Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Surat Keterangan Pengalaman Mengajar Dari Kepala Sekolah

Apakah Anda ingin berpindah di tempat mengajar baru agar mendapatkan pengalaman berbeda? jika demikian maka membutuhkan keberadaan surat keterangan pengalaman mengajar. Dengan berkas inilah ternyata dapat menjadi nilai plus tersendiri bagi seorang tenaga pengajar loh. 

Surat Keterangan Pengalaman Mengajar

Adapun SK tersebut nantinya akan berisi riwayat mengajar seorang guru. Didalamnya biasanya akan berisi identitas pribadi dari guru bersangkutan mulai dari Nama, NIP, Pangkat, Jabatan hingga Tugas Unit Kerja. Untuk memahaminya lebih lanjut silahkan simak penjelasannya berikut .

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah alert-info

Pengertian dan Fungsi Surat Keterangan Pengalaman Mengajar 

Tidak ada yang mau bukan apabila harus berpindah-pindah tempat kerja dalam kurun waktu tertentu? Tetapi terdapat kondisi ataupun situasi dimana menuntut seorang guru harus berpindah ke sekolah lainnya untuk mengajar. 

Nah sebelum berpindah itulah, maka sebaiknya Anda juga harus mempersiapkan dengan baik surat keterangan pengalaman kerja tersebut. Sesuai dengan Namanya, surat ini sendiri dibuat untuk menunjukkan bahwa seseorang bersangkutan memiliki pengalaman mengajar di sekolah tertentu. 

Biasanya surat tersebut akan dibuat oleh tempat mengajar bersangkutan dan akan dibuat oleh pihak kepala sekolah. Walaupun terdengar cukup sepele tetapi keberadaan dari dokumen inilah ternyata mempunyai sejumlah fungsi penting diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk Melamar Pekerjaan 

Didalam contoh surat pengalaman kerja termasuk pengalaman mengajar ternyata juga sering dicantumkan bahwa keberadaannya akan digunakan sebagai lampiran melamar pekerjaan bukan. Memang fungsi utama dari keberadaan berkas tersebut adalah digunakan buat melamar pekerjaan baru. 

2. Dokumen Penunjang Untuk Memperoleh Beasiswa 

Bagi seorang guru, melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan menggunakan beasiswa adalah salah satu impian. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena untuk melanjutkan Pendidikan tersebut ternyata membutuhkan biaya tidak sedikit bukan?

Oleh karena itulah pengajuan beasiswa sering dilakukan dan salah satu syaratnya biasanya adalah meminta surat keterangan mengajar tersebut dari pihak bersangkutan. Dengan kehadiran dokumen itulah ternyata dapat meningkatkan peluang memperoleh beasiswa. 

Ketahui :

Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Kerja 

Sama seperti dengan membuat surat formal lainnya, untuk membuat surat inipun ternyata juga membutuhkan beberapa data yang harus terdapat didalamnya seperti Kop surat, Nama Lengkap, NIP/NIK Jabatan dan masih banyak lagi. 

Disamping itu, jangan lupa agar menggunakan Bahasa yang baik dan sesuai dengan kaidah mengingat sifatnya formal. Berikut ini adalah contoh surat keterangan pengalaman mengajar dari kepala Sekolah yang dapat dijadikan sebagai pedoman. 

SURAT KETERANGAN 

KEPALA SEKOLAH SMA………..

NOMOR:……./ /KEPSEK/SMA…./7/2022


Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama                 : 

NIP/NIK         :

Jabatan                         : Kepala Sekolah 

Alamat                  

Memberikan keterangan sesungguhnya bahwa guru tersebut di bawah ini:

Nama                 

NIP/NIK         :

Tempat, Tanggal Lahir

Jenis Kelamin         : 

Agama                 : 

Alamat Terakhir         : 

Adalah benar pernah menjadi tenaga pengajar dan pengabdi di SMA sejak tanggal…. Hingga tanggal….. dan yang bersangkutan selama mengajar di SMA… mempunyai sikap serta perilaku baik, disiplin, loyal, mempunyai semangat kerja tinggi serta mempunyai tanggung jawab penuh terhadap tugasnya. 

Demikian surat keterangan tersebut dibuat untuk digunakan sebagai mana perlunya 

                                                                                                                     Pati, 6 Juni 2022 


                                                                                                                     Kepala SMA…….




Contoh Surat Pengalaman Mengajar



Surat Pengalaman Mengajar Dari Kepala Sekolah



Surat Pengalaman Mengajar


Surat Pengalaman Mengajar dari Kepsek



Surat Pengalaman Mengajar

Download


Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja 

Perlu diperhatikan bahwa untuk pembuatan surat kerja diatas sebaiknya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itulah terdapat beberapa tips dimana perlu diperhatikan dengan baik diantaranya adalah

1. Pastikan Menggunakan Bahasa Baku 

Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah penggunaan Bahasa didalamnya. Perlu diingat bahwa ini adalah termasuk dokumen resmi sehingga penggunaan bahasanya harus baku sekaligus formal. 
Di samping itu, kepenulisannya juga perlu diperhatikan dan jangan sampai ada yang salah. Terlebih lagi keberadaannya dikeluarkan oleh pihak instansi bersangkutan. Penggunaan Bahasa inilah akan mempengaruhi makna didalamnya juga. 

Baca Juga :

2. Data Didalamnya Harus Sebenarnya 

Pembuatan dari dokumen ini hendaknya juga harus dibuat berdasarkan dengan data ataupun fakta sebenarnya. Terlebih lagi kehadirannya akan digunakan buat beragam hal dengan tingkat berbeda-beda. Jangan sampai melakukan pemalsuan agar tidak terjerat masalah nantinya. 

Sebagai tenaga pendidik yang akan berpindah tempat kerja maka mengetahui bagaimana pembuatan surat keterangan pengalaman mengajar dibutuhkan agar nantinya dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatannya.
Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Surat Keterangan Pengalaman Mengajar Dari Kepala Sekolah"