Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Contoh Format Buku Agenda Surat Masuk & Keluar Sekolah

Banyak orang mencari contoh format buku agenda surat masuk dan keluar sekolah karena dirasa cukup sulit apabila memulai benar-benar dari awal. Jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan khawatir karena semua itu akan dibahas pada kali ini. Silakan simak penjelasan dan contoh yang diberikan.

Contoh Format Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar Sekolah

Baca Dulu : Format Buku Agenda Kembar alert-info

Tentang Buku Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar

Membuat buku agenda untuk sekolah memang sangat penting, terutama dalam aktivitas keluar masuknya surat. Sebenarnya tidak hanya sekolah saja, berbagai organisasi dan perusahaan juga membutuhkan buku tersebut apabila aktivitas surat-menyurat cukup banyak. 

Dengan adanya buku agenda, Anda bisa lebih mudah mengidentifikasi dan menyortir surat dalam periode waktu tertentu. Mengenai pengertian, surat masuk merupakan surat yang dikirim oleh instansi lain atau instansi yang sama di bagian lain. Sementara itu, surat keluar adalah surat yang buat oleh instansi untuk dikirim ke instansi lain. 

Fungsi Buku Agenda Surat Masuk dan keluar

Dalam pembuatan buku agenda ini melibatkan aktivitas surat masuk dan keluar. Setiap jenis surat tersebut memiliki fungsi masing-masing. Hal ini cukup penting, terlebih lagi apabila Anda memang bekerja di bidang tersebut. Lalu, apa saja fungsi dari masing-masing surat?

Surat masuk memiliki berbagai macam fungsi. Beberapa fungsi tersebut antara lain sebagai bukti tertulis, alat pengingat, pedoman pelaksanaan kerja, bukti historis, wakil dari penulis, dan juga sebagai alat komunikasi antar instansi. Sementara itu, surat keluar juga memiliki fungsi yang sama, hanya berbeda dari sudut pandangnya saja.

Pencatatan surat masuk dan keluar ini memang sangat penting dan memiliki beberapa manfaat. Manfaat tersebut antara lain surat akan tercatat secara rapi, prosedur penanganan surat menjadi jelas, memudahkan pencarian surat ketika diperlukan, dan menjaga kerahasiaan pada jenis surat khusus.

Format Agenda Surat Keluar

Format Agenda Surat Masuk


Pengelolaan Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar

Sebelum membahas mengenai contoh format, akan lebih baik jika Anda juga mengetahui bagaimana cara pengelolaan buku agenda surat sekolah yang baik. Hal tersebut bertujuan agar nantinya seluruh kegiatan pencatatan surat menyurat bisa lebih rapi. Berikut adalah tahapan penerimaan surat yang baik. 

1. Tahap penerimaan surat

Di tahap ini biasanya dilakukan oleh bagian front office seperti resepsionis ataupun satpam pada kasus tertentu. Bagian tersebut memang bertugas menerima surat baik yang dikirim melalui pos, kurir, ataupun bagian dari instansi pengirim. Tugas utama penerima surat adalah mengumpulkan surat masuk, mengecek ketepatan alamat, serta menandatangani bukti pengiriman surat.

2. Sortir

Tahap berikutnya adalah melakukan sortir. Penyortiran ini artinya memisahkan surat-surat yang masuk berdasarkan kategori atau kriteria tertentu seperti berdasar alamat, pengirim, kepentingan, dan lain-lain. Apabila surat untuk organisasi sekolah, maka akan lanjut ke tahap berikutnya. 

3. Mencatat surat

Surat yang sudah disortir kemudian dicatat pada buku agenda. Sebagai informasi, ada tiga jenis buku agenda yang sering digunakan, yakni buku agenda tunggal, berpasangan, dan kembar. Buku agenda tunggal biasanya hanya menggunakan satu buku di mana kolom surat masuk dan keluar sama. Namun, jenis ini jarang dipakai karena cukup rumit apabila jumlah surat terlalu banyak. 

Jenis berikutnya adalah buku agenda berpasangan. Pada dasarnya, jenis ini masih menggunakan satu buku. Akan tetapi, data surat masuk dan keluar sudah dipisahkan, yakni pada bagian kiri dan kanan. Terakhir, buku agenda kembar merupakan dua buku yang masing-masing berisi data surat masuk dan keluar sehingga lebih rapi.

Dari ketiga jenis tersebut, buku agenda kembar adalah yang paling sering dipakai. Hal tersebut dikarenakan penggunaan dua buku dinilai lebih efisien dan sangat cocok apabila terdapat banyak aktivitas surat keluar masuk pada organisasi sekolah.

Ketahui :

Download Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar

Agar lebih mudah memahami dan membuat, Anda bisa mendownload contoh buku agenda melalui link https://bit.ly/forbukuagenda. Di sana terdapat format buku agenda surat keluar dan masuk sehingga Anda cukup mencontek dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Download Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar

Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar


Download Buku Agenda Surat Masuk

Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar


Baca Juga :

Setelah menyimak pembahasan serta contoh format buku agenda surat masuk dan keluar di atas, kini Anda tidak akan lagi mengalami kesulitan. Mengetahui betapa krusial fungsinya, tentu saja mempelajari hal ini akan sangat bermanfaat untuk ke depannya.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Download Contoh Format Buku Agenda Surat Masuk & Keluar Sekolah"