Contoh Kwitansi Rincian Pembayaran Rumah Sakit 2022


Setelah mendapatkan perawatan, pasien akan mendapatkan dokumen berupa kwitansi pembayaran rumah sakit. Di sini, pihak lembaga kesehatan tersebut juga harus mengetahui cara membuat kwitansi pembayaran rumah sakit. Simak ulasan berikut ini mengenai kwitansi pembayaran rumah sakit 2022.

Kwitansi Pembayaran Rumah Sakit

Baca Dulu : Perbedaan Kwitansi Pembayaran dan Invoice Tagihan alert-info

Contoh Kwitansi Pembayaran Rumah Sakit

Kwitansi Pembayaran Rumah Sakit


Bagi pasien, menerima kwitansi pembayaran perawatan rumah sakit ini merupakan hal penting. Format dokumen ini perlu diketahui agar tidak bingung untuk menyusunnya. Pada kwitansi ini terdapat informasi lengkap mengenai rincian pembayaran yang harus dibayarkan oleh pasien.

Format kwitansi pembayaran tersebut terdapat logo, nama rumah sakit, alamat, serta informasi kontak yang bisa dihubungi. Selanjutnya, terdapat keterangan bukti pembayaran dan nomor dokumen untuk membuktikan bahwa kwitansi ini sah.

Lalu, terdapat keterangan nama pasien serta orang yang melakukan pelunasan pembayaran tersebut. Format berikutnya adalah nama dokter yang menangani pasien atas nama tersebut. Berikutnya, terdapat keterangan rincian pembayaran yang harus dilunasi.

Pada biaya tersebut terdapat apa saja jenis pengobatan yang diterima oleh pasien serta rincian pembayarannya. Lalu, pada bagian bawahnya dituliskan berapa total biaya serta metode pembayaran yang digunakan oleh pasien. Terakhir, terdapat keterangan waktu kwitansi pembayaran ini dicetak.

Contoh Kwitansi Rumah Sakit

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran Rumah Sakit

Pihak rumah sakit perlu mengetahui bagaimana cara membuat kwitansi secara mandiri untuk kepentingan administrasi pasiennya. Ada beberapa cara yang bisa diambil untuk membuat kwitansi pembayaran rumah sakit. Berikut ini beberapa cara membuat kwitansi pembayaran pasien rumah sakit.

Cara Membuat Kwitansi di Excel

Cara Membuat Kwitansi di Excel


Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membuat kwitansi pembayaran pasien rumah sakit melalui aplikasi Microsoft Excel. Format kwitansi rumah sakit berupa dokumen excel ini akan memudahkan pihak administrasi jika pasien menerima lebih dari satu jenis perawatan.

Hal ini karena pada aplikasi Excel terdapat rumus otomatis yang bisa digunakan untuk menghitung total pembayaran dalam waktu cepat. Selain itu, membuat kwitansi dalam format excel akan membuat hasilnya lebih rapi karena terpisah antar kolom.

Kwitansi dalam bentuk excel ini juga mudah digandakan dalam bentuk dokumen yang nantinya bisa diedit kembali untuk pasien lain. Selain itu, kwitansi pembayaran ini juga mudah dicetak tanpa harus merusak susunan dokumennya.

Baca Juga :

Cara Membuat Kwitansi di Word

Cara Membuat Kwitansi di Word


Berikutnya, Anda bisa membuat kwitansi rumah sakit dari aplikasi Microsoft Word untuk memudahkan jika ingin mencetak dokumen dengan ukuran kertas bervariasi. Langkah pertama yang harus disiapkan adalah mengatur jenis kerta terlebih dahulu.

Umumnya jenis kertas yang digunakan untuk mencetak kwitansi rumah sakit, yaitu ukuran A6. Lalu, siapkan kolom utama yang dibutuhkan untuk kwitansi tersebut. Kolom tersebut meliputi kop, nomor, nama pasien, diterima dari, daftar pengobatan, rincian biaya, dan tanggal kwitansi.

Format kwitansi dalam bentuk word ini mudah diedit dan disesuaikan dengan kebutuhan pasiennya. Sama halnya cara sebelumnya, kwitansi di word ini bisa digandakan dan nantinya dicetak sesuai urutan pasien.

Cara Membuat Bukti Kwitansi Pembayaran Rumah Sakit

Cara Membuat Kwitansi


Satu lagi cara yang bisa digunakan adalah mengunduh kwitansi kosongan dari internet sebagai contoh untuk membuatnya. Tak hanya itu saja, apabila Anda menemukan kwitansi dalam format word atau excel, maka bisa menghemat waktu karena tidak perlu membuatnya sendiri.

Kwitansi rumah sakit yang sudah diunduh tersebut hanya perlu diedit sesuai dengan kebutuhan. Pihak rumah sakit hanya perlu menyesuaikan kolom pada kwitansi sesuai format yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, kwitansi bisa digunakan sebagai dokumen tagihan pembayaran pasien.

Cara Mengunduh Format Kwitansi Rumah Sakit Kosong

Cara mengunduh kwitansi rumah sakit yang masih kosong terbilang cukup mudah karena tersedia di berbagai website. Setelah mengunduhnya, pastikan dokumen tersebut dalam format word atau excel agar lebih mudah untuk diedit.

Hal pertama yang harus diinput setelah mengunduh kwitansi tersebut adalah kop resmi rumah sakit. Berikutnya, pastikan format yang ada di dalam dokumen tersebut sudah sesuai dan bisa menjelaskan rincian biaya yang harus dilunasi oleh pasien.

Ketahui :

Kwitansi pembayaran rumah sakit merupakan dokumen penting dapat disiapkan dengan baik oleh pihak administrasi. Pembuatan kwitansi ini sebenarnya tidak terlalu rumit karena bisa dilakukan secara mandiri maupun mengunduh formatnya.


judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post