Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Format Daftar Inventaris Barang Sekolah SMA / SMK Excel

Membuat inventaris untuk sekolah sendiri sudah bisa dilakukan dengan mudah berkat adanya format inventaris barang sekolah excel. Penggunaan software inilah akan memberikan Anda kemudahan tanpa perlu melakukan pencatatan secara manual. 

Format Inventaris Barang Sekolah Excel

Baca Dulu : Cara Membuat Kode Barang Inventaris alert-info

Pentingnya Format Inventaris Barang Sekolah Excel 

Kehadiran dari buku inventaris ini sendiri memang terlihat cukup sepele buat sebagian besar orang. Tetapi kehadirannya mempunyai fungsi cukup penting agar setiap data inventaris dapat dengan baik sekaligus bisa dipelihara lebih optimal. 

Adapun secara singkat pengertian dari inventaris adalah sebuah catatan dimana nantinya akan berisi daftar peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh suatu institusi ataupun lembaga. Didalamnya itulah akan berisi informasi lengkap termasuk dengan kondisi benda dan peralatan bersangkutan. 

Keberadaannya memang mempunyai peran cukup penting termasuk untuk instansi pendidikan. Sebab secara tidak langsung dapat memberikan manfaat berupa memberikan kemudahan dalam pengendalian asset. 

Kehadiran format inventaris barang sekolah SMK, SMA, SMP dan tingkat Pendidikan lain memang menjadi bagian yang cukup penting. Terlebih lagi pemeliharaan fasilitas dan benda di tempat belajar juga sudah menjadi kewajiban tersendiri bagi seorang kepala sekolah. 

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan apabila ingin membuat buku inventaris satu ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Silahkan buka lembar kerja baru didalam Excel 

Beri nomor urut sesuai dengan pembukuan serta bukti penyerahan barang 

Berikan tanggal pencatatan data 

Berikan penggolongan kode untuk memberikan kemudahan 

Jangan lupa untuk isi istilah Bahasa Indonesia yang sudah baku. 

Masukkan jenis, nomor, mereka serta ukuran benda tersebut. 

Download Format Buku Inventaris 

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran contoh format pembukuan inipun banyak dicari oleh sebagian besar orang. Mengingat perannya memang sangat penting buat ruang lingkup Pendidikan. Jangan khawatir karena Anda bisa download inventaris excel sebagai contohnya dengan mudah berikut ini:

Pastikan perangkat terhubung dengan jaringan internet yang memadai 

Silahkan masuk ke dalam browser dan carilah contoh format sekolah secara online 

Jika kesulitan langsung klik disini

Disanalah Anda bisa langsung mendownload format ke perangkat. 

Dengan menggunakan format itulah, Anda hanya perlu memasukkan nama barang dan jenisnya sesuai dengan tempat yang sudah disediakan. Ini tentu akan memberikan kemudahan bagi pengguna karena tidak perlu melakukannya secara manual. 

Download Format Buku Inventaris


Format Buku Inventaris


Download Contoh Format Buku Inventaris

Baca Juga :

Contoh Daftar Inventaris Barang Di Sekolah 

Sudah tahu bukan bahwa daftar inventaris barang sekolah memang terdiri dari beberapa jenis. Kendati demikian, tidak sedikit orang belum memahami apa sajakah jenis-jenis benda bersangkutan tersebut. Oleh karena itulah, Anda dapat memperhatikan penjelasan berikut.

1. Papan Tulis 

Kehadiran dari alat satu ini dapat menunjang kegiatan guru selama proses belajar mengajar. Peralatan inilah akan terdiri dari papan tulis kayu, papan tulis elektronik hingga whiteboard. Papan tulis ini bahan material sekaligus asset dimana dimiliki oleh pihak sekolah. 

2. Papan Pengumuman

Jenis benda lainnya adalah keberadaan papan pengumuman satu ini. Nantinya dapat digunakan sebagai media buat memberikan pengumuman sekaligus sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai. Bahkan dapat digunakan buat menerangkan visi misi sekolah. 

3. Papan Absen 

Daftar barang lainnya yang wajib dimasukkan ke dalam buku adalah papan absen satu ini. Sesuai dengan namanya, keberadaannya dapat digunakan sebagai informasi mengenai kehadiran dari siswa. 

4. Lemari Kayu 

Tempat ini digunakan buat menyimpan barang mulai dari surat-surat, pemberkasan, buku, piala penghargaan dan masih banyak lagi. Beberapa barang yang wajib dimasukkan lainnya seperti meja tulis, rak sepatu, kursi, buku perpustakaan hingga buku pelajaran. 

Ketahui :

Kehadiran dari buku satu inipun sendiri mempunyai peran yang cukup penting sebagai pemeliharaan dari asset ataupun barang siswa. Pastikan mengetahui dahulu format inventaris barang sekolah excel sebagai contohnya.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk " Download Format Daftar Inventaris Barang Sekolah SMA / SMK Excel"