Biaya Pondok Pesantren Salafiyah Syafi Iyah Sukorejo 2022 - 2023


Ponpes Salafiyah Syafi Iyah Sukorejo merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup populer di Jawa Timur. Pasalnya, kualitas pendidikan lembaga tersebut sudah terkenal sangat baik. Oleh karena itu, banyak orang mencari tahu mengenai biaya pondok pesantren Salafiyah Syafi Iyah Sukorejo dan ingin mendaftar. Oleh karena itu, di artikel ini akan membahas seputar lembaga tersebut.

Profil Pondok Pesantren Salafiyah Sukorejo

biaya pondok pesantren salafiyah syafi iyah sukorejo 2022 - 2023
Biaya pondok pesantren Salafiyah Syafi Iyah Sukorejo 2022 - 2023

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo didirikan pada tahun 1908 oleh Kyai Syamsul Arifin. Berjarak sekitar 34 km dari Situbondo, pondok ini mengajarkan berbagai macam ilmu keislaman seperti pemahaman kitab-kitab, akhlak, aqidah, dan masih banyak lagi. Pada tahun 1978, dibukalah Institut Agama Silam Ibharimy yang sekarang menjadi Universitas Ibarimy. Beberapa kegiatan di pesantren ini adalah sebagai berikut.

1. Salat berjamaah

Seluruh santri serta pengurus memiliki kebudayaan melakukan salat berjamaah setiap hari. Salat ini dilaksanakan di Musala Ibrahimy dan juga Masjid Jami. Selain sebagai bentuk ketaatan terhadap Allah, kegiatan ini juga mampu mempererat hubungan antara santri dan pengurus.

2. Salat tahajud

Selain salat wajib berjamaah, di tempat ini juga memiliki kebiasaan melakukan salat tahajud. Ketika waktu sudah menunjukkan pukul 03.15 WIB, maka seluruh santri akan dibangunkan untuk mengerjakan ibadah sunah tersebut. 

3. Pengajian kitab kuning

Untuk memperdalam ilmu keislaman, para santri akan mengikuti pengajian kitab kuning. Pengajian ini dilakukan setiap habis Luhur, Maghrib, dan Isya. Semua santri yang mampu membaca Al Qur’an wajib mengikutinya.

4. Mengaji Al Qur’an

biaya pondok pesantren salafiyah syafi iyah sukorejo 2021 2022

Kegiatan mengaji Al Qur’an dilakukan setelah salat Subuh dan Maghrib di kamar masing-masing. Setiap kamar memiliki ketua yang bertugas memimpin kegiatan tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah menanamkan kebiasaan mulia bagi seluruh santri.

5. Kegiatan lain

Selain kegiatan di atas, masih ada banyak sekali kegiatan positif lainnya. Beberapa contohnya antara lain belajar rutin, Al-Barqi, salat Qiyamul Lail, pembacaan burdah keliling, pembacaan Berzanji, Solawat, dan lain-lain.

Baca Juga: Biaya Sekolah Kuliner Budi Muliya Dua Yogyakarta alert-info

Biaya Pondok Pesantren Salafiyah Syafi Iyah Sukorejo 2022 2023

Setelah mengetahui sekilas mengenai profil di atas, mungkin Anda bertanya-tanya mengenai berapa biaya yang diperlukan untuk mendaftar. Oleh karena itu, semua akan dibahas di bagian ini. 

1. Uang tahunan

Pertama adalah mengenai uang tahunan pesantren atau juga disebut UTAP. Uang pangkal santri baru adalah Rp400.000,00, sementara itu pendaftaran santri baru Rp120.000,00. Selanjutnya, biaya MTs Depag adalah Rp495.000,00. Dengan demikian, total uang tahunan ini adalah sekitar Rp1.015.000,00.

2. Biaya seragam santri

Selanjutnya adalah biaya seragam. Untuk seragam SMP atau MTs putri, biayanya sekitar Rp250.000,00. Namun, seiring adanya faktor-faktor tertentu, angka tersebut dapat mengalami kenaikan.

Baca Dulu: Biaya Masuk SMP Al Azhar 2022 alert-info

3. Biaya kitab

Total biaya kita yang perlu dibayarkan adalah sekitar Rp128.000,00. Jadi, dari ketiga keperluan di atas, setidaknya membutuhkan total Rp1.393.500,00 dengan catatan bisa terjadi perubahan sewaktu-waktu. Angka tersebut adalah untuk satu tahun.

4. Biaya konsumsi 

Selain biaya di atas, Anda juga perlu mengetahui mengenai biaya konsumsi. Setidaknya biaya makan per porsi adalah Rp5.000,00 hingga Rp8.000,00. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi website resmi pondok tersebut.

Cara Melakukan Pendaftaran di Ponpes Salafiyah Syafi Iyah Sukorejo

biaya pondok pesantren salafiyah syafi iyah sukorejo 2021 2022
Masjid pondok pesantren Salafiyah Syafi Iyah Sukorejo

Untuk melakukan pendaftaran caranya cukup mudah. Silakan kunjungi website www.sabarsukorejo.com dan klik Daftar. Isi seluruh formulir dan lakukan verifikasi email. Ketika sudah berhasil login, maka Anda akan diarahkan ke formulir pendaftaran santri. 

Baca Juga:

Itulah tadi pembahasan tentang biaya pondok pesantren Salafiyah Syafi Iyah Sukorejo, profil, serta bagaimana cara melakukan pendaftaran. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya dan menghubungi customer service.

judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post