Contoh Surat Izin Galian C Dari Desa & Ketentuannya


Contoh surat izin galian C dari desa - Ketika Anda menjalankan usaha penggalian, Anda akan membutuhkan surat untuk penggalian di lokasi kerja. Jika lokasi kerja berada di sebuah desa, maka Anda membutuhkan surat izin penggalian. 

Contoh Surat Izin Galian C Dari Desa

Berikut ini merupakan rincian terkait dengan contoh surat izin galian C dari desa yang akan membantu Anda untuk melakukan tugas disana.

Ketentuan dalam Izin Galian dari Pemerintah 

Kegiatan pertambangan dan penggalian ditentukan aturannya oleh pemerintah, sehingga kegiatan yang dilangsungkan tidak akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan, kesehatan dan keadaan warga sekitar. Terdapat undang undang yang mengatur hal tersebut, terdapat di UU No 4 Tahun 2009 mengenai Pertambangan Mineral dan Batubara.

Berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan tersebut, ada lima golongan pertambangan yang diperbolehkan, yakni:

  1. Mineral radioaktif, mineral yang bisa ditambang antara lain thorium, uranium, dan juga radium. 
  2. Mineral logam, dengan dua mineral yang bisa ditambang, yakni emas dan tembaga. 
  3. Pertambangan mineral bukan logam juga diperbolehkan, yakni intan dan betonit. 
  4. Batuan juga diperbolehkan untuk ditambang, rinciannya adalah andesit, tanah liat, kerikil galian, pasir urung dan kerikil sungai. 
  5. Batubara, diantara yang bisa ditambang adalah batuan aspal, gambut dan batubara.

Undang undang tentang galian C ini wajib diketahui oleh semua pekerja, investor dan perusahaan yang hendak melakukan jenis pekerjaan tambang dan galian yang telah disebutkan sebelumnya. Apabila mereka tidak mematuhi aturan yang telah ditetapkan, maka ada ketentuan pidana yang akan mereka dapatkan.

Baca Dulu: 

Rincian dari pidana pelanggaran ini disesuaikan dengan jenis kesalahan yang dilakukan, diantaranya adalah:

  • Penambang yang melakukan aktivitas penambangan tanpa izin akan dikenai tindak pidana berupa hukuman penjara. Paling lama akan dijerat pasal pidana selama 10 tahun, denda yang harus dibayarkan adalah 10 miliar rupiah.
  • Pemegang produksi atau IUP yang menampung, melakukan pengolahan atau pemurnian, pengangkutan dan penjualan mineral ataupun batubara yang tidak sesuai dengan ketentuan IUP, akan dipidana paling lama10 tahun penjara dengan denda sebanyak 10 miliar.
  • Apabila ada orang yang merintangi atau mengganggu kegiatan usaha pertambangan yang sudah mendapatkan izin galian c pasir atau jenis izin yang lain, akan mendapatkan pasal pidana paling lama satu tahun. Sedangkan denda yang dibayarkan adalah 100 juta rupiah. 
  • Orang orang yang mengeluarkan IUP namun bertentangan dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, akan mendapatkan sanksi pidana sebesar 2 tahun penjara dengan denda 200 juta rupiah. 

Pihak lain, seperti menteri, gubernur, bupati maupun walikota berhak memberikan sanksi kepada pihak yang secara administratif melakukan pertambangan tidak sesuai dengan contoh surat izin lingkungan galian c. Caranya dengan memberikan peringatan tertulis, menghentikan sementara, baik sebagian atau menyeluruh aktivitas pertambangan yang dilakukan, serta mencabut IUP.

  • Ada beberapa pihak yang memberikan kontribusi terkait dengan izin pengalian. Izin galian c dikeluarkan oleh beberapa pihak dengan urutan sebagai berikut:
  • Menteri ESDM, menteri akan mendapatkan permohonan pembuatan IUP lintas provinsi atau wilayah laut dengan jarak 12 mil dari garis pantai. 
  • Gubernur, apabila permohonan pertambangan dan galian berada di wilayah lintas kota ataupun kabupaten. Batas maksimal jika hendak melakukan penggalian di laut adalah 4-12 mil. 
  • Bupati atau walikota, apabila penggalian yang dilakukan berada di satu wilayah kabupaten sampai wilayah laut, maksimal 4 mil. 
Baca:

Contoh surat izin galian C dari desa 

Berikut ini merupakan contoh surat galian c tanah urug yang bisa Anda gunakan sebagai pedoman. Dengan menggunakan pedoman tersebut, surat yang Anda buat sesuai dengan aturan milik pemerintah.

Nomor Surat : 789/2016

Sifat : Biasa

Lampiran : Satu Berkas

Hal : Izin Galian Golongan C


Kepada : Bapak Bupati Aceh Barat,

U.P Kepala Kantor Perizinan 


Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama   : Sebutkan nama

Tempat Lahir     : Cantumkan tempat tanggal lahir

Pekerjaan    : Petani

Alamat    : Cantumkan alamat


Bersama ini mengajukan permohonan izin untuk melakukan penggalian golongan C di Desa Merapi Suka Damai, Kecamatan Aceh Utara, dengan luas dan masa perizinan:

Luas lahan : 1000 meter

Masa pengambilan tidak terbatas

Bahan yang ditambang batu koral dan gajah.

Demikianlah permohonan ini kami sampaikan, besar harapan agar permohonan kami tetap terkabul.


Hormat Kami


Artikel Terkait:

Demikianlah rincian terkait dengan contoh surat galian, jika melanggar aturan yang dibuat Anda akan mendapatkan contoh surat teguran galian C.

judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post