Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah [doc]

Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah – Semua pelajar di setiap jenjang pendidikan formal tentu saja sangat mengakui pentingnya suatu ijazah sebagai sertifikat pengakuan atas kelulusan dan prestasi mereka selama menjalani masa studi di sekolah atau perguruan tinggi

Salah satu pentingnya penerbitan ijazah di sekolah, yakni agar pelajar bersangkutan memperoleh pengakuan secara resmi dan tertulis atas pencapaian pendidikan yang telah ia dapatkan untuk selanjutnya dapat dipergunakan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi maupun ke dunia kerja. 

Mengingat pentingnya sertifikat kelulusan tersebut, kesalahan penulisan dalam ijazah tentunya merupakan suatu peristiwa yang cukup fatal. Pasalnya, hal tersebut dapat mengganggu nilai dan pemanfaatan ijazah tersebut kedepannya. 

Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi kesalahan penulisan ijazah dapat dilakukan dengan membuat surat keterangan yang berkaitan dengan hal tersebut. Contoh–contoh surat keterangan kesalahan penulisan ijazah juga dapat diperoleh melalui internet saat ini.

Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah

Baca Dulu: Contoh Surat Keterangan Kelas 12 Untuk Sbmptn alert-info

Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah

Berikut ini adalah format contoh surat keterangan kesalahan penulisan ijazah yang dapat menjadi rujukan dalam mengurus kesalah penulisan yang terjadi di dalam ijazah sekolah. 

Anda bisa download contoh surat ini pada link download di bawah.

Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah


Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah


YAYASAN PENDIDIKAN PELITA HARAPAN

SMA PELITA HARAPAN BANGSA

Jl Kesehatan, km 02 Cikukur, Sukamandi, Cibubur

Telp. 08322382777, Email: smapelitah@gmail.com

=================================================================

SURAT KETERANGAN

No.005/YPPH-SMA.PHB/VI/2022


Yang bertanda tangan dibawah ini, Kepala Sekolah SMA Pelita Harapan Bangsa menerangkan bahwa:


Nama : SUKRIMAN SANJAYA

Tempat/tgl/lahir         : Cibubur 1 Oktober 2006

Jenis kelamin         : Laki-laki

Alamat : RT 02 RW 03 Kumaha, Lakat Cibubur Jawa Barat


Yang seharusnya:

Nama : SUKIRMAN SANJAYA

Tempat/tgl/lahir         : Cibubur 1 Oktober 2006

Jenis kelamin         : Laki-laki

Alamat : RT 02 RW 03 Kumaha, Lakat Cibubur Jawa Barat


Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk diperbaiki dikemudian hari.


                            Cibubur, 12 Juli 2022

                            Marzuki Nababan, S.PdI


Baca Dulu: Contoh Surat Keterangan Kehilangan Buku Nikah alert-info 

Dibawah ini adalah format kosong surat keterangan kesalahan penulisan Ijazah. 

KOP SEKOLAH/MADRASAH

========================================================


SURAT KETERANGAN KESALAHAN PENULISAN IJAZAH/STTB

Nomor : …………………….


Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :    ……………………………………….…………….

NIP :    ……………………………………….…………….

Jabatan :    Kepala Sekolah

Sekolah :    ……………………………………….…………….


Menerangkan bahwa telah terjadi kesalahan penulisan berupa ……………………… pada ijazah dengan nomor seri ……………………. atas nama: 

Nama :    ……………………………………….…………….

Tempat dan Tanggal Lahir :    ……………………………………….…………….

Nama Orang Tua :    ……………………………………….…………….


Seharusnya:

Nama :    ……………………………………….…………….

Tempat dan Tanggal Lahir :    ……………………………………….…………….

Nama Orang Tua :    ……………………………………….…………….

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. 

                                                

                                                                                        ………………………., 22 Maret 2021 


                                                                                        Kepala Sekolah ...............................

                                                                                       

                                                                                           ttd

                                                                                        (Nama Kepala Sekolah)

                                                                                        NIP. ………………………………..


Download/download/button


Cara Mengatasi Kesalahan Penulisan Ijazah

Adanya kesalahan penulisan dalam ijazah adalah hal yang cukup meresahkan dan bukan hal yang jarang terjadi. Oleh karena itu, sesegera mungkin setelah mendapatkan berkas ijazah tersebut, Anda harus benar-benar memastikan bahwa seluruh data, baik nama, identitas pribadi, nilai, dan lain sebagainya yang tercantum di dalam ijazah sudah sesuai dengan yang sebenarnya. Sebab sesedikit mungkin kesalahan penulisan yang terjadi dapat membawa dampak yang cukup besar, terutama berhubungan dengan pemanfaatan ijazah di masa depan karir dan pendidikan pemiliknya.

Baca Juga: Download Format Surat Keterangan Sakit alert-info

Upaya perbaikan atas kesalahan penulisan yang terjadi dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan perbaikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat sebagai lembaga yang berkaitan erat dengan masalah penerbitan ijazah tersebut. Untuk mengurusnya, berikut adalah beberapa contoh–contoh berkas persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dahulu:

  1. Membawa surat keterangan kesalahan penulisan ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dari sekolah
  2. Membawa fotokopi akta kelahiran
  3. Membawa fotokopi ijazah

Namun, terjadinya kesalahan penulisan ijazah umumnya juga tidak dapat lepas dari tanggungjawab instansi pendidikan, seperti sekolah, tempat ijazah tersebut diperoleh. Oleh sebab itu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan bagian yang berurusan dengan penerbitan ijazah di sekolah tempat ijazah tersebut diterbitkan. Secara garis besar, mekanisme untuk mengurus perbaikan kesalahan penulisan ijazah adalah sebagai berikut:

  1. Pemohon melengkapi dan menyerahkan berkas-berkas persyaratan ke bagian pelayanan
  2. Petugas dari insatnsi bersangkutan akan meneliti kelengkapan dan kebenaran berkas yang diserahkan
  3. Kepala Seksi Kelembagaan dan Kesiswaan serta Kepala Bidang Pembinaan Sekolah akan meneliti dan memberikan paraf
  4. Kepala Dinas Pendidikan menandatangani surat keterangan sebagai pihak yang mengetahui
  5. Petugas yang bersangkutan akan memberikan stempel dinas serta mendokumentasikan arsipnya
  6. Petugas selanjutnya akan menyerahkan surat keterangan yang telah ditandatangani  oleh kepala dinas kepada pemohon yang bersangkutan, berupa Surat Keterangan Pembetulan Ijazah/STTB.

Antisipasi kesalahan penulisan ijazah

  1. Gunakan pelarut pemutih tinta khusus, yang sering dijual di toko buku besar seperti Gramedia.
  2. Pakai penghapus tinta khusus.
  3. Pakai isolatif berkualitas tinggi dengan daya rekat yang baik. Tempel di area penulisan yang salah. Lepaskan isolatif secara pelan.
  4. Manfaatkan cutter, bisa pakai silet, dan penghapus. Untuk menggunakannya, gosok bagian yang salah ke arah yang sama, lalu rapikan pakai penghapus. Setelah tinta memudar, permukaan kertas kasar dirapikan memakai sendok sampai merata.
  5. Apabila memakai tinta injeksi sebaiknya isi tinta dulu, lalu coba di kertas lain sebelum di kertas ijazah.

Surat keterangan kesalahan penulisan ijazah doc (surat keterangan ijazah salah)


Jika ada kesalahan penulisan ijazah, sekolah atau madrasah harus memberitahu pihak terkait mengenai kesalahan penulisan ijazah tersebut.

Surat keterangan kesalahan penulisan ijazah yang diikuti dengan pemberian tambahan blangko sebagai pengganti ijazah yang rusak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Lain halnya ketika penulisan ijazah tidak tidak disadari sampai disampaikan kepada siswa, misalnya. Jika begitu walau pengajuan permohonan blanko ijazah sudah sudah terlambat maka diperlukan surat keterangan kesalahan penulisan ijazah agar hal tersebut tidak terjadi lagi di perguruan tinggi atau sekolah.


Berita acara kesalahan penulisan ijazah 

Berita acara adalah dokumen hukum yang sah yang mencakup pengesahan dan pernyataan selama terjadi suatu peristiwa, transaksi, insiden, serah terima, atau penjualan. 

Berita acara kesalahan penulisan ijazah adalah dokumen sah yang dibuat karena adanya peristiwa atau kejadian berupa kesalahan dalam penulisan ijazah dimana akan dilakukan suatu tindakan sesuai ketentuan yang berlaku.

Berita acara memiliki arti penting yang berbeda di setiap instansi atau perusahaan. Laporan resmi juga akan digunakan oleh lembaga atau instansi sebagai dokumentasi yang sah dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh penerima hak. Kedepannya, penerima tugas akan menunjukkan bahwa dia telah menyelesaikan pekerjaannya dengan hasil yang tercatat dalam suatu notulen.


SK penulisan ijazah doc

SK Penulisan Ijazah dari kepala sekolah dibutuhkan dalam proses pembuatan atau penulisan ijazah yang dikeluarkan oleh pihak sekolah.

Jika Anda membutuhkan SK penulisan ijazah dalam format doc dapat mendownload di link dibawah ini.

Baca Juga:

Demikian pembahasan mengenai contoh surat keterangan kesalahan dalam penulisan pada ijazah sekolah. Semoga bermanfaat dan membantu Anda.

Tya Hanifah
Tya Hanifah Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.

1 komentar untuk "Download Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah [doc]"

Fatwa Syarifah 23 Juli 2022 pukul 09.48 Hapus Komentar
Terima kasih.. sangat membantu.