Download Contoh Bill Hotel Kosong Manual Word & Pdf


www.CvSurat.my.id - Anda sebagai staf atau karyawan hotel sedang mencari format bill hotel? Atau Anda pernah menginap dihotel dan butuh contoh bill hotel untuk bukti? Kami akan berikan beberapa contoh bill hotel yang bisa Anda print secara manual. Anda juga bisa download bill hotel kosong yang nantinya siap Anda isi. Bill hotel tidak hanya dikeluarkan oleh hotel berbintang seperti Santika, Swiss Hotel atau hotel yang ada pada jaringan Traveloka. Namun hotel-hotel lokal pun menggunakan bill sebagai bukti jasa penginapan.

Download Contoh Bill Hotel Kosong Manual

Selama PPKM Level 4 diterapkan dalam kurun waktu dua minggu terdapat penurunan terkait dengan tingkat hunian kamar hotel sampai 10 persen. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengaku bahwa penurunan drastis banyak dialami oleh banyak hotel di Indonesia. Baik hotel bintang, atau hotel melati.

Jikalau masih ada hotel yang masih tetap beroperasi dengan tingkat keterisian kamar lebih dari 10 persen, maka dapat dipastikan hotel tersebut mengikuti program dari pemerintah untuk menyediakan tempat menginap bagi tenaga kesehatan dan pasien tanpa gejala (OTG). Namun perlu diingat bahwa hanya 20 dari 950 hotel yang menyediakan tempat untuk tempat bermalam tenaga kesehatan dan pasien OTG.

Contoh Bill Hotel Secara Umum

Dibawah ini adalah salah satu contoh bill hotel yang bisa Anda tiru. Anda bisa mengeditnya di Microsoft Word. Silahkan saja Anda download pada link downlod dibawah ini, gratissss kok!

contoh guest bill hotel




File berikutnya adalah format Pdf. Jika tertarik, silahkan download.
contoh guest bill hotel




contoh bill hotel kosong




contoh bill hotel traveloka

DOWNLOAD/download/button

Bill yang diberlakukan di hotel memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah:

1. Mencantumkan rincian pembayaran fasilitas yang telah digunakan oleh tamu hotel selama menginap.

2. Menghindari kesalahpahaman antara pihak hotel dan konsumen

3. Bagi pelaku bisnis perhotelan bill dapat dijadikan acuan terkait dengan perkembangan dari usaha tersebut

4. Terakhir juga bill dapat berfungsi sebagai aspek untuk mempermudah pembukuan pada bisnis perhotelan. Dimana lewat sana dapat mengerti berapa banyak uang masuk dan keluar.

Bill hotel atau rekening tamu, adalah rekening yang berfungsi sebagai riwayat dari semua fasilatas konsumen. Nantinya riwayat tersebut yang ditunjukkan oleh kasir di front office kepada konsumen untuk menentukan jumlah biaya yang dikenakan. Dua komponen utama dalam rekening tamu adalah penjualan kamar,makanan, serta minuman.

Pada hotel-hotel kecil front office biasanya menjadi satu dengan meja resepsionis. Pada hotel kelas menengah meja front office dan resepsionis dibuat terpisah. Terakhir adalah untuk hotel berbintang biasanya front office mempunyai tugas yang beragam, mulai dari menjadi resepsionis, tempat memperoleh informasi, kasir, sampai tempat penukaran uang.

Bisnis Perhotelan di Tahun 2023

Menurut pihak PHRI, bisnis perhotelan akan kembali stabil pada tahun 2023. Tentunya dalam masa menunggu tersebut pelaku bisnis perhotelan haruslah mampu beradaptasi dengan memanfaatkan kondisi dan teknologi. Hal yang dapat ditempuh dalam waktu dekat adalah melakukan efisiensi terhadap biaya produksi karena permintaan sedang menurun. Dalam pelaksanaan  upaya tersebut harapannya terhadap pemeritah  untuk dapat memberikan keleluasaan terhadap pelaku bisnis perhotelan.

Selain langkah jangka pendek, pihak perhotelan juga telah menyiapkan upaya yang ditempuh dalam rencana jangka panjang. Salah satunya adalah dengan menyiapkan paket-paket wisata dengan mengutamakan aspek kesehatan sebagai  nilai jual. Dalam paket-paket tersebut tentunya akan diwarnai dengan diskon-diskon menarik.

Namun jikalau membahas tentang  pembayaran  dalam sistem perhotelan, masih banyak pihak-pihak yang belum dapat membedakan antara bill atau invoice dengan kwitansi. Invoice atau bill adalah dokumen yang memuat jumlah tagihan kepada konsumen dan terdiri dari tanggal  masuk, nama pelanggan, dan biaya-biaya penyerta lainnya.

Berbeda dengan invoice atau bill hotel, kwitansi dimengerti sebagai bukti pembayaran yang diterbitkan oleh satu pihak.  Terdiri atas dua bagian yaitu lembar pertama diterima oleh pihak pembayar dan lembar kedua diberikan kepada pihak yang dibayarakan.

Perbedaan dalam Rekening Tamu

Perbedaan-perbedaan dalam rekening tamu ditentukan oleh pola penjualan produk atau jasa. Setelah itu kelas hotel tersebut, fasilitas yang disediakan, serta pelayanan yang diberikan oleh petugas hotel kepada konsumen.

Dilihat dari jenisnya terdapat beberapa jenis  rekening tamu bill hotel yang dapat kita cermati, diantaranya:

1. Rekening tamu yang biasanya ditulis secara manual karena tidak adanya perlengkapan elektronik. Keunggulan dari jenis ini adalah tidak membutuhkan modal besar yang harus dikeluarkan oleh pengelola. Namun dibalik keunggulan tersebut terdapat kekurangan dalam hal efisiensi waktu dan rawan terjadi kesalahan teknis.

2. Selanjutnya ada rekening tamu yang telah menggunakan alat elektronik namun tidak serta merta meninggalkan cara manual. Sistem tersebut dikenal dengan semimanual, dimana komputer dipergunakan untuk mencatat data penjualan namun untuk registrasi masih menulis manual.

3. Terakhir adalah sistem rekening tamu yang telah menggunakan alat elektronik sepenuhnya. Jadi setiap pencatatan telah terkumpul menjadi tagihan kepada konsumen nantinya.

Selanjutnya jikalau berbicara terkait dengan bill hotel, tak lengkap rasanya untuk tidak mencantumkan metode pembayaran. Dalam sistem pembayaran dihotel terdapat pembayaran tunai secara utuh dan langsung, selanjutnya dengan menggunakan kartu kredit, bill hotel juga dapat dibayarakan melalui transfer, membayara bill hotel dengan menyertakan voucher agar mendapatkan harga yang menarik, pemabayaran yang dilakukan dengan cara menggabungkan sistem transfer dan tunai, ada juga yang telah melunasi bill hotel pada saat check-out.


Begitulah kiranya pembahasan terkait seluk beluk bill hotel. Kiranya tulisan ini dapat menggugah pembaca agar bersimpati kepada industri hotel yang masih berjuang hingga  kini. Promo-promo juga telah banyak ditawarkan oleh penyedia jasa layanan hotel. Barang kali ditengah kondisi seperti ini para pembaca dapat memanfaatkan waktunya untuk sesekali melakukan staycation. Berapa banyak pekerja industri hotel yang terselamatkan dari gelombang pemutusan hubungan kerja jikalau semua dapat saling bahu-membahu

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post