Format Kwitansi Travel Kosong


Apakah Anda sedang mencari contoh kwitansi travel kosong? Jika iya, maka artikel ini sepertinya menjadi jawaban yang tepat. Pada kali ini akan dibahas terkait hal tersebut dan juga beberapa seputar pembuatan kuitansi. Setelah mempelajarinya, Anda bisa memanfaatkan contoh tersebut serta tidak perlu lagi kesulitan ketika hendak membuatnya. Silakan simak pembahasan di bawah ini.

kwitansi travel kosong

Cara Membuat Kwitansi yang Benar

Cara Membuat Kwitansi yang Benar

Membuat kuitansi tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa format atau aturan perlu diketahui terlebih dahulu. Sebagai contoh, kuitansi terbagi menjadi dua bagian, yakni sub kuitansi kiri dan kanan. Di bagian kiri berfungsi sebagai bukti bagi pihak penerima pembayaran. Sementara itu, di bagian kanan diberikan kepada pihak pembayar. Selain itu, ada juga jenis di mana terdiri dari 2 lembar. 

Baca Dulu : Apa Perbedaan Nota Faktur dan Kwitansi alert-info

Agar dapat menjadi salah alat bukti pembayaran yang sah, pengisiannya juga harus mengikuti peraturan. Pertama, siapkan dokumen terlebih dahulu, bisa membuat sendiri atau mengikuti contoh di bagian selanjutnya nanti. Setelah itu, siapkan juga pulpen tinta hitam, stempel perusahaan, serta materai. Selanjutnya ikuti aturan berikut ini.

  • Apabila transaksi di bawah nominal Rp250.000,00, maka tidak menggunakan materai
  • Apabila transaksi berada di antara Rp250.000,00—Rp1.000.000,00, maka gunakan materai Rp3.000,00.
  • Apabila transaksi di atas nominal Rp1.000.000,00, maka gunakan materai Rp6.000,00.

Format Kwitansi yang Benar

Format Kwitansi yang Benar

Satu hal lagi yang perlu diketahui adalah penyusunan format pada kuitansi. Setidaknya, dokumen tersebut harus mencantumkan beberapa informasi berikut ini.

1. Nomor Kuitansi

Nomor ini berupa urutan nomor sesuai pembuatan. Mengenai penulisan cenderung bebas, bisa dimulai dari angka 0 seperti 001 ataupun langsung nomor urut mulai dari angka 1. Silakan pilih yang paling nyaman untuk Anda karena tujuannya adalah mempermudah identifikasi transaksi nantinya.

2. Waktu transaksi

Waktu transaksi terdiri atas hari, tanggal, bulan, serta tahun terjadinya transaksi. Komponen ini juga sangat penting ketika melakukan rekap bulanan.

3. Telah diterima dari

Selanjutnya adalah bagian “Telah diterima dari”. Bagian ini biasanya diisi nama lengkap orang yang melakukan pembayaran ataupun nama perusahaan.

4. Nominal transaksi

Penulisan nominal transaksi sebaiknya menggunakan dua format, yakni berbentuk angka nominal dan teks. Tujuannya adalah mencegah terjadinya kesalahan dalam membaca nominal transaksi. Pastikan keduanya cocok supaya proses identifikasi lebih mudah.

5. Jenis produk

Informasi terkait jenis produk juga sangat penting untuk ditambahkan. Berikan keterangan produk secara jelas dan lengkap. Jika perlu, jabarkan sedikit penjelasan tambahan terkait produk tersebut seperti berat, ukuran, varian, atau sebagainya.

6. Tanda tangan

Tanda tangan dilakukan oleh pihak penerima pembayaran. Selain tanda tangan, jika perlu tambahkan juga stempel atau cap guna memperkuat bukti pembayarannya. 

Ketahui :

Berapa Saja Ukuran Kwitansi yang Ada?

Secara umum, ada tiga jenis ukuran, yakni kecil, sedang, dan besar. Ukuran kecil adalah 7,5 x 21,5 cm, sedangkan ukuran sedang adalah 9 x 28,5 cm. Terakhir adalah ukuran besar, yakni 10 x 32 cm. Namun, tidak menutup kemungkinan ada ukuran lain selain ketiga tersebut.

Download Contoh Kwitansi Kosong PDF, Word, dan Excel

Format kwitansi dibawah ini bisa Anda ganti jadi kwitansi  travel.

kwitansi travel kosong

Download/download/button

kwitansi travel kosong

DOWNLOAD/download/button

Sebagai referensi berikut ini ada beberapa contoh kwitansi excel, word, dan juga PDF. Silakan pahami mengenai formatnya lalu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Yang jelas, pastikan seluruh komponen seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya tercakup di dalamnya.

kwitansi excel

kwitansi word

kwitansi pdf

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang cara membuat dan contoh kwitansi travel kosong maupun untuk keperluan lain. Semoga dengan adanya contoh tersebut bisa memudahkan Anda dalam membuat dokumen sesuai standar sehingga dapat menjadi bukti pembayaran sah.


judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post