Download Contoh Nota Belanja Toko kelontong (Sembako) Doc Word


Contoh nota toko kelontong ada banyak di internet dan bisa kita contoh untuk kita cetak sendiri di printer dirumah. Untuk nota toko dalam format Word kami berikan dan bisa Anda cetak dengan mesin printer Anda sendiri dirumah.

nota toko kelontong

Nota belanja sembako dibutuhkan sebagai barang bukti adanya jual beli atau transaksi antara penjual dan pembeli. Terlebih jika pembelian belanja di toko kelontong dalam jumlah yang tidak sedikit. Maka peran dari nota ini akan sangat membantu.

Contoh nota toko kelontong

Nota merupakan catatan dan bukti transaksi yang penting sehingga penjual dan pembeli akan saling percaya dan memiliki bukti yang bisa dipertanggung jawabkan. 

contoh nota toko kelontong

Nota ini sudah bukan barang yang asing lagi dikalangan masyarakat umum. Bagi penjual sendiri, nota bisa menjadi catatan untuk dimasukkan dalam pembukuan keuangan toko mereka sehingga menjadi catatan keuangan yang teratur.

Nota toko kelontong ini akan memudah penghitungan pemasukan dan pengeluan. Karena setiap pembelian akan menyertakan catatan tersendiri bagi penjual.

Berikut ini adalah contoh nota kosong untuk toko kelontong dan bisa dipakai toko lainnya.

contoh nota toko kelontong

nota belanja sembako 2021


Tips Sukses Membuka Usaha Warung Klontong

Banyak orang mencari penghasilan tambahan di masa ekonomi yang tidak menentu seperti yang kita alami sekarang. Selain untuk meningkatkan pendapatan, langkah ini dilakukan sebagai tindakan preventif jika terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK). Tak heran jika banyak orang yang sudah berjualan makanan, minuman, atau hanya sekedar menjadi reseller di marketplace.

Membuka bisnis makanan tidak membutuhkan investasi awal yang besar. Dengan perhitungan yang tepat, Anda bisa memulai dengan modal kecil.

1. Analisis kebutuhan pasar

Langkah pertama adalah melakukan riset pasar. Daripada hanya mengobrol tentang tetangga Anda, lebih baik jika Anda menanyakan produk apa yang dibutuhkan tetangga Anda secara teratur.

Baca Dulu: Contoh Stempel Bengkel Las alert-info

Biasanya yang muncul adalah yang cepat habis dan dibutuhkan secara konstan (fast moving), seperti sabun, sampo, pasta gigi, dan air mineral berliter-liter.

Langkah ini juga diperlukan untuk memastikan bahwa barang yang ditawarkan dalam bisnis memiliki pasar dan Anda tidak lagi dipaksa untuk berspekulasi.

2. Hitung modal yang dibutuhkan

Setelah menentukan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat, penentuan modal awal dapat disederhanakan. Karena prediksi profit sudah bisa diterima, cash awal ini bisa digunakan untuk membeli barang fast moving.

Keuntungan dari uang tunai awal ini dapat digunakan untuk membuat toko kelontong yang menjual berbagai komoditas. Seiring dengan barang dagangan, Anda harus menganggarkan peralatan toko seperti meja, jendela, kursi, dan kalkulator. Jangan lupa untuk memperhitungkan pengeluaran tak terduga seperti kerusakan toko atau pajak lingkungan.

Baca Juga: Contoh Nota Konter Pembelian Pulsa Hp alert-info

3. Sikap strategis

Menentukan lokasi toko kelontong Anda mungkin juga penting untuk keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat menentukan lokasi toko, termasuk target pasar, harga sewa, dan lokasi persaingan.

Tidak ada salahnya membangun warung makan di lingkungan Anda jika memang memungkinkan. Selain menghemat uang untuk biaya sewa, Anda mungkin memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang lingkungan dan kebutuhan masyarakat sekitar. Ingatlah bahwa selama epidemi ini, individu lebih suka membeli lebih dekat ke rumah.

4. Penyediaan gudang

Untuk memastikan kualitasnya terjamin dan tidak mudah rusak, Anda harus membuat tempat penyimpanan barang sebagai gudang. Selain meminimalkan kerusakan, gudang juga dituntut untuk menjaga stok barang agar selalu dapat diakses saat konsumen menginginkannya. Selain itu, lakukan perawatan berkala pada gudang minimal seminggu sekali untuk menghilangkan debu dan hama seperti kutu.

Baca Dulu: Contoh Nota Travel alert-info

5. Menemukan distributor produk yang sesuai

Keuntungan dari bisnis makanan adalah perbedaan harga antara komoditas yang dibeli dan dijual kembali kepada konsumen. Lakukan penelitian dan survei pada daftar grosir grosir ini untuk melihat mana yang memberikan nilai terbaik dan produk berkualitas tinggi. Selain itu, temukan distributor yang mudah dikomunikasikan untuk memastikan bahwa perusahaan Anda terus bekerja secara efektif di masa mendatang. Jika Anda menemukan yang cocok, ajukan permohonan menjadi agen distributor untuk mendapatkan keuntungan lebih lanjut.

6. Berikan diskon dan layanan tambahan kepada klien

Pelanggan pasti akan senang ketika Anda memberi mereka insentif dan layanan tambahan. Mulailah dengan promosi harga berdasarkan harga paket. Misalnya, jika Anda membuat paket kebutuhan mandi Anda sendiri, biayanya mungkin lebih murah daripada membeli setiap item secara terpisah.

Anda dapat memberikan layanan pengiriman ke rumah konsumen sebagai layanan. Layanan ini sering tersedia untuk produk seperti liter air mineral atau LPG untuk memasak.

Cari Tahu:

Demikian pembahasan tentang contoh nota toko kelontong atau nota belanja yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post