Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Contoh Nota Kosong Service & Pembelian Barang dari Toko Elektronik

CVSurat - Saat ini, ada banyak situs yang menyediakan banyak pilihan contoh nota elektronik dan bisa Anda download. Jika membutuhkannya, usahakan untuk melakukan download nota yang bisa diedit agar memudahkan Anda dalam proses produksi atau pencetakan.

Contoh nota elektronik

Baca Dulu : Contoh Nota Pembelian HP alert-info

Gambaran Contoh Nota Toko Elektronik


Gambaran contoh nota elektronik


Nota toko elektronik biasanya berbeda dari nota biasa. Di dalmnya ada unsur-unsur tertentu yang perlu dicantumkan, karena produknya khusus, demikian juga dengan seri atau tipe yang dipasarkannya. Namun, secara umum, unsur utamanya tetap sama seperti nota biasa.

Unsur yang Harus Dicantumkan Dalam Nota Elektronik

Yang harus dicantumkan dalam nota elektronik


Secara umum, Anda dapat menggunakan beberapa unsur di bawah ini sebagai acuan dalam membuat nota elektronik. Selain itu, carilah contoh nota elektronik  yang sesuai standar ini sebagai bahan referensi sebelum Anda mulai membuatnya.

Identitas Toko

Hal pertama dan utama untuk dimasukkan ke dalam nota adalah identitas toko. Identitas tersebut meliputi banyak aspek, seperti nama toko, nomor telepon, dan alamat toko secara spesifik. Pastikan semua informasi tertulis dengan jelas dan tidak ada kesalahan.

Tanggal Pembelian

Di samping identitas toko sebagai pencipta kesan terbaik, tanggal pembelian harus Anda cantumkan di dalam nota. Berikan ruang khusus untuk menempatkan kolom tersebut karena peran dan manfaatnya sangat penting.

Nama Barang

Unsur ketiga yang harus tercantum di nota adalah nama barang. Kolom untuk bagian ini biasanya dibuat lebih panjang sebagai ruang penulisan. Hal itu sengaja dilakukan karena setiap benda elektronik memiliki nomor seri atau tipe tertentu, sehingga lebih mudah dalam melakukan rekap data.

Umumnya, setiap barang dibuatkan kolom tersendiri. Satu barang menempati satu kolom. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam proses pengecekan dan penghitungan jika terdapat kekeliruan dalam menghitung secara keseluruhan.

Banyaknya Barang

  • Banyaknya barang adalah kolom penunjuk jumlah barang yang dibeli konsumen. Oleh karenanya, unsur ini wajib ada di dalam nota elektronik. Hal ini sangat penting untuk konsumen yang melakukan pembelian dalam jumlah banyak sebagai bukti valid atau laporan pertanggungjawaban.

Harga Satuan

Unsur selanjutnya adalah harga satuan dari barang yang dibeli. Kolom ini dibuat untuk memudahkan karyawan dalam menuliskan detail transaksi. Selain itu, harga satuan juga mempermudah saat akan melakukan penghitungan total belanja.

Baca Juga :

Harga Total

Harga total umumnya terdiri dari 2 kolom. Kolom pertama adalah harga total setiap barang (pembelian dalam jumlah besar), dan harga total secara keseluruhan. Keduanya sengaja dibuat dalam letak yang berbeda untuk memudahkan dalam proses penghitungan masing-masing barang.

Cobalah untuk mencari contoh nota pembelian barang elektronik, dan Anda akan menemukan kolom harga total yang memiliki 2 tata letak berbeda. Cara ini sudah banyak digunakan dan terbukti efektif dalam mengatasi human error.

Tanda Terima

Aspek terakhir yang harus tercantum di dalam nota pembelian elektronik adalah tanda terima. Pada umumnya tanda terima berupa tanda tangan dari penjual atau karyawan toko. Ada pula yang menambahkan nama terang sebagai penanda di dalam nota.

Tanda terima tersebut memiliki fungsi sebagai verifikasi data apabila dalam masa garansi pelanggan yang bersangkutan mengajukan komplain. Anda dapat melakukan pengecekan pada bagian tanda terima, karena disitulah terdapat keterangan siapa yang menerima transaksi.

Download Contoh Nota Kosong Toko Elektronik Pdf

Dibawah ini adalah contoh nota kosong untuk pembelian dan service barang dari toko elektronik bisa Anda lihat dan download pada link dibawah ini.

contoh nota kosong toko elektronik

Download Pdf/download/button        Download Doc/download/button


Ketahui :

Walaupun terlihat sepele, pembuatan nota memang memiliki peran tersendiri. Berkaitan dengan nota di penjualan elektronik, jika Anda juga menyediakan layanan service, jangan lupa siapkan juga nota service elektronik yang sesuai. Untuk detailnya, Anda bisa memodifikasinya dari model nota sebelumnya.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Download Contoh Nota Kosong Service & Pembelian Barang dari Toko Elektronik"