Contoh Surat Keterangan Banjir Dari RT Desa Setempat


Surat keterangan banjir dari desa, sangat dibutuhkan untuk banyak hal. Diantaranya ketika akan dilakukan pembangunan jalan dan perbaikan infrastruktur sebuah desa. Untuk dapat dijadikan acuan metode pembangunan agar tidak salah dan malah menimbulkan kondisi banjir yang lebih parah.

surat keterangan banjir dari rt

Biasanya, yang mengeluarkan surat ini adalah perangkat desa atau kelurahan. Sudah melalui survei oleh Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW), sehingga data dan informasi yang didapat akan lebih valid.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Surat Keterangan Banjir Dari RT

Sebelum membuat dokumen keterangan soal banjir tersebut, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Supaya surat tersebut memiliki landasan yang tepat dan bisa dipertanggung jawabkan.

Kop Legal dan Nomor Surat

Pastikan terdapat kop surat dari desa, RT, RW, atau lembaga yang mengeluarkan surat keterangan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan nomor surat, sesuai aturan administrasi lembaga.

surat keterangan banjir dari rt

Fungsinya, untuk mempermudah pertanggungjawaban dokumen ketika dibutuhkan di kemudian hari. Misalnya, ketika ada tim survey ingin melihat langsung kondisi daerah tersebut sebelum melakukan berbagai kegiatan baik dari pemerintah maupun swasta.

Data Akurat Kondisi Lokasi yang Dilaporkan

Data daerah terkait informasi banjir juga harus akurat, mulai dari tempat pastinya. Kemudian luas, berapa rumah ada disana, akses masuk seperti apa, hingga data pendukung lain.

Kemudian jelaskan apakah kawasan tersebut sudah sering terkena air bah menyebabkan timbulnya genangan. Atau malah belum pernah mengalami hal tersebut, untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak terkait dalam mengambil sebuah keputusan.

Contoh, ketika akan membangun perumahan di area itu jika memang belum pernah genangan tentu masuk kategori cocok dibangun. 

Baca Dulu: Contoh Surat Keterangan Usaha Untuk KUR BRI alert-info

Kondisi yang Melatarbelakangi dibuatnya Surat Keterangan

Jelaskan juga apa latar belakang surat tersebut dibuat, sehingga jelas pula apa tindak lanjut diharapkan dari dokumen ini.

surat keterangan banjir dari desa

Contoh, ketika tujuannya untuk meminta perbaikan jalan akses akibat seringnya banjir terjadi. Maka latar belakangnya harus dijelaskan, bahwa di daerah tersebut memang sering menjadi lokasi tergenangnya air.

Jika latar belakangnya untuk meminta ganti rugi, juga harus dijelaskan hal-hal yang berhubungan dengan ganti rugi.

Diketahui Oleh Pihak Terkait

Pada bagian akhir letters, jangan lupa ditandatangani oleh pihak berwenang. Contoh, ketua RT, kepala Desa, Lurah, Camat, dan lainnya. Sebagai legalitas dokumen, ketika akan dibawa kepada pihak lain untuk berbagai keperluan.

Baca Dulu: Contoh Surat Keterangan Kelas 12 Untuk SBMPTN alert-info

Contoh Surat Keterangan Banjir Dari Desa

Bingung untuk membuat suratnya? Anda bisa lihat contoh lengkap berikut, bisa dijadikan acuan agar tidak salah struktur maupun informasi di dalamnya.

Kop RT/RW/Desa

Nomor Surat

====================================================

Sehubungan dengan terjadinya banjir beberapa waktu lalu, kami dari pihak RT telah melakukan pendataan terhadap para korban. Dimana ternyata, kawasan terdampak bencana tersebut mencapai luas 5 hektar. Terdiri dari 10 rumah, sawah, dan beberapa fasilitas umum.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, kami juga melampirkan surat pernyataan dari setiap warga terdampak. Mulai dari data identitas, hingga kondisi rumah mereka usai bencana terjadi.

Kami sangat berharap, informasi ini bisa ditindaklanjuti dan para korban mendapatkan bantuan yang layak untuk memperbaiki rumah dan melanjutkan hidup. 

Surat ini dibuat atas informasi yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan, semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.


                                                                                                        Tertanda


                                                                                                    ......................

Baca Juga:

Demikianlah informasi lengkap terkait dokumen untuk memberikan informasi tentang bencana alam berupa banjir. Mengingat, sangat banyak daerah di Indonesia rawan banjir tentu akan sangat dibutuhkan pembuatan dokumen ini sebagai pelengkap berbagai kebutuhan dokumentasi masyarakat.

judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post