Contoh Proposal Usaha Untuk Warung Indomie, Es Teler, Roti Panggang


Contoh proposal usaha warung indomie, roti panggang atau es teler mungkin yang sedang Anda cari saat ini. 

Usaha warung indomie kekinian memang perlu variasi terutama menu. Misal memasukkan menu roti bakar atau roti panggang, es teler dsb.

Proposal usaha warung burjo atau indomie ini cukup lengkap. Anda bisa download versi Pdf ataupun Word yang siap untuk edit. Namun sebelumnya silahkan baca – baca dulu artikelnya ya!

proposal usaha warung indomie

CVSurat - Saat ini banyak sekali usaha warung Indomie kekinian dan tak pernah sepi oleh pelanggan. Mungkin saja Anda juga ingin membuatnya sehingga membutuhkan proposal usaha warung Indomie. Ya, banyak sekali contoh proposal usaha warung Indomie yang bisa Anda akses di internet sehingga lebih mudah. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai proposal tersebut.

Pentingnya Membuat Proposal Usaha Warung Indomie

Mengapa harus membuat proposal usaha warung Indomie sebelum mendirikannya? Walaupun kelihatannya Indomie adalah makanan murah tetapi Anda perlu ingat bahwa Indomie sendiri memiliki banyak varian rasa.

Tak mungkin juga Anda hanya menjual satu jenis  Indomie, nanti pembeli akan beralih ke warung lainnya. Oleh karena itu, proposal usaha warung burjo itu penting sekali dibuat untuk mengajukan bantuan modal. 

Nantinya proposal tersebut bisa Anda gunakan untuk memberi prediksi kebutuhan modal sehingga para investor besar mau memberikan bantuan dana. Namun, jika Anda memiliki kemampuan sendiri di bidang finansial maka tak masalah dan tak perlu membuat proposal.

Sebenarnya Anda bisa berbisnis dengan cara franchise warmindo atau dengan cara gabung warmindo namun semua itu tak menjadi milik Anda secara utuh. Berbeda jika Anda membuka sendiri warung Indomie maka itu semua milik Anda walaupun meminta bantuan modal.

Anda yang memiliki usaha tersebut, bukan orang lain. Tentu saja keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera membuat proposal usaha agar bisa diajukan kepada investor atau bank untuk memberikan modal. 

Baca: Format Khusus Laporan Buku Fiksi alert-info

Isi Proposal Usaha Warung Makan Indomie

Proposal usaha Indomie memang diperlukan, tetapi apa saja isinya? 

1. Penjelasan Mengenai Usaha Indomie Anda

Pertama, jelaskan dahulu bagaimana sebenarnya usaha Indomie yang akan Anda buka. Pastikan Anda menjelaskan mengenai alasan memilih bidang usaha Indomie dan bagaimana prospek ke depannya. Tak hanya itu saja, Anda harus mencantumkan mengenai keunggulan, kendala, dan solusi atau antisipasinya.

2. Jabarkan Apa Saja yang Akan Anda Jual di Warung Tersebut

Walaupun sudah jelas yang Anda jual adalah Indomie, pastinya tidak semua yang dijual Indomie orisinal bukan? Jelaskan apa saja yang Anda jual, misalnya; Indomie goreng berbagai rasa, Indomie kuah berbagai rasa, magelangan, mie dog-dog, bubur kacang hijau, es teh, es kopi, dan lain sebagainya.

3. Pastikan Anda Sudah Memiliki Tempat Untuk Jualan, Cantumkan di Sana

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan jika sudah punya tempat untuk jualan. Cantumkan pada proposal apakah tempat itu strategis sehingga pelanggan banyak berdatangan.

4. Siapa Target Pasar Anda?

Anda harus mengetahui siapa target dari penjualan Indomie ini. Misalnya Anda berjualan di dekat kampus maka yang menjadi target pasar bisa anak-anak mahasiswa dan juga masyarakat umum di sana.

5. Bagaimana Persaingan Usaha Anda di Sana?

Jelaskan apakah di sana juga ada warung Indomie lain, bagaimana persaingannya?

6. Berikan Laporan Keuangan

Pastikan Anda menuliskan laporan keuangan yang super lengkap agar lebih jelas.

Baca: Cara Mengirimkan Kwitansi Home Credit alert-info

7. Jelaskan Manajemen Usaha Anda

Jelaskan bagaimana sistem manajemen usaha Anda. Ya, walaupun membuka warung kecil harus dengan manajemen yang baik agar tidak bangkrut.

8. Bagaimana Sumber Daya Manusianya?

Lalu, bagaimana sumber daya manusianya? Apakah semuanya Anda tangani sendiri atau membutuhkan karyawan sehingga harus mengeluarkan uang untuk menggaji mereka?

9. Berapa Jumlah yang akan Anda Ajukan?

Selanjutnya, Anda harus memberikan kejelasan dana sebanyak apa yang akan Anda ajukan kepada investor. Pastikan sesuai dengan kebutuhan, tak dikurangi dan tak dilebihkan.

10. Berikan Lampiran yang Lengkap

Terakhir, jangan lupa untuk melampirkan dokumen atau foto yang akan mendukung investor tertarik untuk memberikan sponsor kepada Anda.

Baca: Contoh Surat Penawaran Jasa Service AC alert-info

Tips Membuat Proposal Usaha Warung Makan Indomie agar Disukai Investor

Tips membuat proposal warung makan Indomie sangat penting untuk Anda. Hal ini dikarenakan ini akan mempengaruhi investor yang mau memberikan biaya dan berpengaruh besar pada pembukuan warung Indomie. Untuk tips-nya yaitu:

  1. Pastikan Anda telah melengkapi struktur atau isi proposal yang telah dijelaskan di atas
  2. Gunakan gaya tulisan yang baik sesuai PUEBI
  3. Gunakan sampul yang baik dan terlihat profesional
  4. Tidak usah menggunakan font yang aneh-aneh, gunakan Times New Roman
  5. Pastikan proposal Anda terlihat rapi
  6. Sebaiknya buat lebih dari satu, biasanya investor akan menahannya untuk mempertimbangkan dan tak langsung menyetujui
  7. Pastikan proposal bebas dari kotoran
  8. Rincikan seluruh kebutuhan secara teliti sehingga uang yang diajukan memang sesuai dengan kebutuhan.

Itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai proposal usaha warung Indomie. Dengan proposal yang bagus maka Anda akan mendapatkan modal dengan cepat. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat yang besar untuk Anda.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post