Contoh Nota Bon & Kontan Pembelian ATK


Contoh nota pembelian ATK bisa dipakai saat instansi sekolah atau dinas mau membeli barang-barang berupa ATK. Biasanya, bantuan sekolah seperti  BOS dipakai salah satunya untuk membeli perlengkapan sekolah atau ATK. ATK ini dibutuhkan untuk keperluan operasional sekolah. Seperti mencetak kertas, membuatan dokumen, dan operasional lainnya. 

contoh nota pembelian atk

Contoh nota pembelian ATK disini  bisa berupa nota yang dikeluarkan oleh toko ATK maupun nota atau kwitansi yang dibuat pihak sekolah atau dinas.

Untuk nota ATK dari toko, formatnya tidak jauh berbeda dengan nota toko lainnya. Namun jika kita buat nota atau kwitansi sendiri atas nama sekolah bagaimana formatnya.

Nah, disini kami akan berikan kepada Anda contoh nota kontan pembelian ATK atau bon pembelian ATK dengan format doc dari MS Word.

Contoh Nota Bon & Kontan Pembelian ATK

Format nota atau kwitansi dari sekolah atau dinas terbilang cukup sederhana saja. Contohnya ada dibawah ini.

bon pembelian atk


contoh nota pembelian atk

Anda bisa contoh nota kontan pembelian ATK kosong file doc Word diatas pada link download dibawah ini.

DOWNLOAD/download/button


Pengadaan ATK

Mengidentifikasi permintaan sangat penting untuk menentukan secara akurat cara membeli barang/jasa. Ini termasuk menilai apakah manajemen mandiri atau manajemen melalui Penyedia sesuai. Apakah swakelola dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK)? Mari kita simak lebih dekat penjelasannya di bawah ini.

Swakelola adalah suatu cara memperoleh barang/jasa yang melibatkan analisis dan penentuan apakah kemampuan pemerintah sendiri, khususnya sumber daya manusia/pegawai, mampu melakukan tugas tersebut. K/L/PD selaku penanggung jawab anggaran, instansi pemerintah lainnya, dan/atau organisasi masyarakat, merencanakan, melaksanakan, dan/atau mengevaluasi swakelola.

Bisakah Pengadaan ATK, sekali lagi, dikelola sendiri? Karena ATK adalah substansi, maka misi utama pemerintah bukanlah untuk menyediakan atau menciptakan ATK, karena tidak ada tugas, prinsip, dan fungsi (tupoksi) yang ditetapkan untuk menghasilkan ATK.

Dengan demikian, tujuan Pengadaan ATK adalah untuk memilih pemasok. Namun, ATK mungkin diperlukan untuk tujuan membentuk swakelola dalam suatu kegiatan; misalnya ada dokumen Pengadaan Kegiatan Bimtek (Bimbingan Teknis) yang memuat informasi persyaratan, khususnya berupa ATK. Dengan demikian, meskipun kegiatan bimbingan teknis dilakukan secara swakelola, ATK tetap memegang kendali atas penyedia. Dengan demikian, pembelian ATK tidak dapat diatur sendiri; namun demikian, aktivitas yang membutuhkan ATK tersebut dapat dikelola sendiri.

Baca: Contoh Nota Bengkel Mobil alert-info

Proses Pengadaan ATK

Proses Pengadaan ATK di Bisnis – Peran Kritis Pengadaan dan Manajemen ATK di Bisnis – masjamal

Organisasi yang terorganisir dengan baik akan melakukan proses pengadaan ATK dengan tertib. Dimulai dengan pemilihan jenis dan merek peralatan, verifikasi produk, pemilihan vendor, dan pembelian barang yang sedang berlangsung.

Biasanya, pengadaan ditangani oleh satu orang atau divisi. Bagian ini sering disebut sebagai divisi pembelian. Perannya adalah untuk mengawasi perolehan dan administrasi alat tulis yang digunakan oleh banyak departemen perusahaan.

Baca Dulu: Contoh Nota Konter Pembelian Pulsa Hp alert-info

Hampir semua jenis bisnis, baik swasta maupun publik, membutuhkan prosedur pengadaan alat tulis kantor. Namun, ada beberapa perbedaan dalam prosesnya:

Pembelian alat tulis untuk usaha swasta

Prosedur pengadaan di perusahaan swasta lebih mudah daripada di perusahaan milik negara atau organisasi pemerintah. Tanpa melakukan lelang atau memilih vendor, vendor bisa langsung ditunjuk. Kualitas ATK dapat dievaluasi di bawah yurisdiksi divisi pengadaan.

Perusahaan swasta juga diperbolehkan untuk memilih pemasok atau membeli ATK secara langsung sesuai dengan kendala keuangan mereka. Yang terpenting, penatausahaan dan penggunaan ATK harus dilakukan dengan sangat hati-hati untuk memastikan bahwa uang dibelanjakan secara efisien.

Akuisisi ATK untuk Badan Usaha Milik Negara atau Layanan Pemerintah

Sedangkan proses pengadaan di BUMN atau instansi pemerintah harus mengikuti prosedur lelang atau tender. Tujuannya untuk memastikan proses pengadaan bebas dari KKN atau bentuk kecurangan lainnya. Sebelum tahap verifikasi, dokumen legalitas untuk lelang ini diseleksi secara ketat.

Baca Juga:

Biasanya, pengadaan dalam jangka waktu yang lama, seperti satu tahun, memang membutuhkan investasi keuangan yang signifikan. Akibatnya, prosedur harus terbuka dan mematuhi peraturan.

judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post