Download Contoh Surat Keterangan Domisili Untuk Buka Rekening


Untuk memudahkan transaksi hingga penerimaan gaji, memiliki rekening merupakan suatu keharusan bagi seorang pebisnis maupun pekerja kantoran. Sekarang pertanyaannya adalah apakah bisa membuka rekening di luar domisili, ketika anda bekerja di luar daerah asal? Tentu bisa, namun anda membutuhkan surat keterangan domisili untuk buka rekening.

Surat Keterangan Domisili Untuk Buka Rekening

Surat keterangan domisili atau SKD adalah surat yang menjelaskan terkait dengan domisili seseorang maupun alamat suatu badan usaha. Jadi dapat dikatakan bahwa surat keterangan domisili ini mempunyai fungsi yang sedikit mirip dengan kartu tanda penduduk. Hanya saja berbentuk surat, sehingga terdiri atas secarik kertas.

surat keterangan domisili untuk buka rekening

Jika KTP sekarang berlaku seumur hidup, maka surat keterangan domisili ini bersifat sementara. Yang mana masa berlaku surat keterangan domisili tempat tinggal ini umumnya hanya selama 6 bulan saja. Surat keterangan domisili sementara sangat dibutuhkan untuk mengurus berbagai hal, khususnya ketika anda sedang tinggal di luar daerah asal.

Salah satunya yaitu untuk membuka rekening tabungan, untuk membuktikan bahwa anda memang benar benar warga yang menetap di wilayah tersebut. Sehingga anda tidak dianggap sebagai ilegal yang patut dicurigai. Pihak bank pun menjadikan surat keterangan domisili untuk buka rekening sebagai salah satu syaratnya, di domisili yang tidak sesuai KTP.

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili

Umumnya, surat keterangan domisili bisa dibuat di kantor desa atau kelurahan, bisa juga di kantor kecamatan. Dan yang berhak mengeluarkannya adalah pejabat kecamatan atau kelurahan, dengan waktu pelayanan satu hari kerja. Bahkan saat ini sudah bisa dilakukan pembuatan surat keterangan domisili secara online.

contoh surat domisili untuk buka rekening

Sayangnya, layanan online tersebut hanya untuk pembuatan SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan). Sementara surat keterangan domisili perorangan online belum tersedia. Oleh karena itu, anda perlu mengurus surat keterangan domisili RT di tempat domisili penduduk. Berikut langkah langkahnya.

1. Melengkapi persyaratan di antaranya yaitu fotokopi KTP, surat pengantar ketua RT dan ketua RW, dan foto berwarna ukuran 3x4. 

2. Mengajukan pembuatan surat keterangan domisili penduduk ke staf atau penerima berkas, disertai dengan berkas persyaratan.

3. Guna membuat surat keterangan domisili untuk buka rekening, pengajuan yang anda lakukan akan disampaikan ke Kasi Pemerintahan & Pelayanan setelah staf kelurahan melakukan verifikasi kelengkapan berkas.

4. Kasi Pemerintahan & Pelayanan melakukan verifikasi, kemudian memberi paraf pada surat keterangan.

5. Lurah memberikan tanda tangan, dan menurunkannya kembali ke staf kelurahan.

6. Staf kelurahan yang menerima surat keterangan domisili melakukan registrasi dan stempel.

7. Pemohon bisa mengambil surat keterangan domisili penduduk yang sudah jadi.

Baca: 

Tips Membuat Surat Keterangan Domisili

Agar pembuatan surat keterangan domisili penduduk anda bisa diurus dengan segera, maka berikut terdapat beberapa tips yang dapat anda terapkan.

1. Apabila anda bekerja di siang hari, maka surat keterangan atau pengantar dari RT dan RW bisa diurus pada sore hari atau pada saat akhir pekan.

2. Sedangkan untuk pengurusan surat domisili penduduk di kantor kelurahan harus dilakukan di jam operasional. Yang mana kantor kelurahan lazimnya sudah mulai melayani dari pukul 08.00 WIB.

4. Pembuatan surat keterangan domisili untuk buka rekening bisa ditunggu jika persyaratannya telah dilengkapi. Karena prosesnya terbilang cepat, bisa hanya 15 menit saja jika tidak antre.

5. Tidak ada pungutan biaya untuk pembuatan surat keterangan domisili di kelurahan, kecuali biaya sukarela khususnya untuk pembuatan surat pengantar RT dan RW.

6. Jika untuk perpanjangan, sebaiknya surat keterangan domisili diurus 14 hari sebelum jatuh tempo.

Baca Dulu:

Download Contoh Surat Domisili untuk Buka Rekening

Anda dapat download contoh surat keterangan domisili ini untuk buka rekening bank dalam format Word. So Anda tinggal edit ajah!

surat keterangan domisili perorangan online




surat keterangan domisili sementara






masa berlaku surat keterangan domisili tempat tinggal

DOWNLOAD/download/button


Baca Dulu:

Apabila anda merupakan pendatang di suatu daerah, maka penting untuk memiliki surat keterangan domisili ini. Karena selain digunakan untuk membuka rekening tabungan, surat keterangan domisili penduduk tersebut juga dibutuhkan untuk pengurusan berbagai berkas lainnya. Ini akan membuktikan bahwa anda bukan transmigran gelap dan tidak tinggal secara ilegal di suatu wilayah.

judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post