Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Gratis Contoh Format Job Description Karyawan Excel

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai fungsi, cara pembuatan, dan contoh format job description karyawan Excel. Sebenarnya job description juga bisa dibuat menggunakan Microsoft Word, tergantung kebutuhan masing-masing. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak seluruh penjelasan berikut.

Contoh Format Job Description Karyawan Excel


Baca Juga : Contoh Format Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar Sekolah

Pengertian Job Description

Job description merupakan daftar pekerjaan, tugas, atau aktivitas yang harus dilakukan oleh jabatan tertentu dalam perusahaan. Biasanya daftar tersebut bersifat sangat detail dan wajib diikuti sesuai dengan SOP perusahaan tersebut. Oleh karena itu, pembuatan job description tidak boleh dilakukan sembarangan, melainkan harus dipikirkan matang-matang terlebih dahulu.

Fungsi Job Description

Pembuatan deskripsi pekerjaan ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa fungsi dan manfaat yang cukup penting, baik dari segi perusahaan, karyawan, maupun calon karyawan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Menjadi standar perusahaan

Meskipun posisi jabatannya sama, namun terkadang kebijakan atau deskripsi pekerjaan setiap perusahaan akan berbeda-beda. Oleh karena itu, job desc ini akan membantu membuat standar pada sebuah perusahaan.

2. Memudahkan karyawan

Karyawan akan lebih maksimal bekerja ketika mendapatkan job description yang jelas. Artinya, mereka tidak akan mengerjakan apa yang tidak menjadi jatah pekerjaannya sehingga akan menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, job desc juga bisa menjadi acuan apabila karyawan merasa tidak nyaman karena mendapatkan tugas di luar tanggung jawabnya.

3. Membantu mendapatkan karyawan yang tepat

Ketika perusahaan sudah memiliki job desc yang jelas, maka proses perekrutan karyawan akan jauh lebih mudah. Pihak HRD atau perekrut hanya perlu mencocokkan apakah kandidat tersebut bisa menjalankan tugas yang akan diemban secara baik. Dari sudut pandang pelamar pun hal ini juga sangat membantu agar mendapat kejelasan apa saja tanggung jawab setelah diterima nanti.

Cara Membuat Job Desc dengan Benar

Pembuatan job desc tidak bisa dilakukan asal-asalan. Anda harus memperhatikan faktor-faktor berikut ini.

1. Tulis pekerjaan dengan jelas

Tuliskan seluruh tugas dan tanggung jawab secara detail dan jelas. Jangan sampai terdapat kalimat ambigu yang akan menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti perselisihan antara karyawan dan pemimpin perusahaan.

2. Sertakan kualifikasi yang dibutuhkan

Untuk keperluan pembuatan lowongan pekerjaan, ketika membuat job desc akan lebih baik jika menyertakan kualifikasi yang dibutuhkan. Hal ini akan membuat seleksi menjadi lebih efektif. Pelamar pun akan mempertimbangkan terlebih dahulu. Apabila tidak memiliki kualifikasi tersebut, maka mereka bisa mencari lowongan lainnya tanpa membuang waktu dan tenaga untuk memaksa melamar.

Baca Juga :

Contoh-Contoh Job Description

Agar lebih mudah dalam memahami serta membuatnya, Anda bisa memperhatikan contoh berikut. Silakan sesuaikan dengan kondisi perusahaan atau organisasi masing-masing.

1. Contoh job description bagian marketing

Berikut ini adalah contoh job desc di bagian marketing.

Mencari prospek baru

Bertanggung jawab atas seluruh penjualan di wilayahnya

Memastikan produk sudah didistribusikan dengan baik

Mengoperasikan Facebook Ads dan Google Ads

Memberikan laporan penjualan harian

Melakukan evaluasi bulanan atau hasil penjualan

2. Contoh job description kepala gudang

Untuk contoh job desc di bagian kepala gudang, silakan perhatikan contoh berikut.

Memeriksa barang apakah sudah sesuai SOP

Melakukan pengawasan atas seluruh barang di gudang

Membuat rencana pengantaran dan pengadaan barang

Melakukan laporan transaksi harian

Mengawasi staf gudang 

Memimpin seluruh staf di gudang

Contoh Format Job Description Karyawan

Jika masih kebingungan dalam membuatnya, Anda bisa melihat contoh yang diberikan di sini. Silakan sesuaikan apakah ingin menggunakan Microsoft Word ataupun Excel. Semua tetap bisa digunakan untuk membuatnya.

Contoh Format Job Description Karyawan

Contoh Format Job Description Karyawan


Format Job Description Karyawan


Contoh Format Job Description Marketing


Format Job Description Karyawan

Ketahui :

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai fungsi, cara membuat, serta contoh format job description karyawan excel. Sekali lagi, setiap perusahaan memiliki aturan tersendiri dalam pembuatan job desc sehingga masih perlu disesuaikan lagi.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Download Gratis Contoh Format Job Description Karyawan Excel"