu contoh gambarnya. 

cara membuat label inventaris barang sekolah

9. Langkah selanjutnya adalah melihat hasil dari label inventaris yang sudah dibuat. Caranya adalah dengan klik ikon Preview Results. Maka, hasil dari label inventaris akan keluar. Berikut ini gambar letak dari ikon Preview Results

 

label kode barang inventaris

10. Kemudian, pengguna bisa mengatur jenis dan ukuran font yang digunakan pada label serta merapikan tata letak dari label inventaris tersebut. 

11. Setelah semua label terisi dengan data, pengguna bisa mencetak label tersebut dan menempelkannya di berbagai macam barang inventaris di sekolah. 

Download Format Label Kode Barang Inventaris Excel

Untuk format label kode barang Excel seperti dibawah ini, silahkan download pada link yang sudah kami sediakan.

label kode barang inventaris Excel


Baca Juga:

Manfaat Membuat Kode Barang Inventaris Sekolah 2022

Kode barang inventaris sekolah 2022 memberikan banyak manfaat bagi sekolah. Salah satunya adalah untuk kelengkapan administrasi bagi sekolah. Sehingga, laporan pertanggungjawaban dan audit sekolah akan lebih akurat. 

Selain itu, proses inventaris barang dengan label juga memudahkan sekolah untuk mengetahui fasilitas apa saja yang ada di sekolah. Sehingga, pihak sekolah bisa memaksimalkan pembelajaran dengan menggunakan barang inventaris sekolah. Manfaat lainnya adalah untuk menghindari pembelanjaan barang yang tidak perlu. Hal ini untuk mengurangi terbengkalainya barang inventaris dan pemborosan anggaran sekolah. Oleh karena itu, proses inventaris barang menjadi salah satu proses yang sangat penting. 

Mufidha
Mufidha Calon manusia sukses tidak akan pernah mengeluh, tapi akan sibuk memperbaiki diri dari kesalahan yang pernah dibuatnya

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Label Kode Barang Inventaris Sekolah, Download Format Excelnya!"