Contoh Nota Pembelian Barang Elektronik


Contoh nota pembelian barang dibutuhkan oleh toko agar memudahkan untuk memberikan dokumen transaksi kepada pelanggan. Apalagi contoh nota pembelian barang sembako dimana umumnya pelanggan membeli lebih dari satu produk. Berikut ini contoh dan cara membuat nota pembelian.

Contoh Nota Pembelian Barang

Baca Dulu : Nota Fotocopy Kosong alert-info

Contoh Nota Barang

Format nota barang sebenarnya cukup sederhana dan bisa digunakan untuk berbagai jenis produk. Untuk contoh nota pembelian barang elektronik misalnya, bisa digunakan oleh toko besar karena formatnya sudah sangat lengkap. Pada bagian atas nota barang akan terdapat keterangan tanggal pembuatan dan nama toko.

Contoh Nota Barang


Berikutnya, terdapat keterangan nama customer yang melakukan pembelian barang. Lalu, terdapat beberapa kolom untuk mencatat rincian barang. Pertama, terdapat kolom untuk menuliskan daftar nama barang.

Kolom selanjutnya untuk menuliskan berapa jumlah barang yang dibeli tiap produknya. Pada kolom sampingnya, ada harga satuan untuk setiap produk. Berikutnya, terdapat kolom total harga produk dan jumlah yang harus dibayarkan. Terakhir, terdapat tanda tangan penerima dan toko.

Contoh Nota Toko

Berikutnya, terdapat jenis nota toko yang bentuknya juga cukup sederhana dan mudah untuk diisi. Pada bagian atas nota barang ini terdapat nama toko, logo, alamat, serta kontak yang bisa dihubungi. Lalu, pada bagian samping nama toko terdapat keterangan siapa penerima nota tersebut.

Contoh Nota Toko


Selanjutnya, Anda akan menemukan kolom yang digunakan untuk mengisi keterangan barang. Kolom paling kiri digunakan untuk menuliskan berapa kuantitas produk yang dibeli. Selanjutnya, terdapat kolom untuk menuliskan nama barang.

Nota Barang


Setelah itu, terdapat kolom keterangan harga satuan yang diikuti dengan jumlah untuk menghitung total pembayaran. Sementara pada bagian bawah terdapat keterangan tanda terima yang akan ditandatangani oleh pembeli.

Contoh Nota barang


Fungsi Nota Kontan

Fungsi Nota Kontan

Pemilik toko maupun pelanggan tidak hanya perlu mengetahui bagaimana contoh nota pembelian barang, melainkan perlu juga memahami fungsinya. Nota kontan memiliki fungsi utama sebagai dokumen untuk membuat laporan keuangan oleh perusahaan atau toko.

Nota kontan merupakan dokumen pembayaran yang akan dijadikan sebagai media pengecekan kembali transaksi ketika terjadi proses pembuatan laporan keuangan. Dokumen ini merupakan bukti sah bahwa telah terjadi transaksi penjualan antara penjual dan pembeli.

Selain itu, fungsi lain dari nota kontan adalah sebagai sumber data perusahaan atau toko untuk mendapatkan berbagai informasi. Bukti transaksi tersebut akan menunjukkan apa saja jenis produk yang terjual, kuantitasnya, serta jumlah pembayaran.

Baca Juga :

Cara Membuat Nota Kontan

Cara membuat contoh nota kontan cukup sederhana karena bisa dilakukan secara gratis dan praktis melalui aplikasi Excel. Lalu, apa saja langkah yang harus dilakukan untuk membuat nota kontan? Berikut ini penjelasannya secara lengkap.

Menginput Kode Produk

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginput kode produk atau nomor barang terlebih dahulu. Setiap produk yang dijual di toko diberikan kode agar memudahkan dalam mencarinya maupun melacaknya jika dibutuhkan. Kode ini berisi kombinasi angka yang berbeda untuk setiap barang.

Pastikan Anda menginput kode ini dengan sesuai agar nantinya tidak salah dalam melakukan pengambilan stok produk untuk diberikan kepada pelanggan. Penginputan kode produk ini bisa dilakukan secara manual tanpa menggunakan rumus di Excel.

Menginput Nama dan Kuantitas Barang

Langkah selanjutnya, yaitu melakukan penginputan nama barang sesuai dengan kode produk tersebut. Penjual harus teliti ketika memasukkan nama barang, terutama jika toko menjual produk elektronik karena tersedia banyak tipe, sehingga kesalahan input kode bisa mengakibatkan hal fatal.

Setelah itu, masukkan berapa kuantitas produk karena berkaitan dengan jumlah barang yang akan dikirimkan kepada pelanggan. Tujuan penting dari memasukkan nama dan kuantitas barang ini, yaitu agar nota bisa sesuai dengan pesanan serta dapat tersusun dengan rapi. 

Membuat Harga Satuan Produk

Berikutnya, penjual harus mengisi kolom harga satuan untuk setiap produk yang tertulis di dalam nota. Mengingat nota kontan ini dibuat menggunakan excel, maka Anda bisa menggunakan formula Vlookup dan if untuk mempercepat proses penulisan.

Manfaat dari rumus Vlookup ini adalah untuk memudahkan pengguna menyusun laporan di aplikasi, salah satunya nota. Anda bisa mengetikkan rumus, lalu memasukkan barang yang terjual untuk mengetahui harga satuannya

Menginput Harga Total

Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam membuat nota kontan, yaitu menginput harga total. Besarnya harga total ini bisa diketahui dengan cara mengalikan kuantitas dan harga satuan barang. Selanjutnya, pada kolom total Anda bisa menjumlahkannya menggunakan rumus SUM di excel.

Rumus SUM tersebut berfungsi untuk mengetahui berapa jumlah keseluruhan yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Terakhir, Anda bisa menulis keterangan siapa pembuat nota dan penerima barang agar nanti bisa membubuhkan tanda tangan.

Ketahui :

Mengetahui pentingnya pembuatan contoh nota pembelian barang penting bagi pemilik usaha agar memudahkan untuk mengecek riwayat penjualannya. Salinan nota pembelian barang tersebut juga akan diberikan kepada pelanggan setelah melakukan pembayaran.


judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post