Contoh Surat Lamaran Kerja di Bengkel Mobil & Motor Resmi


Contoh surat lamaran kerja di bengkel menjadi salah satu contoh surat yang banyak dicari dan digunakan bagi mereka yang mau melamar sebagai teknisi di sebuah bengkel. Terlebih saat ini banyak lulusan SMK otomotif yang biasanya setelah lulus akan langsung mencari kerja. Karena itu, mereka butuh format contoh surat lamaran yang baik dan benar.

Dalam pembuatan surat lamaran, kita perlu memperhatikan beberapa hal penting sehingga surat lamaran kerja tersebut dapat memberikan kesan yang baik kepada pihak bengkel. Contoh surat lamaran kerja di bengkel motor dapat kita temukan di internet. 

contoh surat lamaran kerja di bengkel

Internet juga menyajikan contoh surat lamaran kerja di bengkel Honda dan contoh surat lamaran kerja di bengkel Ahass. Untuk membuat surat lamaran yang baik, kita sebaiknya menggunakan contoh surat lamaran kerja di bengkel resmi. Dibandingkan dengan surat lamaran yang tidak resmi, surat lamaran kerja yang resmi terlihat jauh lebih menarik. 

Contoh surat lamaran kerja di bengkel Yamaha menjadi bagian dari surat lamaran kerja resmi. Selain itu, contoh surat lamaran kerja di bengkel mobil juga menjadi bagian dari surat lamaran resmi.

Baca Dulu: Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir alert-info

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bengkel Mobil / Motor yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah contoh format surat lamaran kerja di bengkel mobil ataupun motor yang bisa Anda jadikan rujukan:

                      Semarang, 12 April 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan 

Lampiran : 5 Berkas 


Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 


Nama : Dedy Cahyadi 

Tempat/Tgl/Lahir: Semarang 18 Juni 2000 

Alamat : RT 03 RW 01 Perum Cempaka II Pedurungan Semarang

No. HP : 0812-3456-7890 


Berdasarkan informasi harian Karya Jaya POS pada Tanggal 1 April 2022, bahwa Service Mobil "Garuda" yang Bapak Pimpin membutuhkan karyawan sebagai teknisi service mobil. 


Dengan ini, saya mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak Pimpinan. Saya yakin mampu memberikan kontribusi terhadap tempat usaha Bapak karena saya sudah 5 tahun bekerja di jasa Service Mobil "Surya Mobil" Tangerang. Dan saat ini saya harus keluar dari Jasa Service Mobil tersebut karena pindah kota ke Semarang karena mengikuti tugas istri sebagai PNS. 


Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan; 

1. Fotokopi Ijazah Terakhir 

2. Daftar Riwayat Hidup 

3. Fotokopi SKCK 

4. Fotokopi KTP 

5. Pas Foto 4x6 


Demikian untuk menjadikan bahan pertimbangan, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan / Tempat Jasa Service Mobil yang Bapak Pimpin. 

Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini, saya ucapkan Terima kasih. 

                                                                                                Hormat saya, 


                                                                                                Dedy Cahyadi 

Contoh surat lamaran kerja di bengkel yang baik dan benar memiliki bagian surat yang wajib dipenuhi. Bagian surat tersebut tertera di dalam surat lamaran dan harus dibuat dengan cara yang teratur. Berikut ini merupakan bagian dari surat lamaran kerja yang resmi:

  1. Tanggal dan tempat penulisan surat
  2. Nama orang, gelar dan jabatan pihak menerima surat lamaran. Tidak hanya sosok penerima, pada bagian ini juga dapat dicantumkan nama perusahaan
  3. Alamat bengkel yang dituju
  4. Salam pembuka
  5. Kata pengantar
  6. Paragraf pertengahan
  7. Penutup dan tanda tangan
  8. Lampiran

Contoh surat lamaran kerja di bengkel Honda atau perusahaan lainnya dibuat dengan cara yang impresif. Ketika membuat surat lamaran kerja di bengkel, kita dapat menggunakan gaya penyampaian yang tidak arogan dan seimbang. 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Makan alert-info

Surat lamaran tersebut juga sebaiknya mampu menarik minat perusahaan agar dapat memperkerjakan kita di bengkel yang mereka kelola. Surat lamaran kerja perlu memperhatikan kerapian penulisan. Kerapian penulisan sangat diutamakan ketika membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja juga harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Mengemukakan alasan dan tujuan melamar kerja
  • Menjelaskan kualifikasi yang diraih
  • Menggunakan kalimat yang efektif
  • Menggunakan bahasa yang benar dan baik serta sesuai dengan kaidah yang berlaku
  • Contoh Surat Lamaran Kerja di Bengkel Resmi yang Menarik

Contoh surat lamaran kerja di bengkel resmi yang menarik harus memenuhi beberapa kriteria yang telah dijelaskan di atas. Surat lamaran kerja tersebut harus dapat menarik minat pembacanya. Agar pembaca merasa tertarik, surat lamaran kerja sebaiknya menjelaskan akan bidang relevan yang kita kuasai. 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Satpam alert-info

Perusahaan jasa seperti bengkel nantinya akan lebih paham mengenai kemampuan calon pekerjanya. Kualifikasi pekerja dapat menjelaskan mengenai pengalaman dan prestasi yang dimiliki oleh pelamar kerja. Untuk mendukung kualifikasi tersebut, kita dapat melengkapinya dengan bukti pendukung, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih.

Contoh surat lamaran kerja di bengkel Yamaha harus dibuat dengan bahasa yang ringkas, padat dan baku. Bahasa menjadi media yang penting dalam pembuatan surat lamaran kerja. Jika kita melakukan kesalahan dalam penulisan, nilai surat tersebut akan berkurang. Karena hal inilah, kita harus memastikan menggunakan bahasa padat, ringkas dan baku ketika membuat surat lamaran pekerjaan. Jika membuat dengan cara diketik, kita juga harus memastikan untuk menghindari kesalahan pengetikan.

,Contoh surat lamaran kerja di bengkel mobil dibuat dengan kalimat yang efektif. Kita perlu menghindari penggunaan kalimat yang diulang, tata bahasa buruk dan ejaan yang salah. Kalimat tidak perlu dibuat dengan basa-basi karena pembaca dapat dibuat bingung. Kerapian penulisan harus diperhatikan dengan baik pada saat membuat surat lamaran pekerjaan. 

Baca Juga:

Huruf yang mudah dibaca merupakan jenis huruf yang dapat kita gunakan. Surat lamaran yang diketik pada umumnya menggunakan penulisan dengan gaya Times New Roman. Ukuran huruf yang digunakan adalah 12 pt. Surat ditulis dengan menjelaskan akan alasan dan tujuan melamar di bengkel. Langkah ini bertujuan untuk menyakinkan perusahaan mengenai kontribusi dan dedikasi yang dapat kita berikan.


judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post