Contoh Nota Tagihan Rumah Sakit


Nota rumah sakit merupakan salah satu dokumen penting bagi pasien maupun petugas kesehatan yang perlu disimpan. Dokumen ini bisa disimpan dalam bentuk foto nota rumah sakit agar mudah ditemukan ketika digunakan. Simak ulasan berikut ini mengenai nota biaya rumah sakit.

Nota Rumah Sakit

Baca Dulu : Nota Pembelian ATK alert-info

Fungsi Nota Tagihan Rumah Sakit

Hal pertama yang perlu dipahami mengenai nota pembayaran rumah sakit adalah fungsi dari dokumen tersebut. Nota tagihan ini memiliki fungsi utama sebagai bukti agar transaksi di rumah sakit tersebut dianggap sah dan pasien sudah menjalankan kewajibannya.

Sementara bagi pihak rumah sakit fungsi dari nota tagihan ini adalah untuk memudahkan pencatatan bagian keuangan karena menjadi salah satu dokumen akuntansi. Pembuatan nota pembayaran ini umumnya ditujukan untuk dua pihak, yaitu rumah sakit dan pasien yang akan menyimpan salinannya.

Nota tagihan rumah sakit akan diberikan dalam bentuk dokumen cetak berisi informasi apa saja perawatan serta obat yang diberikan. Tak lupa di bagian akhir nota akan disertakan berapa jumlah tagihan yang wajib dilunasi oleh pasien setelah selesai masa pengobatan.

Format Foto Nota Rumah Sakit

Format Nota Rumah Sakit


Nota rumah sakit memiliki format khusus dengan susunan sesuai dengan kebijakan lembaga kesehatan tersebut. Hal utama yang ada di dalam not tersebut, yaitu kop berisi logo, nama rumah sakit, alamat, serta kontaknya.

Contoh Nota Rumah Sakit


Setelah itu, terdapat juga keterangan bukti pembayaran beserta nomor nota untuk membuktikan bahwa dokumen tersebut sah. Lalu, terdapat nama pasien dan diikuti dengan keterangan siapa dokter yang menanganinya.

Format berikutnya adalah daftar jenis tindakan dan obat yang diterima diikuti dengan rincian biayanya. Berikutnya, terdapat jumlah nominal total biaya serta cara pembayaran yang dipilih oleh pasien. Terakhir, di bagian bawah terdapat keterangan waktu serta tanda tangan dari pasien dan petugas.

Baca Juga :

Contoh Nota Dinas Rumah Sakit

Contoh Nota Dinas Rumah Sakit


Selain nota pembayaran, pada rumah sakit terdapat juga dokumen yang dijadikan sebagai perintah dinas, nota dinas ini dikeluarkan untuk suatu keperluan tertentu yang berkaitan dengan perintah atau kegiatan administrasi petugas rumah sakit.

Sama halnya dengan bukti tagihan, nota dinas rumah sakit ini juga memiliki format khusus yang bentuknya seperti surat resmi. Format yang paling atas adalah informasi mengenai logo, nama rumah sakit, alamat, serta kontak aktif.

Berikutnya, ada keterangan dari mana nota dinas rumah sakit tersebut berasal serta tanggal penerbitannya. Lalu, terdapat keterangan lampiran jika terdapat dokumen yang diikutsertakan dalam nota dinas tersebut.

Selanjutnya terdapat isi nota, yaitu inti dokumen ini karena berisi apa hal yang diinginkan oleh pengirim. Terakhir, di bagian bawah akan diberi keterangan identitas pengirim nota dinas yang dibubuhi dengan tanda tangan basah.

Cara Menyimpan Foto Nota Rumah Sakit

Penyimpanan nota biaya rumah sakit penting untuk dilakukan karena dokumen tersebut bersifat penting, bagi pasien maupun bagian keuangan. Simak panduan berikut ini mengenai panduan cara menyimpan nota pembayaran rumah sakit 2021.

Menyimpan Bukti Transaksi dalam Satu Folder

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menyimpan nota rumah sakit dalam satu map atau folder. Anda bisa menambahkan keterangan di bagian sampul map mengenai periode dokumen tersebut agar mudah menemukannya. Selain itu, dokumen tersebut bisa dibedakan dengan kode warna.

Selanjutnya, pastikan bahwa dokumen ini bisa terbaca dengan baik dan usahakan untuk memiliki salinannya. Tujuannya adalah agar Anda tetap memiliki salinannya agar memudahkan untuk menggunakannya ketika sedang dibutuhkan.

Menyimpan dalam Bentuk Digital

Satu lagi cara yang bisa digunakan adalah menyimpan berbagai contoh nota rumah sakit PDF atau dalam bentuk digital. Penyimpanan nota pembayaran rumah sakit dalam bentuk digital ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan cara manual.

Kelebihan pertama menyimpan nota pembayaran rumah sakit dalam bentuk digital, yaitu lebih hemat ruang karena tidak memerlukan banyak lemari maupun map. Selain itu, Anda tidak perlu takut akan kehilangan atau mengalami kerusakan dokumen karena nantinya bisa langsung mengunduhnya.

Ketahui :

Cara penyimpanan nota pembayaran rumah sakit dalam bentuk foto atau digital ini juga bisa dijadikan sebagai solusi karena dokumen fisik bisa mengalami penurunan kualitas. Dokumen dalam bentuk foto tidak akan pudar dan tetap bisa dibaca lagi kapanpun.


judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post