Syarat Kerja ke Korea Tanpa Tes Untuk Wanita & Pria


CVSurat - Bisakah kerja ke Korea tanpa tes apapun? Kerja ke Korea tanpa tes 2022 merupakan hal yang jarang ditemui karena hampir setiap penyalur tenaga kerja pastinya mewajibkan adanya tes agar lolos diterima sebagai pekerja tetap maupun pekerja magang di luar negeri.

Kerja ke Korea tanpa tes

Terlebih Korea Selatan merupakan negara yang cukup ketat dalam menerima tenaga kerja, jika sampai tidak memenuhi satu buah persyaratan sekalipun maka pendaftarannya bisa ditolak mentah-mentah. Walau begitu, kalian bisa kok kerja ke Korea tanpa perlu mengikuti tes apapun. Jika penasaran, silakan simak terus artikel di bawah ini.

Baca Juga : Syarat Melamar Kerja di ISS Cleaning Service alert-info

Seputar Pendaftaran TKA ke Korea

Perlu kalian tahu, berdasarkan kerjasama tenaga kerja antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Korea Selatan, ditetapkan aturan bahwa “Setiap pencari kerja yang akan bekerja ke Korsel harus mengikuti model sistem poin yang dilakukan oleh HRD (Human Resource Development) Korea”.

Sistem poin ini tidak hanya mengatur tentang kemampuan berbahas Korea dari si pelamar kerja namun juga dari ketrampilan di keahlian di bidang manufaktur sesuai dengan lowongan kerja yang akan diambil.

Walau begitu, aturan ini hanya jika pelamar kerja bekerja di bawah mekanisme EPS (Employment Permit System). Dengan mekanisme EPS ini, selain harus memenuhi kualifikasi data pribadi, para pelamar kerja juga harus mengikuti beberapa tahap ujian yakni:

1. Ujian EPS TOPIK

ujian eps topik

Merupakan ujian tahap pertama yang merupakan test CBT (Computer Basic Test) dimana kalian harus menjawab semua pertanyaan yang terdapat dalam soal di layar komputer. Soal-soal yang terdiri dari EPS TOPIK meliputi:

  • Ujian pilihan ganda sebanyak 25 pertanyaan (25 menit)
  • Ujian mendengarkan sebanyak 25 pertanyaan (25 menit)
  • Skor kelulusan minimal ialah 47.5 poin

2. Ujian Skill dan Competency

ujian skill dan competency

Ujian ini merupakan ujian tahap kedua  yang dilakukan beberapa  waktu setelah ujian tahap pertama dinyatakan lolos. Inti dari ujian ini adalah untuk menguji fisik dan kompetensi para pelamar kerja. Karena itulah dibuat 3 bagian test yang meliputi:

  • Test kekuatan  fisik
  • Test wawancara
  • Test kemampuan dasar kerja

Setelah mengikuti test pertama dan kedua, maka nantinya poinnya akan digabungkan antara poin akhir skor ujian pertama dan skor akhir dari test tahap kedua. Hasil test sendiri akan diumumkan di situs www.bnp2tki.go.id.

Umumnya, tiap tahun hanya ada 3 ribuan orang yang lolos program G to G ke Korea dari semua pendaftar di seluruh Indonesia, jadi kesempatan ini sangat langka dan sulit untuk bisa dilakukan oleh semua orang. 

Karena itulah banyak orang yang ingin mencoba cara kerja ke Korea tanpa tes yang memungkinkan untuk mendapatkan kerja lebih mudah. Nah berikut kami berikan beberapa caranya yang bisa kalian ikuti.

Ketahui :

Cara Kerja ke Korea Tanpa Tes yang Bisa Kalian Coba

cara kerja ke korea tanpa tes

Untuk bisa bekerja di Korea tanpa perlu tes, silakan cobalah langkah-langkah yang kami bagikan berikut ini:

a) Hubungi Rekan Kerja yang Berada di Korea

Jika kalian punya kenalan terhadap orang yang bekerja di Korea, maka manfaatkan kesempatan ini untuk bisa bekerja di sana dengan menghubungi orang tersebut. Mungkin kalian bisa ditempatkan bekerja di perusahaan yang sama ataupun berbeda.

Apabila perusahaan yang menjadi tempat rekan kalian bekerja tersebut sedang membutuhkan karyawan baru, tentu kesempatan kalian untuk diterima kerja lebih besar. Dan tentunya kalian tidak perlu mengikuti test CBT atau test lainnya, hanya mengikuti interview dari perusahaan tersebut.

b) Tunggu Lowongan Khusus

Memang hal ini jarang ada, namun biasanya tetap ada perusahaan atau produsen yang tidak memerlukan test khusus, hanya butuh keahlian yang dimiliki.

Biasanya hal ini untuk keperluan kerjaan yang berat seperti di sawah dan perkebunan, sebagai jasa bongkat muat, pekerja di pelabuhan, atau lainnya. Pekerjaan semacam ini umumnya tidak butuh test yang rumit yang penting kalian bisa membuktikan kemahairan dan tekad bekerja di posisi tersebut. 

c) Cari Lowongan Kerja di Sosial Media

Umumnya banyak pihak yang menyediakan jasa penyalur kerja ke Korea di sosial media baik yang dengan tes maupun tanpa tes. Walaupun tanpa tes, namun tetap harus memenuhi beberapa persyaratan administrasi seperti halnya:

  • Minimal pendidikan SMA
  • Memiliki sertifikat Lulus Pendidikan Bahasa Korea dari LPK
  • Memiliki sertifikat bidang keahlian dari LPK

Di sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram biasanya ada yang menawarkan lowongan kerja di korea untuk wanita 2022 dengan sistem bayar di depan atau sistem potong gaji. Namun kalian tentunya harus berhati-hati saat memilih jasa penyalur  tenaga kerja yang tepat agar tidak sampai di tipu.

Ketahui :

Nah itulah beragam cara kerja ke kora tanpa tes yang bisa kalain lakukan. Jika dirasa terlalu berisiko, maka mau tidak mau silakan ikuti saja ujian CBT secara resmi yang diadakan oleh pemerintah Indonesia.

judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post