Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh & Langkah Dalam Membuat Riwayat Hidup Dalam Bentuk Narasi

Contoh riwayat hidup dalam bentuk narasi memang kadang diperlukan dan diminta oleh perusahaan. Makanya Kamu harus tahu setidaknya apa dan bagaimana cara membuat riwayat hidup dalam bentuk narasi tersebut. 

Contoh Riwayat Hidup Dalam Bentuk Narasi

Baca Dulu : Cara Membuat CV di WPS Office alert-info

Apa Yang Dimaksud Dengan Riwayat Hidup Dalam Bentuk Narasi?

Perusahaan kadang ada yang meminta riwayat hidup dalam bentuk narasi. Maksudnya daftar riwayat hidup Kamu jabarkan dalam bentuk cerita sesuai dengan urutan waktu dan sesuai dengan tujuan pembuatan. 

Kamu harus membuat secara runtut riwayat hidup dalam bentuk paragraf dan harus sesuai dengan kejadian. Jangan pakai alur maju dan mundur. 

Kamu harus menuangkan tulisan dengan alur yang maju. Sejak Kamu kecil hingga Kamu sampai menulis riwayat hidup tersebut. 

pembuatan riwayat hidup dalam bentuk narasi ini ada ketentuannya dari perusahaan. Biasanya bisa memakai bahasa Indonesia juga bahasa Inggris. Terpenting pemakaian kalimat yang dipilih harus tepat. 

Jadi tidak ada satu ketentuan yang pasti dari membuat riwayat hidup narasi ini, sebab setiap perusahaan juga punya kriteria berbeda. 

Bagaimana Langkah-Langkah Dalam Membuat Riwayat Hidup Dalam Bentuk Narasi?

Ada beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan supaya riwayat hidup yang Kamu buat sesuai ketentuan, yaitu : 

1. Memakai sudut pandang orang ketiga

Sudut pandang ini sering dipakai dalam pembuatan cerpen atau novel. Kamu bisa memakai sudut pandang menjadi dia. Hal ini diperuntukkan agar tidak memberikan kesan yang sombong. 

Hal ini sebab dalam riwayat hidup dijelaskan dengan detail pula kemampuan hingga prestasi dari penulis itu sendiri. Karena, jika pemakaian memakai saya atau aku, bisa menampilkan kesan sombong. 

Jika Kamu memposisikan menjadi orang ketiga, ketika dibaca pun kelihatan Kamu humble. Jika menggunakan kata saya atau aku, kesannya Kamu seperti curhat bukan menunjukkan riwayat hidup Kamu. 

Memang jika Kamu cari di Internet contoh riwayat hidup dalam bentuk narasi banyak memakai kalimat saya. Coba deh Kamu bandingkan dengan sebutan ia, apakah memberikan kesan berbeda.  

2. Jangan bertele-tele 

Kamu harus menuliskan riwayat hidup dengan jelas dan runtut jangan bertele-tele. Kamu tidak perlu sampai menceritakan tentang kondisimu yang tidak sesuai dengan kondisi. 

Misalnya Kamu mendaftar untuk lomba menulis, Kamu disuruh membuat riwayat hidup dalam bentuk narasi. Maka tampilkan prestasi dan kemampuanmu dalam bidang kepenulisan. 

Tidak perlu memakai kalimat yang hiperbola. Cukup pakai kalimat yang mudah dimengerti, teratur, dan kalimatnya tidak membuat ambigu. 

3. Isi penting dalam riwayat hidup 

Dalam riwayat hidup Kamu harus menyertakan informasi utama seperti, mama asli juga nama sapaan, tempat dan tanggal lahir, Kota asal juga kota domisili sekarang, motto hidup, hobi atau kegemaran.

Cantumkan pula pengalaman pekerjaan yang pernah Kamu jalani. Pengalaman berorganisasi, prestasi selama bekerja, selama di sekolah, dan lain sebagainya. 

Berikan kontak person Kamu dengan jelas, mulai nomor Hp, Twitter, Instagram, Facebook, maupun email. Jadi HRD jika ingin menghubungi Kamu tidak kesulitan. 

Baca Juga :

Penulisan Riwayat Hidup Dalam Bentuk Narasi Disajikan Dalam Bentuk

Penulisan Daftar Riwayat Hidup


Penulisan riwayat hidup dalam bentuk narasi ini biasanya disajikan dalam bentuk tulisan memanjang alias paragraf. Menggunakan kalimat yang lengkap dan mudah dipahami. 

Riwayat hidup sangat dibutuhkan untuk, 

  1. persyaratan untuk melamar pekerjaan.
  2. Seleksi masuk dalam organisasi.
  3. Sebagai data awal memperkenalkan diri kepada perusahaan maupun instansi tempat melamar kerja.
  4. Untuk menarik pihak organisasi maupun perusahaan berusaha merekrut Kamu.
  5. Untuk rekam jejak riwayat hidup Kamu. 

Penulisan Riwayat Hidup Dalam Bentuk Singkat Disajikan Seperti

Penulisan riwayat hidup bisa Kamu tuliskan dalam bentuk yang singkat, bentuknya seperti  formulir. Biasanya seluruh informasinya disusun memakai poin-poin. Penyusunan secara berderet atas ke bawah berurutan. 

Model Penulisan riwayat hidup dengan bentuk semacam ini  sering disebut sebagai daftar riwayat hidup. Kamu sendiri lebih suka memakai model penulisan riwayat hidup yang seperti apa? 

Contoh Riwayat Hidup Dalam Bentuk Narasi

Contoh sangat singkat dari riwayat hidup bentuk narasi ini bisa membantu Kamu agar mudah memahami bagaimana membuat riwayat hidup narasi yang benar :

Riwayat Hidup 


Mawar sejahtera. Perempuan kelahiran 30 Agustus 1997  tinggal di Medan, Sumatera Utara. Hobi merawat kucing yang Ia tekuni akhirnya bisa membantunya mendirikan warung modern yang diberi nama Cat cafe. Akun instagramnya @Mawarst. 


Ketahui :
Itulah penjelasan tentang riwayat hidup bentuk narasi. semoga bermanfaat. 
Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh & Langkah Dalam Membuat Riwayat Hidup Dalam Bentuk Narasi"