Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Beasiswa Kuliah PPA [Pdf]


Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk beasiswa PPA dan surat keterangan penghasilan orang tua dari kelurahan. Biasanya surat keterangan penghasilan orang tua ini dibutuhkan sebagai syarat untuk pengajuan beasiswa daftar kuliah maupun saat kamu sudah menempuh bangku kuliah.

Download Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Beasiswa PPA

Dalam menempuh suatu jenjang pendidikan formal tertentu, mengurus beasiswa adalah suatu upaya yang cukup bermanfaat agar beban pembayaran kuliah tidak terlalu menyulitkan. Salah satu beasiswa yang cukup populer, terutama di kalangan mahasiswa, yaitu beasiswa PPA. Beasiswa ini berasal dari Kementerian Ristek Dikti sebagai bantuan pendidikan yang ditujukan kepada mahasiswa aktif jenjang S1/DIV ataupun D3 yang sedang menempuh pendidikan minimal di semester II. Dalam memperoleh bantuan pendidikan beasiswa PPA ini dibutuhkan beberapa berkas pendukung, dimana salah satunya adalah surat keterangan penghasilan orang tua dari kelurahan. Bagi beberapa mahasiswa di perguruan tinggi, surat keterangan tersebut sudah tidak asing lagi, karena kerap dijadikan sebagai salah satu dokumen persyaratan untuk daftar kuliah. Contoh–contoh surat keterangan penghasilan orang tua kini telah dapat diperoleh dengan mudah di internet, baik dalam bentuk word maupun pdf.


Contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk beasiswa PPA

Dibawah ini kami berikan contoh surat keterangan penghasilan orang untuk proses pengajuan beasiswa PPA dalam format Pdf. Anda bisa mendownload pada link di bawah.

contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk beasiswa ppa


contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk beasiswa ppa


Pentingnya Surat Penghasilan Orang Tua untuk Beasiswa PPA

Surat keterangan penghasilan secara umum merupakan surat keterangan resmi yang menerangkan secara detail beberapa informasi mengenai jumlah gaji dan komponen penyusun gaji dari seseorang. Surat keterangan ini seringkali menjadi salah satu prasyarat penting dalam kepengurusan beasiswa di perguruan tinggi, salah satunya yakni beasiswa PPA yang hampir setiap tahun dianggarkan ke setiap perguruan tinggi. Surat keterangan penghasilan yang dimaksud dalam hal ini, yakni surat keterangan yang menerangkan detail penghasilan atau gaji dari orang tua ataupun wali yang bertanggungjawab terhadap biaya pendidikan mahasiswa bersangkutan. Surat keterangan penghasilan orang tua dapat diperoleh melalui kelurahan atau kantor desa setempat.

Surat keterangan penghasilan orang tua dibutuhkan dalam mengurus beasiswa PPA sebagai dokumen pembanding apakah bantuan pendidikan yang diberikan tersebut dapat benar-benar mengurangi beban pembiayaan dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Setidaknya ada beberapa komponen yang terdapat dalam surat keterangan tersebut, selain detail mengenai gaji atau penghasilan perbulan, juga diantaranya jumlah anak, jumlah tanggungan dalam keluarga, dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya, contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk beasiswa PPA dapat diperoleh melalui link berikut.


Tujuan Penggunaan Surat Keterangan Penghasilan 

Contoh surat penghasilan orang tua untuk beasiswa PPA pada dasarnya dapat diperoleh melalui kelurahan atau kepala desa. Adapun contoh surat penghasilan orang tua dari kelurahan dapat didownload melalui link atas. Namun, selain digunakan untuk mengurus keperluan beasiswa PPA maupun beasiswa lainnya, ada beberapa tujuan dari pemanfaatan surat keterangan penghasilan ini secara umum. Beberapa tujuan lain tersebut, diantaranya: 

1. Mendaftar Kuliah

Proses pendaftaran kuliah juga saat ini kerap membutuhkan surat keterangan penghasilan dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Hal ini terjadi karena beberapa perguruan tinggi tengah mengadopsi sistem pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besaran pembiayaannya tergantung dari kemampuan tiap-tiap invidividu yang ada. Oleh karena itu, surat keterangan seperti ini juga cukup dibutuhkan sebagai suatu persyaratan. Contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk daftar kuliah pdf dapat didownload melalui diatas.

2. Melamar pekerjaan 

Beberapa pekerjaan dari perusahaan tertentu, biasanya juga meminta surat keterangan penghasilan. Hal tersebut bertujuan agar supaya pihak perusahaan dapat melihat dan mereview rekam jejak karir Anda sebelumnya.

3. Pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan 

Bagi pengguna layanan BPJS Ketenagakerjaan, pastinya sudah tau bagaimana pentingnya surat keterangan penghasilan ini. Sebab pencairan dana JHT juga bisa dilakukan walaupun Anda sendiri masih berstatus sebagai pekerja aktif. Dengan surat keterangan penghasilan tersebut, Anda dapat segera mencairkan dana JHT BPJS sejumlah maksimal 30% dengan beberapa ketentuannya tanpa perlu menunggu masa pensiun untuk mendapatkannya. 

4. Membuat Visa 

Selain beberapa tujuan di atas, salah satu contoh lain penggunaan surat keterangan penghasilan, yakni pada pembuatan visa. Terutama jika negara tujuan dari pembuatan visa tersebut adalah termasuk negara-negara maju.

Demikian Pembahasan tentang contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk beasiswa PPA, semoga bermanfaat bagi Anda.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post