Syarat & Cara Mengirimkan Kwitansi Home Credit


Cara mengirimkan kwitansi home credit - Layanan bernama Home Credit Indonesia sesuai dengan namanya, hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memungkinkan mereka untuk membeli barang impian dengan cara kredit. Sesuai dengan peraturan OJK, kwitansi atau bukti penggunaan pembiayaan multiguna ini nantinya wajib dilaporkan. Bagaimana cara mengirimkan kwitansi Home Credit ? Simak ulasan berikut. 

Cara Mengirimkan Kwitansi ke Home Credit

1. Syarat dan Kelengkapan Kwitansi

Cara mengirimkan kwitansi ke Home Credit sebenarnya cukup mudah. Namun anda sebelumnya harus memastikan bahwa syarat dan kelengkapan kwitansi sudah terpenuhi. Dimana kwitansi tersebut harus berisikan beberapa informasi yang terkait dengan nama penjual barang atau jasa, alamat dan nomor telepon penjual, tanggal transaksi, deskripsi barang atau jasa yang dibeli.

cara mengirimkan kwitansi home credit

Lalu nilai transaksi atau harga barang beserta total harganya juga harus tercantum di dalam kwitansi. Selain itu, khusus kwitansi pasar harus mencantumkan tanda tangan dari penjual, dan khusus untuk kwitansi bukti pembayaran pendidikan harus mencantumkan cap resmi dari institusi atau bisa tanda tangan pihak berwenang.

Baca: Contoh Kwitansi Surat Perjanjian Jual Beli Tanah alert-info

Apabila anda membeli barang atau jasa secara online, maka cara mengirimkan kwitansi Home Credit bisa disertakan dengan invoice atau bukti pembayaran dari online shop tempat anda melakukan transaksi. Ambil foto bukti transaksi dan pastikan kwitansi tersebut terbaca jelas, dengan tanggal pembelian yang paling lama 3 bulan sebelum tanggal pengajuan ke Home Credit Indonesia.

2. Mengirimkan Kwitansi Melalui Portal Tanda Tangan Elektronik

Anda bisa mengirimkan bukti pembayaran Home Credit melalui portal tanda tangan elektronik, caranya yaitu pertama tama log in ke hcid cohci zone atau akses hcid.co/hcizone, dengan menggunakan nomor telepon serta tanggal lahir anda yang terdaftar di akun Home Credit Indonesia.

Pada tampilan selanjutnya yang muncul di layar, scroll ke bawah dan cari menu upload kwitansi. Berikutnya akan muncul jendela baru dimana anda akan diminta untuk mengunggah kwitansi. Pilih ikon tambah (+) yang ada di samping kanan, dan lengkapi data kwitansi yang umumnya terdiri atas tanggal lahir, nominal tagihan, nama toko penjual, dan alamat penjual lalu unggah file kwitansi.

Baca Dulu:

3. Mengirimkan Kwitansi Melalui Aplikasi My Home Credit

Cara mengirimkan kwitansi Home Credit juga bisa dilakukan melalui aplikasi My Home Credit. Pastikan aplikasi yang anda gunakan sudah yang terbaru dan di-update secara berkala untuk melakukan aksi ini. Caranya yaitu buka aplikasi My Home Credit yang sudah anda unduh di perangkat, lalu masukkan pin untuk login dan pilih menu unggah kwitansi pembiayaan.

Klik tombol tambah (+) untuk mengunggah kwitansi pembiayaan yang anda miliki. Foto atau unggah foto kwitansi, kemudian masukkan data kwitansi tersebut secara lengkap pada kolom yang telah disediakan. Terakhir, isi alamat email anda dan klik kirim untuk mengirimkan bukti pembayaran tersebut.

Setelah kwitansi atau bukti pembayaran dikirim, anda hanya perlu menunggu hasil pengecekan yang nantinya akan dikirimkan melalui email Home Credit multiguna. Pastikan bahwa cara mengirimkan kwitansi Home Credit sudah beserta semua datanya sudah benar, karena jika ada kesalahan maka tidak akan diproses. 

Baca Dulu:

Contoh kwitansi modal usaha Home Credit

Contoh kwitansi modal usaha Home Credit sendiri bisa dilihat seperti berikut.

Contoh kwitansi modal usaha Home Credit

Artikel Terkait:

Mengirimkan kwitansi ke Home Credit memang wajib dilakukan oleh setiap pengguna apabila pembiayaan barang telah disetujui. Dengan mengirim kwitansi, itu berarti anda telah menjadi pelanggan yang baik sehingga tidak akan dikenai denda 1x cicilan. Maka dari itu, cara di atas bisa anda lakukan setelah menyelesaikan pembelian barang yang menggunakan Home Credit.

judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post