Siup Perusahaan Kecil Dan Menengah Diterbitkan & Ditandatangani Oleh Siapa?


CVSurat.my.id - Mungkin dalam benak Anda ada pertanyaan seperti "Siup perusahaan kecil dan menengah diterbitkan dan ditandatangani oleh siapa ?". Pertanyaan ini biasanya muncul pada seseorang yang mulai membuka usaha. Nah, artikel kali ini akan berusaha menjawab dan menjelaskan seputar pertanyaan tersebut. Yuk lanjut baca!

Pengertian SIUP

siup perusahaan kecil dan menengah diterbitkan dan ditandatangani oleh

SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) merupakan bukti legal suatu usaha yang dijalankan oleh individu maupun kelompok. SIUP wajib dibuat oleh setiap pengusaha. Hal ini karena proses pembuatan yang mudah dan ditandatangani pemerintah.

Banyak keuntungan yang diperoleh setiap pengusaha setelah mengantongi SIUP diantaranya sebagai berikut :

  1. Ketika ada pengecekan tidak lagi terjadi masalah Perizinan,
  2. Kegiatan ekspor impor lancar 
  3. Dapat mengikuti pelatihan mengenai kiat-kiat penjualan.

KEUNTUNGAN MEMILIKI SIUP

Dalam aturan menteri Kemdibud , SIUP dibedakan menjadi 3 bagian :

  1. SIUP mikro merupakan  usaha yang memiliki Aset dibawah 50 juta.
  2. SIUP kecil merupakan usaha dengan aset 50 sampai 500 juta.
  3. SIUP Menengah merupakan usaha dengan jumlah aset 500 juta Sampai 1 milliar.
  4. SIUP besar merupakan usaha dengan jumlah asetnya di atas 10.000 milliar.

SIUP sebagai tanda kelegalan suatu usaha dimana pada bidang jasa SIUP diperuntukan dalam usaha penyediaan jasa dan sewa barang, sedangkan untuk bidang jual beli barang hanya untuk barang yang jadi atau tidak perlu proses pengolahan.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang alert-info

Berbagai opini dari lapisan masyarakat baik itu yang positif maupun negatif mulai menimbulkan konflik. Hal ini karena azas kecemburuan antara pihak yang memperoleh keuntungan dengan yang tidak. Entah harus menyalahkan siapa atas k3tidakadilan namun inilah realita. Terkadang kaca mata bukan hanya untuk si rabun dan tongkat bukan hanya digunakan si pincang. 

Pemberian bantuan tanpa alur yang jelas dan tegas memberikan efek buruk untuk masyarakat serta membuka peluang melakukan tindak pidana. Inilah cara yang terkadang dinilai sebagai pembodohan publik. Memberikan bantuan namun menyiksa rakyat. Tidak seluruhnya memiliki kemampuan di bidang IT sama serta kompeten. Namun pemerintah memaksa agar masyarakat pintar secara instan.

Memang dampak Pandemi sangat berpengaruh, ditunjukan kepada Perusahaan kecil, sebab  prokes Yang mengharuskan massa lebih banyak diam di rumah dibandingkan ke tempat wisata atau sekedar duduk di taman berdampak pada  perusahaan kecil menelan ludah dagangan mereka tidak laku .

Baca: Contoh Surat Keterangan Usaha Untuk KUR BRI alert-info

Keadaan memaksa kami memutar otak untuk memeriksa . Apa saja aturan dari pemerintah terkait WFH. Semua kegiatan perekonomian kacau , namun kami harus menghasilkan rupiah . Meskipun pemerintah tidak lepas tangan terhadap hal ini , namun persyaratan yang diajukan cukup rumit . Setiap pengusaha wajib memiliki SIUP untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah .

Terkait WFH segala urusan dengan pemeritahanpun lebih rumit , mulai dari jam kerja yang menciut hingga pegawai yang masuk per shift. Sehingga beberapa pengusaha tidak memiliki banyak waktu berhari-hari mengurus surat izin.

Pemberian bantuan kepada UKM yang memiliki SIUP merubah alasan tidak sempat menjadi hal di utamakan. Pemerintah memberikan bantuan 1.2 juta kepada UKM yang terdata. Hal ini menjadi ajang perlombaan bagi pengusaha mengurus SIUP.

Artikel Terkait: Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Dengan Jaminan Sertifikat Tanah alert-info

Awalnya Pengusaha Kecil seperti kami Tidak Mengenal Kata tersebut . Penghasilan kena pajak beberapa orang alias pencari keuntungan dibalik kesulitan yang menjerat rakyat.

SIUP di tandatangani oleh Pemerintah daerah. Surat ini bersifat wajib bagi pengusaha baik yang kecil maupun pengusaha besar dan harus diperpanjang dalam kurun waktu 5 tahun.

Baca Dulu: Contoh Kwitansi Surat Perjanjian Jual beli Tanah alert-info

Penghasilan kena pajak Kami melakukan Pendataan untuk review membuat SIUP Tidak memerlukan biaya jika kita langsung mengurus . Tentu beda nya JIKA kitd menggunakan jasa calo mungkin berkisar ANTARA 100 Sampai 200 ribu SETIAP surat . Adapun Syarat Yang Harus Penuhi hati MEMBUAT SIUP Cukup Mudah , diantaranya :

1 . Isi formulir 

2 . Fc. Surat Izin TempatUsaha ( SITU )

3 . Fc Surat Izin Gangguan ( HO )

4. Data tentang peralatan , kapasitas produksi , modal dan tenaga kerja Isian Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP )

5. Fotokopi Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )

Dengan adanya SIUP ini para pengusaha membentuk komunitas UKM. Komunitas yang beranggotakan pedagang atau pengusaha  dengan tujuan saling bahu membahu mempertahankan usaha mereka. 

Surat Izin Usaha Perdagangan juga menjadi jembatan yang memudahkan pada pengusaha kecil untuk memperoleh izin, namun seperti mata uang selain dampak positif juga berdampak negatif. 

Artikel Terkait: Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah alert-info

Hal ini karena adanya oknum yang memanfaatkan situasi. Oknum menjadi penadah data para pengusaha awam teknologi untuk memberikan bantuan kemudian diminta bayar atas bantuan tersebut . Karena untuk mendapatkan SIUP oengusaha wajib memiliki akun email dan akun bank. Dua faktor inilah yang menjadi ladang emas bagi penadah data.  1 orang dikenakan 50 ribu dan hampir 150 orang yang memakai jasa tersebut.

Tidak hanya itu, ada pula oknum yang dengan sengaja mendaftar meski tidak memiliki usaha. Dengan tujuan dapat bantuan pemerintah meskipun berada di tatap hidup wajar. 

Baca Dulu: Contoh Surat Ijin Orang Tua Untuk Bekerja di Alfamart alert-info

Bantuan pemerintah tidak tersalurkan  secara baik. Ada yang benar - benar tidak memiliki biaya malah tidak mendapat bantuan, sedangkan mahasiswa bermain dengan situasi. Setelah bantuan diberikan hendaknya ada tindak lanjut sebagai upaya peninjauan pembagian bantuan tersebut.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post