Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Nota Pembayaran ATK Kosong

Di pembahasan kali ini, Anda dapat download format tentang pembuatan nota ATK kosong. Nota merupakan salah satu tanda bukti yang cukup penting untuk dimiliki, apalagi bagi perusahaan tertentu. Biasanya pada dokumen tersebut terdapat beberapa informasi seperti jumlah beserta nominal pembelian. Fungsi dari nota kosong adalah agar nantinya lebih mudah diisi sesuai pembelian karena sudah memiliki format sebelumnya.

nota atk kosong


Format Nota ATK Kosong

Berikut ini adalah beberapa contoh nota ATK yang bisa Anda tiru.

nota atk kosong


Format Nota ATK Kosong


Dalam pembuatan nota ATK maupun keperluan lain, setidaknya Anda perlu mengetahui format dasarnya terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan karena apabila terdapat salah satu komponen saja tidak dicantumkan, nota tidak bisa dijadikan bukti pembayaran yang sah. Jika sudah demikian, maka kemungkinan besar dokumen tersebut akan ditolak saat disertakan dalam laporan keuangan.

Baca Dulu : Nota Digital Printing alert-info

Pada umumnya, dokumen ini dibuat menjadi rangkap dua, yakni satunya untuk disimpan dan lainnya diberikan kepada pembeli. Dengan demikian, keduanya memiliki bukti transaksi sehingga suatu saat nanti bisa digunakan ketika mengalami beberapa urusan. Selanjutnya, pastikan seluruh komponen berikut ini telah tercantum di dalamnya.

contoh nota kosong


1. Waktu transaksi

Waktu transaksi biasanya terdiri dari hari dan tanggal kapan transaksi tersebut dilakukan. Informasi ini sangat penting bagi kedua pihak. Bagi penjual, ini akan memudahkan dalam proses rekap bulanan. Sementara itu, bagi pembeli ini akan menjadi bukti bahwa di tanggal tersebut ia telah menyelesaikan proses transaksi. Biasanya dokumen ini juga dijadikan salah satu syarat klaim garansi pada layanan tertentu.

2. Identitas toko

Selanjutnya adalah identitas toko. Identitas ini berisi nama, alamat, serta nomor handphone yang dapat dihubungi. Tujuannya adalah memudahkan pembeli ketika sewaktu-waktu ingin menghubungi, baik melakukan komplain maupun menanyakan produk lainnya. Agar terkesan lebih original bisa ditambahkan logo perusahaan maupun stempel.

3. Jenis produk yang dibeli

Komponen ini berisi tentang jenis produk ataupun jasa yang dibeli. Selain nama produk/jasa, cantumkan juga harga satuan, kuantitas, dan harga total. Dengan demikian, pihak pembeli akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran.

4. Tanda tangan

Terakhir adalah tanda tangan. Selain tanda tangan, bagian ini juga bisa diganti dengan stempel perusahaan. Tujuannya adalah sebagai alat validasi bahwa penerima benar-benar resmi dari perusahaan terkait. 

Cara Membuat Nota Pembayaran

cara membuat nota pembayaran


Setelah mengetahui format di atas, maka selanjutnya Anda bisa mulai mempelajari bagaimana cara membuat nota yang baik dan benar. Namun sebelum itu, simak beberapa informasi pendukung berikut ini.

1. Fungsi nota untuk pembayaran

Jika Anda berpikir ini hanya selembar kertas biasa, maka bisa dibilang anggapan Anda salah besar. Pasalnya, ada banyak sekali fungsinya seperti sebagai alat pelacakan pembayaran, sebagai bukti transaksi yang sah, sebagai sarana informasi transaksi valid dan sah, membantu pengecekan barang keluar masuk, serta membantu dalam proses pembukuan keuangan.

2. Cara membuat

Untuk membuatnya sebenarnya cukup mudah. Masukkan data-data berikut ini secara berurutan. Data tersebut antara lain identitas perusahaan, nama pembeli, kode transaksi, tanggal transaksi, detail transaksi, jumlah harga, tanda tangan kasih, tanda tangan penerima, stempel perusahaan, dan keterangan tambahan.

Artikel Terkait :

Download Kwitansi Kosong PDF, Word, dan Excel

Agar lebih mudah dalam memahami dan mempelajari, silakan download beberapa contoh kwitansi excel, word, dan juga PDF berikut ini. Selanjutnya, ubah pada bagian tertentu seperti logo perusahaan, nama toko, atau desain visualnya.

kwitansi kosong pdf

kwitansi format excel

kwitansi format word

Ketahui :

Demikian pembahasan tentang cara membuat beserta contoh nota ATK kosong atau produk lainnya. Silakan pelajari terlebih dahulu dan langsung praktik mengerjakannya.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh Nota Pembayaran ATK Kosong"