Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Template / Format Contoh Kwitansi Excel Yang Bisa diedit

Download Contoh Template Kwitansi Excel – Pernah tidak diantara kalian bertanya-tanya seperti apa format kwitansi yang benar untuk digunakan? meskipun dalam kehidupan sehari-hari penggunaan kwitansi sudah sangat sering digunakan, ternyata masih ada lho yang tidak tahu bagaimana format kwitansi yang benar. Kali ini kami akan berbagi contoh kwitansi Excel yang bisa diedit tentunya, untuk memudahkan kamu, iyaa kamu!!

Bahkan format kwitansi di Excel tersebut mirip aplikasi karena kamu tinggal memasukkan data saja lalu cetak!

Jika kamu ingin membuat kwitansi maka hendaknya anda memahami dulu mengenai pengertian dan format kwitansi yang benar. 

Pengertian kwitansi dan Format Kwitansi yang Tepat

format kwitansi excel yang bisa diedit

Download Juga: Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil alert-info

Dalam kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI kwitansi diartikan sebagai surat atau bukti penerimaan uang. Kwitansi menjadi di bukti pencatatan adanya transaksi yang berkaitan dengan barang dan uang. 

begitu populernya akuntansi dalam transaksi jual beli kue tart sudah dianggap sebagai bukti pembayaran atau pembelian yang sah. Begitu pentingnya keberadaan kwitansi dalam transaksi jual-beli membuat media ini mempunyai nilai hukum apabila ditambahkan materai. 

Baca Juga: Contoh Kwitansi Surat Perjanjian Jual Beli Tanah alert-info

Untuk membuat kwitansi yang tepat berikut ini a lemen elemen pada kwitansi yang lebih dulu perlu Anda pahami. 

1. Nomor kwitansi

Ketika hendak membuat kwitansi pada Excel, word maupun PSD maka yang perlu diperhatikan adalah wajib membuat bagian kolom nomor kwitansi. Nomor kwitansi penting ada untuk mengetahui berapa banyak transaksi yang sudah dilakukan dalam satu hari satu minggu maupun dalam jangka hitungan waktu tertentu. 

Adanyanomor kwitansi pada akhirnya akan memudahkan proses rekapitulasi transaksi harian hingga mingguan dan bulanan. 

2. Tempat dan tanggal kwitansi

selain nomor kwitansi, tempat dan tanggal kwitansi juga menjadi salah satu elemen pada kwitansi yang penting untuk ada. adanya tempat dan tanggal kwitansi akan memudahkan anda ketika melakukan pelacakan transaksi yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. 

Terlebih saat ada komplain dari konsumen, data terkait tempat dan tanggal kwitansi akan memudahkan proses pelacakan sekaligus penanganan komplain dari konsumen. 

3. Nama terang dan tanda tangan pihak pemberi dan pihak penyetor

Adanya format nomor kwitansi dan format tempat dan tanggal lahir tidak akan berfungsi sebagai mestinya apabila tidak dilengkapi dengan format nama terang dan tanda tangan pihak pemberi dan penyetor. 

Adanya tanda tangan dan nama terang daripihak penerima dan penyetor sekaligus menjadi bukti jika telah terjadi transaksi. 

4. Nominal yang ditulis dalam angka dengan menggunakan mata uang rupiah

Elemen berikutnya yang harus ada pada kwitansi yaitu nominal yang ditulis menggunakan angka menggunakan mata uang rupiah. 

5. Nominal terbilang

Tidak hanya terdapat elemen nominal dalam angka pada kwitansi juga terdapat nominal terbilang. Nomina terbilang adalah mencantumkan jumlah uang dalam bentuk huruf atau dikenal dengan istilah terbilang. 

Email 6 dolar bilang digunakan dalam format kwitansi bertujuan untuk meminimalisir adanya kesalahan penulisan. Misalnya saja pada nominal angka pihak pencatat kurang memasukkan angka '0’ maka kesalahan yg dapat dideteksi dari kata yang ditulis pada nomina terbilang (huruf). 

6. Tujuan transaksi dilakukannya transaksi

Elemen terakhir yang ada pada kwitansi adalah tujuan transaksi. Seperti namanya, tujuan transaksi si digunakan untuk mengetahui  tujuan transaksi yang dilakukan. 

Download: Contoh Surat Kwitansi Jual Beli Motor alert-info

Sebenarnya tidak ada format pasti atau format baku mengenai syarat-syarat pembuatan kwitansi. namun apabila anda ingin membuat kwitansi pastikan ke enam elemen yang sudah disebutkan sebelumnya terdapat pada kwitansi tersebut. 

Karena 6 elemen tersebut nantinya akan memudahkan anda untuk melakukan rekap transaksi sekaligus untuk melakukan inventaris data. 

Bagi Anda yang kesusahan untuk membuat format kwitansi secara manual di Excel Anda bisa menggunakan format kwitansi Excel otomatis. Format kwitansi Excel otomatis bisa anda dapatkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

1. Masuk ke link download di bawah ini

Link Download

2. Setelah masuk pada link tersebut anda akan melihat beberapa macam format kwitansi Excel yang disediakan, pilih format yang anda sukai lalu download

3. Setelah proses download selesai buka hasil unduhan dan edit format kwitansi tersebut sesuai dengan keinginan mengunakan Microsoft Excel. 

Baca Juga: Download Contoh Kwitansi Gadai Motor alert-info

Download Template / Format Contoh Kwitansi Excel Yang Bisa diedit

Berikut ini kamu berikan template atau contoh format kwitansi Excel yang bisa Anda edit sesuai kebutuhan. Anda tinggal memasukkan datanya saja!

download kwitansi excel

DOWNLOAD 1/download/button

DOWNLOAD 2/download/button

DOWNLOAD 3/download/button


Jenis-jenis kwitansi

Setidaknya terdapat 5 jenis kwitansi yang perlu Anda ketahui. Lima jenis kwitansi ini adalah kwitansi yang paling sering digunakan sebagai alat transaksi di kehidupan sehari-hari. Berikut ini 5 jenis vitamin tersebut

1. Kwitansi bukti pembayaran

Kwitansi yang paling populer tentunya adalah Kwitansii bukti pembayaran. Kwitansi ini dapat digunakan sebagai bukti pembayaran barang, makanan, hingga jasa. 

2. Kwitansi resep

bagi yang belum tahu kwitansi resep adalah potensi yang banyak digunakan di dunia perkantoran. di perkantoran kwitansi resep digunakan untuk mencatat setiap transaksi keluar dan transaksi masuk. Kwitansi resep digunakan di perkantoran bertujuan untuk sebagai bukti keuangan tahunan.

Download Contoh Kwitansi Pinjaman Uang alert-info

3. Kwitansi transaksi

Apabila anda sering berbelanja di supermarket ataupun minimal ke sejenis Anda pastinya sudah tidak asing dengan kwitansi transaksi. Vitasi transaksi adalah kwitansi yang mencantumkan barang apa saja yang Anda beli. Pada kwitansi transaksi juga akan terdapat elemen lain seperti nama barang, nomor seri barang, harga barang, dan tipe produk. 

4. Kwitansi transfer

Kwitansi transfer adalah kwitansi yang sering digunakan dalam dunia perbankan. Pada kwitansi ini terdapat elemen seperti tanggal transaksi, nomor rekening, nama penerima, nama pengirim, nominal transaksi dan lain sebagainya. 

Related Post: Contoh Kwitansi Pembelian Motor alert-info

5. Kwitansi serah terima

bisa dibilang kwitansi serah terima adalah salah satu jenis kwitansi yang paling umum digunakan. Lintas ini digunakan sebagai bukti telah terjadi penyerahan uang kepada individu atau lembaga. Selain itu, kwitansi serah terima juga menjadi bukti pembayaran yang sah dan sudah  disetujui oleh kedua belah pihak.

Tya Hanifah
Tya Hanifah Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.

Posting Komentar untuk "Download Template / Format Contoh Kwitansi Excel Yang Bisa diedit"