Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Contoh & Cara Membuat Kwitansi Sewa Rumah Doc Word

Kwitansi merupakan dokumen yang digunakan sebagai tanda bukti sah terkait suatu transaksi pembayaran. Dengan adanya kwitansi ini, maka transaksi tersebut akan dipandang secara sah di mata hukum. Nah, bila kalian ingin melakukan transaksi sewa rumah namun bingung dalam membuat kwitansi yang tepat, silakan simak contoh kwitansi sewa rumah berikut ini.

Contoh Kwitansi Sewa Rumah

Baca Juga : Contoh Invoice Kwitansi DP Jual Beli alert-info

Apa itu Kwitansi Sewa Rumah?

Kwitansi sewa rumah merupakan dokumen tertulis yang menunjukkan suatu transaksi pembayaran atas penyewaan rumah dari satu orang ke orang lain (pihak penjual dan pembeli). Selain sebagai bukti pembayaran, kwitansi sewa rumah juga akan memudahkan proses pencatatan arus kas masuk keluarnya keuangan.

Dalam transaksi dengan jumlah kecil seperti jual beli di warung memang tidak terlalu membutuhkan kwitansi. Namun, untuk transaksi dengan nominal yang sangat besar seperti penyewaan rumah tentu wajib menggunakan kwitansi agar bisa dijadikan sebagai alat bukti saat terjadi perselisihan atau persengketaan transaksi keuangan.

Untuk membuat kwitansi, kalian bisa membuatnya melalui kwitanasi generator yang bisa diakses secara online. Namun, jika tidak kalian juga bisa membuat sendiri dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan blangko kwitansi yang terdiri atas 2 lembar salinan yakni lembar asli dan lembar karbon yang berada di baliknya. Silakan kunjungi toko buku untuk mendapatkan blangko kwitansi yang dijual dalam bentuk sepaket buku.
  2. Gunakan ballpoint hitam yang jelas untuk keperluan penulisan blangko kwitansi. Jangan gunakan warna biru, merah, atau lainnya karena sering kali kurang mudah terbaca serta dianggap tidak sah di mata hukum.
  3. Catat semua data yang diperlukan mulai data transaksi jual beli, tanggal transaksi, jumlah item, nominal transaksi, metode pembayaran, dan tanda tangan.
  4. Jika memungkinkan, gunakan stempel sebagai watermark yang menjamin keaslian kwitansi. Seperti yang kita tahu, bahwa tanda tangan saja tidak cukup karena sering dipalsukan.
  5. Tambahkan materai bila memang memungkinkan. Jika ada materai, maka kwitansi akan dianggap lebih kuat dimata hukum dan benar-benar  terjamin keasliannya.

Contoh Kwitansi Sewa Rumah

Berikut contoh kwitansi sewa rumah yang dapat kalian contoh format penulisannya. Nantinya, kalian bisa menyesuaikannya sendiri dengan jenis blangko kwitansi yang kalian miliki.

Contoh Kwitansi Sewa Rumah

Baca Juga :
Kwitansi Sewa Rumah

Dalam sebuah kwitansi, ada beberapa data yang mestinya diinput secara lengkap. Berikut di antaranya:

a) Nomor Kwitansi

Merupakan sekumpulan angka dan huruf yang digunakan untuk memudahkan proses pencatatan transaksi yang terjadi di hari itu juga.

Nah, bila kalian memiliki sistem transaksi berbasis digital maka silakan gunakan nomor transaksi tersebut sebagai nomor kwitansi.

b) Nama Pihak Pembeli

Pihak pembeli merupakan mereka yang menyerahkan uang ke pihak penjual sesuai nominal yang telah ditentukan.

Pada contoh kwitansi sewa rumah di atas, kalian dapat melihat bahwasanya pihak pembeli diberi nama lengkap atau nama terang sesuai nama asli KTP.

c) Nominal Uang yang Diserahkan

Nominal uang wajib  ditulis dalam dua bentuk agar tidak terjadi kesalahan dalam penyebutan di salah satu bagiannya. Kedua bentuk penulisan tersebut yakni:

Angka: berisi nominal angka rupiah sesuai penulisan rupiah

Huruf: menerangkan tentang nominal angka yang ditulis sebelumnya

d) Tujuan Pembayaran

Selanjutnya, ada tujuan pembayaran yang menerangkan tentang untuk apa pembayaran tersebut dilakukan.

Informasi ini harus jelas dan menyebutkan item apa saja yang dimasukkan dalam transaksi pembayaran.

e) Nama dan Tanda Tangan

Terakhir, ada nama dan tanda tangan pihak penerima uang yang bisa juga disertai dengan materai untuk menguatkan bukti pembayaran.


Download COntoh Kwitansi Sewa Rumah doc Word

contoh kwitansi sewa rumah
Contoh kwitansi sewa rumah

Silahkan unduh file doc nya di link ini.

Ketahui :

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar contoh kwitansi sewa rumah dan bagian-bagiannya. Semoga bermanfaat!

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Download Contoh & Cara Membuat Kwitansi Sewa Rumah Doc Word"