Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Laporan Tujuan, Langkah & Kesimpulan Praktikum Pembuatan Tape Ketan

Pembuatan laporan praktikum pembuatan tape ketan tidak boleh sembarangan. Karena termasuk karya atau penelitian ilmiah, ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, sebagai referensi pada kali ini akan diberikan panduan serta contoh agar Anda bisa membuat laporan dengan baik dan benar. Jadi, silakan simak panduan berikut dengan saksama agar tidak mengalami masalah nantinya.

Laporan Praktikum Pembuatan Tape Ketan

Baca Dulu : Contoh Laporan Pembuatan Produk

Struktur Laporan Praktikum Pembuatan Tape Ketan

Sebelum membahas tentang contoh, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai bagaimana struktur laporan praktikum sehingga nantinya akan lebih mudah dalam pembuatan. Meskipun biasanya struktur tergantung dari ketentuan sekolah atau pengajar, namun struktur ini bisa dijadikan gambaran besar.

1. Kata pengantar

Kata pengantar berisi ucapan-ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan praktikum yang dilakukan. Biasanya bagian ini diisi terima kasih kepada pembimbing, rekan satu kelompok, orang tua, dan lain-lain. Dalam hal laporan praktikum tape ketan, mungkin pihak lain seperti penyedia bahan-bahan juga harus disampaikan.

Kata Pengantar


2. Latar belakang

Latar belakang biasanya berisikan pengetahuan dasar dari apa yang ingin dijadikan objek praktikum. Anda bisa menyebutkan minat masyarakat terhadap tape ketan, istilah-istilah dalam ilmu sains, atau deskripsi elemen-elemen yang terkait di dalamnya seperti jamur, fermentasi, dan sebagainya.

Latar belakang


3. Apa tujuan percobaan pembuatan tape?

Biasanya tujuan dituliskan dalam bentuk poin-poin. Sebagai contoh, di bagian ini Anda bisa menuliskan tujuannya untuk mendeskripsikan proses pembuatan tape ataupun tujuan fermentasi yang dilakukan di dalamnya. Tuliskan minimal dua atau tiga tujuan percobaan agar tidak terlalu banyak memakan waktu.

Apa tujuan percobaan pembuatan tape?

Artikel Terkait :

4. Landasan teori

Memasuki bagian ini, Anda perlu lebih fokus karena data-data teoretis sangat diperlukan. Anda harus menjelaskan beberapa istilah yang terkait di dalamnya seperti bioteknologi, fermentasi, kandungan di dalam bahan-bahan, senyawa yang akan muncul, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan kelebihan serta kekurangan dari tape ketan.

Seperti kita ketahui, tape ketan memang memiliki manfaat tersendiri karena mengandung vitamin B1. Vitamin B1 sangat baik untuk sistem pencernaan, sel otot, dan sistem saraf tubuh kita. Akan tetapi, konsumsi yang berlebihan dari tape ketan juga tidak baik karena justru akan membuat sistem pencernaan terganggu.

Karena bersifat teoretis, dalam membuat landasan teori Anda harus memiliki referensi formal seperti dari buku, kumpulan jurnal penelitian, dan sebagainya. Apabila ingin memberikan penjelasan khusus, Anda dapat menambahkan catatan kaki di bagian bawah. 

Landasan teori


5. Langkah percobaan membuat tape ketan

Sesuai namanya, di bagian ini Anda harus menjelaskan seluruh rangkaian praktikum mulai dari alat dan bahan yang dibutuhkan, metode praktikum, langkah-langkah percobaan, serta hasil percobaan. Agar lebih mudah dipelajari, tuliskan semuanya dalam bentuk poin-poin atau bullet list. 

Untuk penulisan langkah percobaan, gunakan format angka berurutan dan jelaskan aktivitas secara detail. Berikan keterangan sejelas mungkin seperti takaran yang digunakan, durasi percobaan, atau yang lainnya.

Langkah percobaan membuat tape ketan


6. Kesimpulan pembuatan tape ketan

Kesimpulan biasanya menjadi satu bagian dengan penutup bersama dengan saran. Kesimpulan berisikan hasil yang didapatkan dari praktikum atau percobaan yang sudah dilakukan. Bagian ini harus benar-benar menjawab bagian tujuan penelitian. Apabila tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembuatan tape ketan, maka tuliskan hal tersebut di bagian kesimpulan.

Sementara itu, untuk saran berisikan permintaan maaf apabila hasil dari penelitian belum menjawab seluruh pertanyaan. Di samping itu, saran juga bisa berupa kegiatan apa saja yang dapat membantu menyempurnakan percobaan tersebut. Dengan demikian, pelaku praktikum berikutnya bisa mengisi hal tersebut.

Kesimpulan pembuatan tape ketan

Contoh Laporan Pembuatan Tape Ketan Hitam

Agar lebih jelas dalam pembuatannya, Anda bisa melihat beberapa contoh yang sudah diberikan, mulai dari pembuatan tape ketan biasa atau ketan hitam. Untuk eksperimen yang sama, Anda bisa memperhatikan bahan serta langkah yang dilakukan saat praktikum sebagai sumber referensi. Atau anda bisa  download link disini . Akan tetapi, biasanya hal tersebut sudah diberikan oleh pembimbing sebelum praktikum dilakukan.

Ketahui :

Itulah tadi penjelasan tentang cara membuat dan contoh laporan praktikum pembuatan tape ketan. Setelah memahami itu semua, Anda akan jauh lebih siap ketika akan melakukan percobaan serupa. Namun, tentu saja Anda juga perlu mencari referensi lainnya.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Laporan Tujuan, Langkah & Kesimpulan Praktikum Pembuatan Tape Ketan"