Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Sistematika Book Report Tugas Kuliah

Salah satu tugas mata kuliah yang membutuhkan penyusunan sesuai sistematikanya adalah membuat laporan buku. Terdapat contoh book report tugas kuliah yang dapat dijadikan referensi penulisan mengikuti bagian-bagian di dalamnya. Jenis karya ilmiah ini harus ditulis dengan mengkaji secara mendalam serta memberikan opini dengan baik.

Contoh Book Report Tugas Kuliah

Baca Juga : Laporan Praktikum Pembuatan Tape Ketan

Sistematika Penting dalam Contoh Book Report Tugas Kuliah

Laporan buku menjadi bentuk karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa untuk memenuhi suatu tugas tertentu. Dalam kegiatan ini, akan diminta melakukan analisa terhadap suatu buku serta pandangan atau pendapat mahasiswa tentang buku tersebut. Untuk sistematika penulisan book repor harus mengikuti bagian-bagian penting seperti berikut.

1. Bab 1 Pendahuluan

Mereview sebuah buku diawali dengan membuat Bab 1 berisi Pendahuluan. Urutan ini berdasarkan Crasswell (2005:117). Pada bagian awal tersebut dikemukakan beberapa bagian mulai dari identifikasi buku/bab, penulis, judul, tahun, serta informasi penting lainnya.

Bab 1 Pendahuluan


2. Bab 2 Ringkasan

Bagian Bab 2 menuju uraian dengan bentuk singkat yang ditulis dengan memberikan argumen atau pendapat dari buku yang direview. Karena hanya ringkasan, maka bentuknya tidak terlalu panjang dan banyak, biasanya hanya beberapa paragraf saja.

Bab 2 Ringkasan


3. Bab 3 Pembahasan 

Masuk ke Pembahasan, pada book report example, Anda akan menemukan bagian Bab 3 yang berisi inti yaitu analisis secara kritis dan mendalam tentang buku tersebut. Untuk mendukung pendapat/opini, mahasiswa dapat menambahkan dukungan teori atau fakta dari penulis lain yang bersumber dari buku, artikel, jurnal, dan lainnya.

Bab 3 Pembahasan


4. Bab Penutup

Bagian terakhir adalah Penutup dimana mempunyai isi berupa Kesimpulan dan Saran. Dalam jenis karya ilmiah satu ini, kontribusi penulis tentang apa yang sudah didapat dari buku harus disampaikan dengan mengacu pada topik secara keseluruhan. 

Bab Penutup

Artikel Lainnya :

Kriteria Menulis Book Report

Sebelum melihat bagaimana contoh penulisan Laporan Buku, maka Anda bisa melihat terlebih dahulu apa saja kriteria dari kegiatan menulis satu ini. Ada beberapa tujuan menulis Book Report seperti di bawah ini.

1. Aktual

Kriteria pertama adalah aktual. Maksudnya adalah merupakan terbitan paling baru dimana kurang lebih terbit sekitar lima tahun terakhir. 

2. Berkualitas

Isi dari buku yang dipilih harus berkualitas atau berbobot dimana mempunyai topik bermanfaat sesuai bidang yang mahasiswa geluti. Dengan demikian, dapat menjadi solusi pemecahan suatu masalah.

3. Menjadi Acuan untuk Kajian di Masa Mendatang

Buku berkualitas akan dapat dijadikan referensi atau sumber untuk penelitian maupun kajian di masa depan. 

Tahapan Penulisan Book Report Tugas Kuliah

Bagi Anda yang sedang mencari contoh book report tentang pendidikan, maka bisa mencari di internet dengan menjadikannya sebagai referensi. Atau anda bisa melihat contoh disini . Setelah itu, agar hasilnya maksimal, ikuti tips tahapan penulisan Laporan Buku untuk tugas kuliah sebagai berikut.

1. Mengenali Membaca Buku

Tahapan awal adalah dengan mengenali buku dimana dapat dilakukan mulai dari membaca identitas, synopsis, dan biografi penulis. Setelah itu, lanjutkan dengan membaca buku secara keseluruhan.

2. Cari Apa yang Disukai

Setelah membaca, temukan kira-kira apa yang menjadi hal paling Anda sukai. Ini akan memudahkan dalam menuliskan poin-poin penting di pembahasan.

3. Berikan Penilaian

Berikan penilaian Anda tentang buku tersebut. Perlu diingat, dalam hal ini bersifat subjektif atau pendapat.

4. Buat Kesimpulan

Tahapan terakhir adalah membuat kesimpulan yang padat dan jelas. Pada setiap bagian, biasanya terdapat ketentuan jumlah kata sehingga harus memperhatikannya.

Ketahui :

  • Contoh Laporan Keuangan Koperasi Sekolah Sederhana
  • Contoh Narasi Laporan Perkembangan Anak TK Semester 1
  • Contoh laporan Kegiatan OSIS
  • Itu dia informasi tentang cara penulisan pada contoh book report tugas kuliah. Setiap kampus mempunyai ketentuan berbeda, sehingga harus memperhatikan hal tersebut.

    Dona
    Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

    Posting Komentar untuk "Contoh Sistematika Book Report Tugas Kuliah"