Contoh Cara Membuat Surat Izin Suami Untuk Istri Bekerja di Pabrik


Surat izin suami untuk melamar kerja menjadi berkas penting yang dibutuhkan oleh pekerja dengan status sudah berkeluarga. Keharusan tersebut membuat para ibu rumah tangga membutuhkan contoh surat izin suami untuk melamar kerja sebagai acuannya. Info lebih lanjut tentangnya ada di bawah ini.

contoh surat izin suami untuk melamar kerja

Baca Dulu : Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Alfamart alert-info

Contoh Surat izin Suami Untuk Melamar Kerja

Dibawah ini adalah contoh surat izin suami untuk melamar  kerja yang bisa Anda copy langsung ke Ms Word.

Berdasarkan keterangan dalam surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Arif Anggara
Alamat : Tulungrejo RT 1 / RW 3, Ds. Resapombo, Kec. Doko, Blitar
Status : Suami

Yang merupakan suami dari:

Nama : Indah Prastanti
Alamat : Tulungrejo RT 1 / RW 3, Ds. Resapombo, Kec. Doko, Blitar

Menyatakan bahwa saya mengizinkan istri saya untuk bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu.

Demikian surat Keterangan ini saya tulis dengan sebenar-benarnya, untuk digunakan sebagaimana mestinya.


                                            Blitar, 3 Juni 2022
                                            Hormat Saya



                                                                                              Arif Anggara
                                                                


contoh surat izin suami untuk melamar kerja

Baca Juga :

Unsur Pokok Dalam Surat Izin Suami untuk Melamar Kerja

Unsur Pokok Dalam Surat Ijin Suami


Ada beberapa unsur pokok yang harus terdapat di dalam surat izin suami untuk bekerja. Jika Anda memperhatikan contoh surat izin suami untuk melamar kerja pada umumnya, maka akan menemui unsur di bawah ini di dalamnya. Biasanya akan ada perbedaan dalam susunan atau tata letaknya.

Judul Surat

Judul surat adalah hal pokok dan wajib dicantumkan dalam dokumen yang akan dibuat. Hal ini menjadi keterangan utama dari surat tersebut. Selain itu, judul juga berfungsi sebagai pendefinisian jenis dokumen atau surat terkait.

Judul surat ditulis dengan huruf kapital semuanya. Ukuran standar untuk judul adalah 14 pt serta diberikan efek tebal (Bold). Jangan lupa untuk memastikan font yang digunakan yaitu Times New Roman sebagai standar dokumen pada umumnya.

Posisi judul adalah center (rata tengah) sebagai penunjuk dan kesan menonjol. Hal ini juga merupakan aturan umum yang sudah berlaku dan dijalankan oleh semua lembaga dan instansi. oleh karenanya, jangan lupa memastikan pengaturan paragraf pada posisi center.


Identitas Suami

Aspek kedua yang tak kalah penting dan wajib ada yakni identitas dari suami. Sebagaimana dalam aturan agama yang mengharuskan seorang istri untuk meminta izin dalam segala keperluannya, maka melamar kerja pun juga demikian.

Hal ini bertujuan untuk dijadikan sebagai arsip perusahaan atas semua karyawan yang bekerja di lembaganya. Selain itu, identitas suami juga menjadi bukti penguat dalam pemberian izin kepada istri untuk bekerja.

Identitas suami juga akan menjadi sorotan di berbagai contoh surat izin suami untuk bekerja di luar negeri. Tanyakan hal ini kepada saudara atau teman yang bekerja sebagai TKW di luar negeri. Mayoritas yang sudah berkeluarga akan membutuhkan dokumen tersebut untuk persyaratan.

Identitas Istri

Identitas istri juga wajib dicantumkan dalam surat izin suami. Anda dapat meletakkan identitas diri di bawah identitas dari suami. Secara runtut akan terbaca suami memberikan izin kepada istri untuk bekerja di perusahaan yang akan dilamar.

Sama dengan identitas suami, yang perlu dicantumkan adalah nama lengkap, status, dan alamat. Beberapa perusahaan meminta tambahan kontak yang bisa dihubungi sebagai antisipasi kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi.

Nama Perusahaan yang Akan Dilamar

Aspek keempat yang harus ada di surat izin suami untuk bekerja adalah nama perusahaan yang akan dilamar. Letaknya berada di bawah identitas istri. Umumnya akan diberikan tambahan berupa “untuk melamar menjadi (posisi yang dilamar) di (perusahaan yang dituju)”.

Pada bagian ini, gunakan pengaturan paragraf pada posisi rata kiri sesuai dengan komponen sebelumnya. Selain sebagai aturan umum yang sudah berlaku, secara estetika juga akan lebih enak dilihat dan dipahami. 

Kota Pembuatan Surat Izin

Hal terakhir yang harus ada di dalam surat izin bekerja dari suami yaitu kota pembuatan surat izin. Seperti pada dokumen pada umumnya, posisi kota pembuatan berada di sebelah kanan paling bawah beserta tanda tangan suami.

Cara Membuat Surat Izin Suami Untuk Melamar Kerja

Secara ringkas, membuat surat izin ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan format dokumen sesuai ketentuan yang dibutuhkan instansi tujuan. Kemudian, masukkan unsur-unsur yang sudah disebutkan di atas. Jangan lupa, gunakan kalimat yang baik, dan informasi sejelas-jelasnya.

Ketahui :
Gunakan contoh surat izin suami untuk melamar kerja yang terdapat di internet guna memudahkan dalam pembuatannya. Jangan lupa terapkan cara pembuatan yang runtut juga.
judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post