Download Contoh Kwitansi Pinjaman Uang Perorangan Dengan & Tanpa Jaminan


Kali ini kami akan berbagi contoh kwitansi pinjaman uang perorangan dimana ini sering terjadi ditengah-tengah masyarakat. Contoh kwitansi pinjaman uang ini dibuat tanpa ataupun dengan jaminan barang. Bagaimana contoh penulisan kwitansi pinjam uang tersebut?

Contoh Kwitansi Pinjaman Uang

Meminjam uang memang mudah, namun saat mengembalikan banyak orang keberatan. Oleh karena itu, tidak sedikit perkara hutang pihutang menjadi suatu penyebab perselisihan. Tidak tepatnya dalam mengembalikan uang pinjaman menjadi salah satu penyebabnya. Bahkan, si pemberi peminjam uang harus menagih uang pinjaman. Tentu ini menjadi suatu ironi.

Agar proses pengembalian lancar maka sebaiknya dilakukan perjanjian. Di dalam melakukan perjanjian hutang piutang ini, sebaiknya juga melibatkan saksi walaupun bersifat hutang-piutang secara perorangan. Selain itu, agar kedua belah pihak tidak dirugikan perlu dibuat surat perjanjian disertai kwitansi. Surat dan kwitansi dengan tanda tangan diatas materai menjadi bukti kuat yang sah dalam pinjam-meminjam uang.

Namun jika yang meminjam saudara dekat, atau teman lama yang sudah benar-benar dekat, tidak sedikit orang yang enggan menggunakan kwitansi apalagi surat perjanjian.

Dibawah ini akan kami berikan contoh kwitansi pinjaman uang perorangan baik dengan jaminan maupun tanpa jaminan. Contoh penulisan kwitansi pinjam uang seperti yang akan kami sajikan dibawah ini.


Contoh kwitansi pinjaman uang perorangan dengan jaminan

Meminjamkan uang dengan jaminan akan meminimalisir penipuan atau kerugian di salah satu pihak. Dengan jaminan maka akan membuat si peminjam akan semakin mantab meminjamkan uang dan si peminjam uang merasa memiliki rasa tanggung jawab untuk mengembalikan uang tepat waktu.

Contoh 1

 KWITANSI


Telah diterima dari : Bpk Malik Abdul Rozak

Uang sebanyak : Delapan juta rupiah

Guna membayar : Pinjaman uang tunai sebesar Rp.8.000.000 dari Bapak Malik Abdul Rozak Kepada peminjam Bpk Sumantri dengan jaminan 1 unit Sepeda Motor Beat Tahun 2015 Nopol AA049388AA. (Detail perjanjian terlampir)


                                            Magelang 7 Mei 2023

Terbilang: Rp.8.000.000

                                materai

                                Sumantri


Contoh kwitansi pinjaman uang tanpa jaminan

Memberikan pinjmaan uang kepada seseorang tanpa jaminan akan terlalu beresiko. Ini biasanya orang yang meminjamkan sudah percaya dan sudah dekat dengan si peminjam. Seperti contoh kwitansi pinjam uang dibawah ini.

Contoh 2

Telah diterima dari : Khadafi Doel Mufid

Uang sebanyak : Sebelas juta rupiah

Guna membayar : Pinjaman uang tunai sebesar Rp.11.000.000 dari Khadafi Doel Bendo kepada Sukir Sontoloyo tanpa jaminan sesuai detail perjanjian (terlampir)  


                                        Cimahi 28 November 2022

Terbilang: Rp.11.000.000

materai

                                Sukir Sontoloyo


Baca Dulu: Contoh Kwitansi Surat perjanjian Jual Beli Tanah alert-info

Contoh 3

Berikutnya adalah contoh kwitansi pinjam uang tanpa jaminan. Seperti contoh diatas, seseorang yang sangat percaya kepada teman dekat atau saudara bisa meminjamkan uang tanpa harus meminta jaminan. Bahkan seperti sudah disinggung diatas, mereka justru enggan untuk memakai kwitansi pembayaran.

 KWITANSI


Terima dari : Heni Purwaningsih

Jumlah uang : Tujuh belas juta rupiah

Untuk Pembayaran : Peminjaman uang tunai dari Heni Purwaningsih (Pihak yang memberi pinjaman) kepada Rina Silvia (pihak yang meminjam uang) sebesar Rp.17.000.000. Pengembalian dilakukan dengan cicilan selama 10 bulan mulai dari 1 bulan setelah kwitansi ini dibuat.   


Rp.17.000.000

                    Pekalongan, 22 januari 2023

                    materai

                    Rina Silvia


Surat Terkait: Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil alert-info

Contoh 4

Contoh kwitansi pinjaman uang secara perorangan lainnya bisa menggunakan format seperti dibawah ini. Untuk pengembalian bisa dilakukan secara cicilan. Ini tentunya sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak.

KWITANSI

Sudah terima dari : Evi Marliana

Uang sebesar : Dua belas juta rupiah

Untuk Pembayaran : Pinjaman uang tunai kepada Erlin Trisnawati sebanyak Rp.12.000.000. 

Uang tunai tersebut akan dikembalikan dengan cicilan selama 12 bulan dimulai dari 1 bulan setelah kwitansi ini dibuat. Apabila dalam waktu 12 bulan tidak bisa mengembalikan, peminjam (Erlin Trisnawati) bersedia di laporkan ke pihak berwajib.


                                Nganjuk, 12 Desember 2022


Rp.12.000.000

                                         materai


                                Erlin Trisnawati


Contoh Kwitansi Pinjaman Uang Perorangan

Download/download/button



Itulah contoh kwitansi pinjaman uang perorangan dengan dan tanpa jaminan. Semoga contoh penulisan kwitansi pinjam uang diatas bisa bermanfaat buat Anda.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post