Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Poster Keselamatan Kerja K3 di Laboratorium / Perusahaan

CV Surat - Contoh poster keselamatan kerja di laboratorium apa saja? Sangat banyak, karena punya fungsi sangat penting agar siapapun yang ada di dalam ruangan tersebut tahu bagaimana cara menjaga keselamatan selama bekerja.

Contoh Poster Keselamatan Kerja Di Laboratorium

Baca Juga : Contoh Stempel Dokter alert-info

Apalagi, sebuah laboratorium sangat rentan menjadi tempat terjadinya musibah seperti ledakan, kebakaran, hingga tersiram bahan berbahaya yang bisa mengancam nyawa. Untuk mencegah hal tersebut, penting untuk menempatkan sejumlah poster yang tepat.

Contoh Spanduk K3 Perusahaan

Setiap perusahaan, memang harus memperhatikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) siapa saja yang bekerja disana. Selain aturan, spanduk berisi beberapa hal penting terkait K3 juga perlu ditempatkan. Contohnya:

1. Penggunaan Alat Pelindung Diri

Contoh Spanduk K3 Perusahaan

Menggunakan alat pelindung diri sangat dibutuhkan saat sedang berada di area kerja. Terutama di pabrik, laboratorium, ruangan kerja khusus yang berhubungan dengan material-material tertentu, hingga ruang terbuka yang sangat rentan menjadi lokasi terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu, diperlukan poster di area kerja tepatnya sebelum pintu masuk utama berupa apa saja alat pelindung diri yang digunakan dan bagaimana cara menggunakannya. Selain membuat siapa saja ingat untuk selalu memakai alat-alat tersebut, proses pengecekan oleh petugas keamanan juga akan lebih mudah.

Poster Penggunaan Alat Pelindung Diri

Untuk area kerja laboratorium biasanya dibutuhkan baju khusus, sarung tangan lengan panjang atau pendek sesuai pekerjaan di dalam laboratorium tersebut. Kemudian kacamata untuk melindungi mata, masker pelindung hidung dan mulut, penutup kepala, dan pastinya sepatu safety.

Contoh Poster Keselamatan Kerja K3 di Laboratorium


Sama halnya dengan pekerja konstruksi dan lokasi kerja lainnya, jenis alat pelindung diri yang dibutuhkan tentu akan berbeda-beda disesuaikan dengan lokasi kerja masing-masing.

2. Menghindari Bahan Berbahaya

Poster Menghindari Bahan Berbahaya


Potensi bahaya di dalam sebuah lokasi kerja juga sangat bervariasi, mencegah hal itu terjadi sangat penting dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan contoh gambar keselamatan kerja yang menjelaskan tentang potensi bahaya di area tersebut.

Contohnya, seperti pada gambar yaitu menjelaskan tentang material dengan gas bertekanan, radioaktif, beracun, bahaya jika terkena air, dan lainnya. Poster ini ditempatkan di posisi tepat supaya mudah terlihat oleh pekerja. Kemudian mereka menjadi lebih aware untuk menghindari material-material berbahaya tersebut.

Poster Menghindari Bahan Berbahaya


3. Sosialisasi Keselamatan Kerja

Sosialisasi Keselamatan Kerja


Untuk mensosialisasikan keselamatan kerja, juga bisa melalui poster keselamatan kerja yang tepat dan mudah dipahami. Misalnya, dengan memberikan informasi tentang bagaimana cara selamat selama bekerja di lokasi tertentu.

Sosialisasi Keselamatan Kerja di Laboratorium


Bisa juga dengan menyelipkan ungkapan bercanda, namun ditutup dengan pesan agar tetap selamat di lokasi kerja. Poster-poster yang tepat, akan lebih mudah diimplementasikan tujuannya ketimbang poster kaku dengan narasi terlalu panjang tanpa adanya visualisasi pendukung.

Baca Juga :

Manfaat Poster Keselamatan Kerja di Lokasi Kerja

Menggunakan berbagai poster untuk menghimbau dan mengingatkan tentang pentingnya selamat selama bekerja, memiliki berbagai manfaat. Mulai dari poster keselamatan kerja di bengkel, laboratorium, hingga pabrik skala besar. Apa saja manfaatnya?

  • Meminimalisir resiko kecelakaan kerja, meskipun harus tetap dilengkapi dengan himbauan lisan dan aturan yang ketat agar keselamatan kerja benar-benar terjaga selama jam kerja berlangsung.
  • Meningkatkan kesadaran tentang hal-hal berbahaya yang mungkin terjadi. Sehingga, ketika indikasinya muncul maka bisa diantisipasi dengan lebih maksimal. Sebagai contoh, adanya poster tentang cara menggunakan alat pemadam api. Ketika terjadi percikan api dari korsleting listrik bisa segera diatasi dengan memakai alat tersebut, tanpa harus menunggu terlalu lama.

Ketahui :

Mulai sekarang cobalah untuk menjadikan berbagai contoh spanduk keselamatan kerja sebagai acuan dalam upaya menjaga lokasi pekerjaan menjadi lebih aman dan minim masalah. Jika bukan dimulai dari Anda, siapa lagi yang akan melakukannya?

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh Poster Keselamatan Kerja K3 di Laboratorium / Perusahaan"