Download Contoh Template Bill Nota Restoran Kosong Doc


Apapun usahanya, jelas anda butuh sistem pencatatan yang baik. Pencatatan yang baik akan memudahkan anda untuk mengetahui kas, stok dan lainnya dengan mudah. Termasuk usaha restoran atau tempat makan tentunya butuh sistem pencatatan dengan baik. 

contoh nota restoran

Nota restoran atau nota rumah makan doc, adalah hal penting yang dibutuhkan sebagai salah satu sistem pencatatan. Mungkin ada di antara anda yang masih baru dalam dunia usaha restoran, sehingga masih bingung dengan pentingnya sebuah nota. Nah, pada ulasan kali ini memang akan memberikan informasi seputar pentingnya sebuah nota dan tentang contoh nota restoran. Maka dari itu langsung saja untuk simak ulasan lengkapnya bagi anda yang sedang mencari template nota word.

Baca Dulu : Nota Digital Printing alert-info

Download Contoh Template Bill Nota Restoran Kosong Doc

Dibawah ini kami berikan contoh template bill nota restoran dalam format doc Ms Word yang bisa Anda edit sesuai keperluan usaha restoran atau rumah makan Anda.

contoh bill restoran
Contoh bill restoran kosong



Berikutnya adalah nota elektronik kosong format doc Word yang bisa Anda download di bawah ini.

contoh bon kosong


Contoh lain bisa dilihat dibawah ini ya, dalam bentuk image sih.

Pentingnya Bill di Tempat Makan

Pentingnya bill ditempat makan

Nota juga sering disebut sebagai bill dan ada juga yang menyebutnya dengan sebutan bon. Benda ini menjadi benda yang digunakan untuk mencatat semua tagihan makanan dan minuman yang telah dipesan oleh pelanggan. 

Baik pelanggan atau pemilik restoran pun harus memiliki bukti pemesanan berupa bon. Sebab tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan sehingga pelanggan atau pembeli mengetahui harga setiap makanan dan minuman yang dipesan, tapi benda ini pun akan memudahkan pemilik restoran untuk sistem pencatatan. 

Di zaman sekarang ini sebenarnya sudah banyak yang menggunakan nota elektronik yang menggunakan komputer atau bahkan aplikasi di smartphone, jadi bisa lebih hemat kertas, sebab pemilik tempat makan tak butuh bill secara fisik sebab bill atau notanya sudah tersimpan secara otomatis di aplikasi atau komputer, selain itu ini juga tak memerlukan pencatatan secara manual. 

Meskipun begitu tetap saja banyak yang menggunakan bill manual dengan pencatatan secara manual. Mau apapun model notanya, semua sama-sama dibutuhkan para pengusaha restoran. Beberapa alasan nota restoran penting bagi pemilik tempat makan seperti kafe, restoran, dan sebagainya adalah sebagai berikut ini. 

1. Memudahkan Perhitungan Makanan 

Untuk pembelian ini bisa menjadi bukti pembayaran dan untuk menjadi bukti jika ada item makan atau minum yang tidak masuk ke pesanan, sedangkan untuk penjual akan memudahkan penghitungan makanan. 

Karena hal tersebutlah penjualan harus memiliki nota juga. Dengan adanya benda ini pun bisa menghindari kecurangan para pegawai, dan bisa digunakan untuk memeriksa berapa banyak pemasukan yang ada berdasarkan banyaknya penjualan. Sebab terkadang bisa terjadi penjualan yang tidak seberapa tapi bahan makanan sudah habis total sehingga bisa merugikan.

2. Mempermudah Pencatatan Keuangan 

Nota jelas akan memudahkan anda untuk melakukan pencatatan keuangan. Dengan pencatatan yang baik anda bisa mengerti apakah ada kenaikan atau peningkatan perkembangan usaha. Sehingga jika ada kenaikan maka harus mencari cara jitu untuk mempertahankan hal tersebut. 

Lalu jika ada penurunan, maka harus mencari terobosan jitu sehingga penjualan bisa naik, dan anda bisa mendapatkan untung lebih banyak sehingga bisa nutupin kekurangan yang pernah terjadi. 

Baca Juga :

3. Mengetahui Trend Penjualan 

Selanjutnya dengan bill atau bon pun anda bisa mengetahui makanan atau minuman apa yang paling laku di kalangan para konsumen atau menu yang trend di restoran anda. Dengan mengetahui hal tersebut, maka nantinya bisa mengembangkan produk atau menu tersebut agar makin menarik sehingga akan mudah diterima konsumen. 

Dari bill pun akhirnya bisa mengetahui menu yang kurang menarik untuk para konsumen. Nah, anda bisa mengambil keputusan apakah menu tersebut akan tetap dipertahankan dengan membuat inovasi baru dari menu atau malah menghapusnya dari menu. 

Itulah beberapa hal penting dari sebuah nota atau bill atau anda menyebut bon restoran. Lalu seperti apa contoh Nota restoran, contoh bill restoran, contoh bon makanan? 

Contoh Nota Restoran

Langsung saja inilah beberapa contoh dari Nota makanan kosong atau contoh bon kosong dari usaha restoran.

Nota Manual 

nota manual

Contoh Nota Manual

Nota Restoran

Untuk contoh ini memang nota yang harus ditulis secara manual, anda bisa menuliskan dengan menggunakan bolpoin. Pastinya juga untuk memiliki salinan dari nota yang sudah diberikan kepada pembeli. 

Nota Elektronik 

nota elektronik

bill tagihan

Untuk bill ini memang lebih modern sebab menggunakan alat bill elektronik seperti komputer dan alat cetaknya. Ini pun tak butuh untuk dicatat secara manual, selain itu data salinannya akan otomatis tersimpan di komputer. 

Ketahui :

Itulah beberapa informasi seputar pentingnya nota dan contoh nota restoran, semoga bermanfaat.

judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post