Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Deskripsi Diri Dalam CV Fresh Graduate SMA Tanpa Pengalaman

Setelah lulus dari masa sekolah SMA, ada banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya mencari pekerjaan. Di tengah persaingan kerja yang tinggi, perlu mengetahui bagaimana cara membuat CV fresh graduate SMA yang baik dan benar agar dapat dilirik HRD.

CV Fresh Graduate SMA

Baca Juga : Contoh CV Admin Online Shop

Isi CV Fresh Graduate SMA

Sebagai lulusan Sekolah Menengah Akhir, memang wajar jika belum mempunyai pengalaman kerja banyak. Hal ini terkadang membuat para fresh graduate merasa kebingungan dan kesulitan membuat Curriculum Vitae. Anda bisa melihat isi contoh CV fresh graduate SMA tanpa pengalaman sebagai berikut.

1. Data Diri Ditulis dengan Jelas

Menjadi fresh graduate pasti membuat Anda masih meraba-raba tentang bagaimana cara membuat Curriculum Vitae untuk melamar kerja. Lalu apa saja isi CV fresh graduate SMA? Bagian pertama adalah menuliskan data diri dengan jelas.

Beberapa data pribadi untuk dicantumkan antara lain, nama lengkap, nomor hp, alamat email, akun Likedin (jika punya). Membuat akun Linkedin sangat disarankan agar memberikan kemudahan bagi HR untuk menghubungi Anda karena beberapa prestasi yang diberikan.

2. Mendeskripsikan Diri dengan Penuh Percaya Diri

Jangan ragu dan malu untuk menunjukkan siapa diri Anda. Buat bagian deskripsi ini menarik, tetapi juga mudah dibaca serta dipahami tanpa bertele-tele. Pada contoh CV fresh graduate sma, jika mempunyai ketertarikan pada suatu bidang dapat dijabarkan pada bagian ini.

Dalam informasi deskripsi diri, para pelamar juga dapat menambahkan beberapa pengalaman atau prestasi mereka terkait dengan pekerjaan yang dituju. Hal ini bisa memberikan gambaran umum bagi perekrut tentang Anda.

3. Tunjukkan Kemampuan/Skill

Menjadi lulusan SMA dengan pengalaman kerja minim bahkan belum ada sama sekali, maka untuk isi bagian kemampuan atau skill wajib diperhatikan. Tunjukkan kemampuan yang selama ini dikuasai di bangku sekolah berkaitan dengan akademik maupun non-akademik.

Ada juga pembagian skill menjadi dua, yaitu hard dan soft. Untuk hard skill dapat dilihat pada kemampuan seperti, menggambar, melukis, menguasai Microsoft, Coding, Pembukuan, dan lainnya. Sementara soft skill antara lain, berpikir kritis, mampu menjadi pemimpin dalam tim, pengambil keputusan baik, dan lainnya.

4. Isi Hobi dan Minat

Pada bagian CV fresh graduate SMA tanpa pengalaman selanjutnya adalah hobi atau minat pada bidang tertentu dimana harus sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Karena belum punyai pengalaman kerja, tentu bagian ini akan diperhatikan rekruter. Anda bisa mendownload contoh CV fresh graduate sma pdf di internet.

Beberapa hobi yang dapat dipilih untuk dimasukkan ke dalam CV antara lain:

Menulis Karya Ilmiah

Melukis 

Fotografi

Videografi

Menulis Blog tema tertentu

Vlogging

Jurnalisme

Coding

Dll.

5. Pengalaman Organisasi/Kepanitiaan/Volunteer

Selain hobi, dengan mempunyai pengalaman organisasi atau kepanitiaan dapat menjadi nilai plus sehingga kesempatan diterima kerja menjadi lebih besar. Dalam kegiatan tersebut, maka kemampuan relevan di dunia pekerjaan bisa terlihat secara nyata.

Banyak HR menyarankan bagi anak SMA untuk aktif ikut organisasi, kepanitiaan, bahkan volunteer. Beberapa kegiatan yang bisa menjadi referensi antara lain, OSIS, Ekstrakurikuler, Panitia Pentas Seni/Seminar/Fesitival/Pekan Olahraga, volunteer Konser Band, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga :

Contoh CV Fresh Graduate SMA

Buat Anda yang masih bingung cara membuat CV sesuai isi di atas, maka dapat melihat contoh berikut ini.

Hanum Zayyina 

hanumzayyina@gmail.com | 089767256312 | Bali |Linkedin: Hanum Zayyina


Riwayat Pendidikan

SMA Negeri 3 Bali (2019-2021)


Pengalaman Organisasi

  • OSIS SMA Negeri 3 Bali

Ikut berpartisipasi dalam kegiatan menanam kembali hutan gundul di Bali sebagai upaya mencegah bencana longsor dan keberlangsungan ekosistem

  • Anggota Pramuka SMA Negeri 3 Bali

Menjadi anggota aktif yang memberikan masukan, saran, dan kritik dalam berbagai kegiatan pramuka, seperti camping dan upacara


Kemampuan

Ms. Office (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point)

Photoshop

Adobe

Mencangkok Tanaman

Mengenali Berbagai Jenis Tanaman

Menanam Tanaman sesuai Jenisnya



DOWNLOAD

Contoh CV Fresh Graduate SMA
 

Contoh Cv Fresh Graduate Sma Tanpa Pengalaman


Contoh Deskripsi Diri Dalam Cv Fresh Graduate Sma

DOWNLOAD

 

Contoh Cv Fresh Graduate Sma

 

Ketahui :

Itu dia informasi tentang isi dalam cv fresh graduate SMA yang belum mempunyai pengalaman kerja. Poin hobi/minat dan pengalaman organisasi dapat dimaksimalkan agar informasi di dalamnya semakin menarik sehingga peluang diterima di tempat melamar menjadi lebih besar.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh Deskripsi Diri Dalam CV Fresh Graduate SMA Tanpa Pengalaman"